ABSTRAK SKRIPSI : Analisis Nilai Feminisme pada Novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai Bahan Pembelajaran di Kelas XI SMAN 1 Cilaku Tahun Ajar 2015-2016

ABSTRAK
Irawan, Lenggi. 2016. Analisis Nilai Feminisme pada Novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai Bahan Pembelajaran di Kelas XI SMAN 1 Cilaku Tahun Ajar 2015-2016. Skripsi. Cianjur : Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Suryakancana.
Feminisme adalah gerakan wanita yang menuntut persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria. Kajian sastra aliran feminisme permasalahan perempuan lebih banyak berkaitan dengan kesetaraan gender. Feminisme, khusunya masalah-masalah mengenai wanita pada umumnya dikaitkan dengan emansipasi, gerakan kaum perempuan untuk menuntut persamaan hak dengan kaum laki-laki, baik dalam bidang politik, ekonomi maupun bidang sosial lainnya. Penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan tiga hal yaitu nilai-nilai feminisme yang terkandung pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana, Kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme, kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan pembelajaran sastra. Berdasarkan permasalahan tersebut maka rumusan masalah penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. (1) nilai-nilai feminisme apa yang terkandung dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana?, (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme? dan (3) Bagaimanakah kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Adapun teknik yang digunakan yakni teknik analisis isi, teknik angket, dan teknik tes. Teknik analisis isi menggunakan instrumen berupa kartu data. Teknik ini digunakan untuk mengkaji nilai-nilai feminisme yang ada pada novel. Kemudian, teknik angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap kelayakan novel Layar Terkembang apabila dijadikan sebagai bahan ajar, sedangkan teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai feminisme yang ada pada novel. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana mengandung nilai-nilai feminisme yang erat dengan kehidupan masa kini. Nilai-nilai feminissme yang dominan dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah perjuangan kaum perempuan terhadap persamaan hak untuk memperjuangkan kebebasan diri. Berdasarkan ketentuan teoretis dan empiris, hasil penelitian menyimpulkan bahwa novel ini dapat dikategorikan tidak layak sebagai bahan ajar. Ketentuan-ketentuan tersebut di antaranya ketentuan berdasarkan bahasa yang digunakan dalam novel sulit untuk dimengerti. Kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana dikategorikan baik, karena berada pada kisaran rata-rata 77,55 atau berada pada kisaran 76%-85%. Hal ini berarti bahwa siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Cilaku mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.

Kata Kunci: nilai-nilai feminisme, Layar Terkembang, bahan pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ARTIKEL ILMIAH

Analisis Cerpen "Anak Kebanggaan"

Analisis Novel "Hapalan Shalat Delisa"