Makalah Telaah Buku Teks

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
Adapun makalah yang berjudul “Penyusunan Buku Teks” yang telah kami susun ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Telaah Buku Teks, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Selanjutnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan serta saran yang bermanfaat demi tersusunnya makalh ini dengan baik. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.



Cianjur, April 2014

Penulis,



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang............................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................... 1
C.     Tujuan ............................................................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian dan Definisi Buku teks................................................. 3
B.     Buku Teks dan Kurikulum............................................................. 3
C.     Dasar-dasar Penyusunan Buku Teks.............................................. 4
D.    Tujuan Pengajaran Bahasa............................................................. 6
E.     Penyusunan Buku Teks Menurut Ahli........................................... 7
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan..................................................................................... 8
B.     Saran .............................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 9



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Belajar adalah perubahan secara progresif. Belajar yang efektif yaitu belajar dengan melibatkan seluruh panca indra. Di dalam proses belajar mengajar diperlukan buku teks untuk mendukung kegiatan belajar serta tercapainya suatu tujuan pendidikan. Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana pengajaran ynag serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.
 Buku teks mempunyai banyak fungsi dalam pembelajaran, baik bagi guru yang mengajar maupun bagi siswa. Buku teks mempunyai kualitas yang berbeda antara buku teksa satu dengan buku teks yang lain, di antaranya ada buku teks yang mempunyai kualitas tinggi dan sebaliknya. Oleh karena itu, kita harus bisa memilih dan menentukan mana buku yang mempunyai kualitas tinggi dan mana yang tidak mempunyai kualitas. Kualitas buku teks dapat dilihat dari sudut pandangan (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat siswa, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, buku teks harus dimengerti oleh siswa, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, serta memantapkan nilai-nilai.

B.     Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang yang dijabarkan di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
“Mengetahui dan memahami cara-cara penyusunan buku teks yang baik”.

C.    Tujuan
Tujuan dari karya tulis ini adalah untuk mengetahui dan memahami cara-cara dalam penyusunan buku teks yang baik dan benar.



BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian dan Definisi Buku Teks
Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana pengajaran ynag serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.

B.  Buku Teks dan Kurikulum
Buku teks brkaitan erat sekali dengan dengan kurikulum. Keeratan hubungan buku teks dan kurikulum dapat diumpamakan, digambarkan, atau dibandingkan dengan hubungan antara iakan dan air atau air dan tebing.
1.    Kurikulum Mendahului Buku Teks
Pendapat yang umum diikuti dan dianggap paling logis-nalar adalah kurikulum mendahului buku teks. Kurikulum ditetapkan atau diumumkan oleh pihak yang berwenang, para pengarang menulis buku teks yang relevan dengan kurikulum.
2.    Buku Teks Mendahului Kurikulum
Buku teks yang dianggap bermutu yang juga memang ditulis oleh para pakar di bidangnya dijadikan dasar, landasan, dan pedoman penyusunan kurikulum. 3. Buku Teks dan Kurikulum Serentak Diumumkan Pertama, kurikulum disusun lebih dahulu, lalu disusun buku teksnya. Kedua, mungkin pula berdasarkan buku teks tertentu, lalu disusun kurikulum. Baik buku teks maupun kurikulum serentak digunakan dan diumumkan.

3.    Buku Teks dan Kurikulum Lahir Sendiri-sendiri
Buku teks disusun tersendiri, lalu diterbitkan mungkin mendahului atau sesudah adanya kurikulum yang berlaku. Menurut Brown, stevens ataupun Tarigan, ada lima butir yang tercakup dalam kurikulum yang perlu diperhatikan, yakni tujuan, pendekatan, bobot, urutan, metodologi. Pada buku pedoman kurikulum 1984, kita dapat membaca bahwa pendekatan kurikulum tersebut tidak hanya berorientasi kepada tujuan, tetapi juga kepada keterampilan proses.
Buku Teks dan Kurikulum serentak diumumkan Penyusunan buku teks sejalan dan bersamaan kurikulum. Dalam penggodokannya memang ada dua kemungkinan, kurikulum disusun dulu kemudian disusun buku teks atau berdasarkan buku teks disusun kurikulum. Bila cara ini digunakan antara buku teks dan kurikulum sudah terdapat hubungan yang sangat erat. Buku Teks dan Kurikulum lahir sendiri- sendiri Buku teks disusun tersendiri kemudian diterbitkan mugkin mendahului atau sesudah adanya kurikulum yang berlaku. Dalam situasi ini mungkin terjadi tidak ada persesuaia atau pertentangan. Akibatnya jangankan saling menunjang sama arah, bila hal ini terjadi maka rasanya sia- sialah keberadaan buku teks.

C.  Dasar-Dasar Penyusunan Buku Teks
Patokan penyusunan buku teks yang dijabarkan dari kedua kegiatan belajar itu merupakan patokan yang bersifat umum. Artinya, patokan itu dapat digunakan sebagai dasarpenyusunan setiap buku teks. Disimpulkan bahwa dalam penyusunan buku teks digunakan dua patokan. Patokan pertama bersifat umum yang berlaku bagi setiap buku teks.
Patokan kedua bersifat khusus yang berlaku bagi buku teks tertentu saja. Patokan umum yang berlaku bagi setiap buku teks meliputi Pendekatan:
1.      keterampilan proses yang meliputi
a.       Mengamati
b.      Menginterpretasikan
c.       Mengaplikasi konsep
d.      Meramalkan
e.       Merencanakan dan melaksanakan penelitian
f.        Mengkomunikasikan hasil penelitian

2.      Tujuan
a.       Kognitif
b.      Afektif
c.       Psikomotor Bahan pengajaran

3.      Program
a.       Kelas
b.      Semester
c.       Jam pelajaran
d.      Metode
e.       Sarana dan Sumber Penilaian
Bahasa Keterampilan proses untuk Mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dijabarkan sebagai berikut:
1.      Mengamati
a.       Menatap
b.      Membaca
c.       menyimak
Menggolongkan Mencari persamaan, perbedaan atau mengelompokkan sesuatu (dapat berupa wacana, kalimat dan kosakata)
1.      Menafsirkan
a.       Menafsir
b.      Mencari dasar penggolongan
c.       Memberi arti
d.       Mencari hubungan situasi
e.       Menemukan pola
f.        Menarik kesimpulan
g.      Menganalisis Menerapkan Mengunakan konsep, menerapkan konsep, kaidah bahasa dalam menyusun sesuatu, dapat berupa penulisan wacana/karangan, surat-menyurat, kalimat-kalimat, kata bentukan dengan memperhatikan ejaan/kaidah bahasa.

2.      Mengkomunikasikan
a.       Berdiskusi
b.      Mendklamasikan
c.       Dramatisasi
d.      Bertanya
e.       Mengarang
f.        Mendramakan/ bermain drama
g.      Mengungkapkan

D.  Tujuan pangajaran bahasa
menurut Kurikulum ialah kemampuan berbahasa (terampil menyimak, terampil berbicara, terampil membaca dan terampil menulis). Dengan demikian dapat disusun pedoman penyusunan buku teks untuk mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berdasarkan Kurikulum 1984, sebagai berikut:
a.    Pedoman Penyusunan Buku Teks :
1.      Pendekatan keterampilan proses
2.      Tujuan kemampuan berbahasa
3.      Bahan pengajaran
4.      Program
5.      Metode
6.      Sarana/sumber
7.      Penilaian

b.    Bahan bacaan harus :
1.      Menyeluruh
2.      Menunjang mata pelajaran lain
3.      Utuh, lengkap, bulat
4.      Bersifat keteladanan
5.      Menumbuhkan kosakata
6.      Menumbuhkan keberania
7.      Edukatif kultural

c.    Bahasa :
1.    Sesuai dengan bahasa siswa
2.    Kalimat efektif
3.    Terhindar dari makna ganda
4.    Sederhana
5.     Sopan
6.    Menarik

E.  Penyusunan Buku Teks Menurut Ahli
Menurut Crown, Stevens maupun Tarigan ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan buku teks, yaitu :
1)      Tujuan
2)      Pendekatan
3)      Bobot
4)      Urutan
5)      metodologi




BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu buat maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana pengajaran ynag serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.
Buku teks brkaitan erat sekali dengan dengan kurikulum. Keeratan hubungan buku teks dan kurikulum dapat diumpamakan, digambarkan, atau dibandingkan dengan hubungan antara iakan dan air atau air dan tebing.
Patokan penyusunan buku teks yang dijabarkan dari kedua kegiatan belajar itu merupakan patokan yang bersifat umum. Artinya, patokan itu dapat digunakan sebagai dasarpenyusunan setiap buku teks. Disimpulkan bahwa dalam penyusunan buku teks digunakan dua patokan. Patokan pertama bersifat umum yang berlaku bagi setiap bukuteks.
B.  Saran
Kritik dan saran yang membangun, kami harapkan untuk perbaikan dan kemajuan karya tuli


DAFTAR PUSTAKA

Taerigan, jago. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ARTIKEL ILMIAH

Analisis Cerpen "Anak Kebanggaan"

Analisis Novel "Hapalan Shalat Delisa"