RPP Laporan Hasil Observasi kelas XI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Cilaku
Kelas/Semester :
X / 1
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Indonesia
Tema : Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan :
4
jam pelajaran ( 4x 45 menit)
1. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli(gotong
royong,kerjasama,toleransi,dan damai),santun,responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,Menalar
,menyaji,dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan yang
dipelajarinyadi sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif,dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
2. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.1.
Mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya
sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
3.1.1
Dengan
sikap tanggung jawab, peduli, responsive, dan santun siswa secara berkelompok
mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks laporan hasil
observasi
3.1.2
Membuat
pertanyaan
yang berhubungan dengan isi teks laporan hasil observasi yang disajikan
3.1.3
Mengidentifikasi
makna, istilah dan ungkapan dalam teks laporan hasil
observasi yang disajikan
3.1.4
Menemukan ciri-ciri bahasa
dalam teks laporan hasil observasi yang disajikan
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil
observasi baik secara lisan maupun tulisan
4.1.1
Meyimpulkan makna
kata, istilah dan ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
4.1.2
Mengomunikasikan
makna
kata, istilah dan ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
3. Materi Pembelajaran
Fakta
·
Contoh
Teks Laporan Hasil Observasi
Konsep
· Ciri- ciri Teks
Laporan Hasil Observasi
· Struktur Teks
Laporan Hasil Observasi
Prinsip
· Karakteristik Teks
Laporan Hasil Observasi
· Kaidah Teks
Laporan Hasil Observasi
Prosedur
· Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
· Sistematika Teks
Laporan Hasil Observasi
4. Metode
Pembelajaran
1.Model : saintifik
2.Metode
: inkuiry, discoery leaning, diskusi,
eksperimen, kerja kelompok dan
kajian pustaka
5. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
:
Internet
2.
Alat/bahan:
Laptop, Infokus dan Naskah Teks Laporan Hasil Observasi
3.
Sumber
Belajar :
·
BAHASA
INDONESIA Ekspresi Diri dan Akademik. 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
·
Tim
Studi Edukasi.2013.BAHASA INDONESIA untuk SMA-MA/SMK Kelas X. Bandung. Yrama
Widya.
·
Lingkungan
belajar sekitar
6. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·
Ditayangkan teks Laporan Hasil
Observasi
·
Melalui tayangan tersebut, siswa diinformasikan kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati:
·
membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan
·
bertanya jawab tentang hal-hal yang
berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
·
mendiskusikan
tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
menyimpulkan hal-hal terpenting
dalam struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi
Mengomunikasikan:
·
menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi
·
membacakan
hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan
·
menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik
secara lisan maupun tulisan
|
60 menit
|
Penutup
|
· Siswa
mengerjakan pos tes berupa esai
· Siswa bersama
guru menyimpulkan hasil pembelajaran
· Siswa dan guru
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
· Siswa bersama
guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran yang akan datang tentang
membuat teks tentang laporan hasil
observasi Lingkungan Sekolah.
|
20
|
7. Penilaian
Proses
Indikator pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk dan Instrumen
|
a.
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
dalam kegiatantanya jawab setelah pembacaan teks
laporan hasil
observasi
b.
Menggunakan bahasa Indonesia yang santun dalam
diskusi kelompok kecil!
c.
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,
responsive, dan santun dalam mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya.
|
Pengamatan sikap berbahasa dan bernalar
|
Instruksi!
a. Kemukakan kembali laporan hasil obsevasi yang Anda baca dengan kalimat
sendiri!
b. Jelaskan hubungan tema cerita dengan kehidupan sehari-hari!
c. Apa pelajaran yang dapat dipetik dari isi teks laporan hasil observasi
tersebut?
Diskusikan teks anekdot tersebut dan
tentukan:
d.Temukan
hal yang unik dalam kedua teks tersebut.
a.
Jelaskan perbedaan
kedua teks tersebut!
b.
Jelaskan struktur
dan isi kedua teks tersebut!
c.
Susunlah sebuah
teks laporan
hasil observasi!
d.
Bacakan teks laporan hasil
observasi yang telah anda susun.
Presentasikan hasil diskusi kelompok
Anda!
|
d.
Memiliki sikap tanggung jawb, peduli, responsif, dan
santun dalam menganalisis fungtuasi
dalam teks laporan hasil observasi
|
|
|
Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Hasil
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.mengidentifikasi
struktur teks laporan hasil observasi
2.Mengidentifikasi
penggunaan
|
Tes tertulis
|
Esai
|
4
Jelaskan struktur teks laporan hasil observasi yang
disajikan!
5
Tulislah perbedaan kedua
teks tersebut dari isi dan struktur.
|
LAMPIRAN
LEMBAR PENGAMATAN
Lembar Pengamatan
Sikap Berbahasa
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/1
Tahun
Ajaran : 2015-2016
Waktu
pengamatan :
Bubuhkan
tanda cakra (X) pada kolom sesuai hasil pengamatan
No
|
Nama
|
Penggunaan
diksi
|
Keefektifan
kalimat
|
Kesesuaian
konteks
|
|||||||||
1
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Bobot
nilai: 1 = kurang
2 =
sedang
3 = baik
4 = sangat baik
Pedoman Penskoran
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menjawab pernyataan benar dengan alasan benar
|
0 -3
|
Siswa
menjawab pernyataan benar, tetapi tidak didukung oleh alasan benar
|
1.
2
|
Siswa
menjawab pernyataan salah
|
0-
1
|
Skor
maksimal
|
6
|
LAMPIRAN LEMBAR
PENGAMATAN
Lembar Pengamatan
Sikap Kepribadian
No
|
Nama
|
Tanggung jawab
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||
1
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Bobot
nilai: 1 = kurang
2 = sedang
3 = baik
4 = sangat baik
No
|
Kunci/Kriteria
Jawaban/aspek yang Dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1
|
I s i
· Amat memahami;
amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan teks.
· Memahami, luas
dan lengkap; terjabar; sesuai dengan teks, meskipun kurang terinci
· Memahami secara
terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
· Tidak memahami
isi; tidak mengena,
|
Amat
naik
Baik
Sedang
kurang
|
27
- 30
22
– 26
17
– 21
13
– 16
|
2
|
|
Amat
naik
Baik
Sedang
kurang
|
5
4
3
2
|
Kunci Jawaban
|
|
Cianjur, 05 Oktober 2015
Guru
Pamong Bahasa Indonesia,
Drs.
Djadja Djaenudin
Nip.19610407 199203 1 007
|
Guru Praktikan,
Lenggi Irawan
NIM. 8820112016
|
Komentar
Posting Komentar