RPP Laporan Hasil Observasi kelas XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 1 Cilaku
Kelas/Semester                        : X / 1
Mata Pelajaran                        : Bahasa dan Sastra Indonesia
Tema                                       : Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan                   : 4 jam pelajaran (  4x 45 menit)

1. Kompetensi Inti

KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli(gotong royong,kerjasama,toleransi,dan damai),santun,responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena kejadian, serta menerapkan  pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
KI 4 :  Mengolah,Menalar ,menyaji,dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan yang dipelajarinyadi sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

2. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.1    Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.1. Mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
3.1.1            Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsive, dan santun siswa secara berkelompok mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
3.1.2            Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks laporan hasil observasi yang disajikan
3.1.3            Mengidentifikasi makna, istilah dan ungkapan dalam teks laporan hasil observasi yang disajikan
3.1.4            Menemukan ciri-ciri bahasa dalam teks laporan hasil observasi yang disajikan
4.1    Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun   tulisan
4.1.1            Meyimpulkan makna kata, istilah dan ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
4.1.2   Mengomunikasikan makna kata, istilah dan ungkapan dalam teks laporan hasil observasi

3. Materi Pembelajaran

Fakta
·           Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Konsep
·      Ciri- ciri Teks Laporan Hasil Observasi
·      Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Prinsip
·      Karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi
·      Kaidah Teks Laporan Hasil Observasi

Prosedur
·      Struktur Teks  Laporan Hasil Observasi
·      Sistematika Teks Laporan Hasil Observasi

4. Metode  Pembelajaran
1.Model   : saintifik
2.Metode :  inkuiry, discoery leaning, diskusi, eksperimen, kerja kelompok dan
  kajian pustaka

5. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.    Media       :  Internet
2.    Alat/bahan: Laptop, Infokus dan Naskah Teks Laporan Hasil Observasi
3.    Sumber Belajar :
·           BAHASA INDONESIA Ekspresi Diri dan Akademik. 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
·           Tim Studi Edukasi.2013.BAHASA INDONESIA untuk SMA-MA/SMK Kelas X. Bandung. Yrama Widya.
·           Lingkungan belajar sekitar

6. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·         Ditayangkan teks Laporan Hasil Observasi
·         Melalui tayangan tersebut, siswa diinformasikan kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
10 menit
Inti
Mengamati:
·         membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·         mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan
·         bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·         Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
·         mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·         menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
·         menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·         membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan
·         menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan




60 menit
Penutup
·      Siswa mengerjakan pos tes  berupa esai
·      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
·      Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa bersama guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran yang akan datang  tentang membuat teks  tentang laporan hasil observasi Lingkungan Sekolah.
20



7. Penilaian  Proses

Indikator pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk dan Instrumen
a.       Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kegiatantanya jawab setelah pembacaan teks
laporan hasil observasi









b.      Menggunakan bahasa Indonesia yang santun dalam diskusi kelompok kecil!












c.    Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsive, dan santun dalam  mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
Pengamatan sikap berbahasa dan bernalar




Instruksi!
a.       Kemukakan kembali laporan hasil obsevasi yang Anda baca dengan kalimat sendiri!
b.      Jelaskan hubungan tema cerita dengan kehidupan sehari-hari!
c.       Apa pelajaran yang dapat dipetik dari isi teks laporan hasil observasi tersebut?

Diskusikan teks anekdot tersebut dan tentukan:
d.Temukan hal yang unik dalam kedua teks tersebut.

a.     Jelaskan perbedaan kedua teks tersebut!
b.     Jelaskan struktur dan isi kedua teks tersebut!
c.    Susunlah sebuah teks laporan hasil observasi!
d.    Bacakan teks laporan hasil observasi yang telah anda susun.

Presentasikan hasil diskusi kelompok Anda!
d.   Memiliki sikap tanggung jawb, peduli, responsif, dan santun dalam menganalisis fungtuasi  dalam teks laporan hasil observasi




Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Hasil
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.mengidentifikasi struktur teks  laporan hasil observasi

2.Mengidentifikasi penggunaan  
Tes tertulis
Esai
4        Jelaskan struktur teks laporan hasil observasi yang disajikan!

5        Tulislah perbedaan kedua teks tersebut dari isi dan struktur.







LAMPIRAN LEMBAR PENGAMATAN
Lembar Pengamatan Sikap Berbahasa
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                 : X/1
Tahun Ajaran                   : 2015-2016
Waktu pengamatan          :

Bubuhkan tanda cakra (X) pada kolom sesuai hasil pengamatan
No
Nama
Penggunaan diksi
Keefektifan kalimat
Kesesuaian konteks
1

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
2













3













4













Keterangan:
Bobot nilai: 1 = kurang
 2 = sedang
 3 = baik
 4 = sangat baik

Pedoman Penskoran
Aspek
Skor
Siswa menjawab pernyataan benar dengan alasan benar
0 -3
Siswa menjawab pernyataan benar, tetapi tidak didukung oleh alasan benar
1.      2
Siswa menjawab pernyataan salah
0-      1
Skor maksimal
6

LAMPIRAN LEMBAR PENGAMATAN
Lembar Pengamatan Sikap Kepribadian

No
Nama
Tanggung jawab
Responsif
Santun
1

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
2













3













4













Keterangan:
Bobot nilai: 1 = kurang
 2 = sedang
 3 = baik
 4 = sangat baik

No
Kunci/Kriteria Jawaban/aspek yang Dinilai
Tingkat
Skor
1
I s i
·      Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan teks.
·      Memahami, luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan teks, meskipun kurang terinci
·      Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·      Tidak memahami isi;  tidak mengena,

Amat naik

Baik

Sedang

kurang

27 -  30

22 – 26

17 – 21

13 – 16
2


Amat naik
Baik
Sedang
kurang

5
4
3
2


Kunci Jawaban



                                                                            Cianjur, 05 Oktober 2015

Guru Pamong Bahasa Indonesia,



                                               
Drs. Djadja Djaenudin
Nip.19610407 199203 1 007
Guru Praktikan,




Lenggi Irawan
NIM. 8820112016


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ARTIKEL ILMIAH

Analisis Cerpen "Anak Kebanggaan"

Analisis Novel "Hapalan Shalat Delisa"