skripsi "ANALISIS NILAI FEMINISME PADA NOVEL LAYAR TERKEMBANG"

ANALISIS NILAI FEMINISME PADA NOVEL LAYAR TERKEMBANG  KARYA SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMAN 1 CILAKU TAHUN 2015/2016

SKRIPSI
Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari
Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

oleh
LENGGI IRAWAN
NPM 8820112016


 






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SURYAKANCANA CIANJUR
2016



DAFTAR ISI

PERNYATAAN............................................................................................. i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
ABSTRAK...................................................................................................... v
DAFTAR ISI................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL ......................................................................................... ix
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Masalah............................................................................ 1
1.2    Pembatasan dan Perumusan Masalah........................................................ 4
1.2.1   Pembatasan Masalah............................................................................... 4
1.2.2   Perumusan Masalah................................................................................ 4
1.3    Tujuan dan Manfaat Penelitian.................................................................. 5
1.3.1   Tujuan Penelitian.................................................................................... 5
1.3.2   Manfaat Penelitian.................................................................................. 5
1.4    Anggapan Dasar........................................................................................ 6      
BAB II NILAI FEMINISME NOVEL LAYAR TERKEMBANG, DAN PEMBELAJARANNYA
2.1    Hakikat Nilai ............................................................................................ 8
2.2    Feminisme ................................................................................................ 9
2.2.1   Pengertian Feminisme ........................................................................... 9
2.2.2   Ciri-ciri Feminisme ................................................................................ 10
2.2.3   Faktor Penyebab Feminisme .................................................................. 11
2.2.6   Jenis Feminisme ..................................................................................... 11
2.3    Pembelajaran ............................................................................................ 16
2.4    Pembelajaran Sastra ................................................................................. 16
2.4.1   Pengertian Pembelajaran Sastra ............................................................. 16
2.4.2   Tujuan Pembelajaran Sastra .................................................................. 17
2.5    Penelitian Nilai Feminisme dalam Novel Layar Terkembang  ................ 18
BAB III METODE PENELITIAN
3.1    Metodologi Penelitian............................................................................... 20
3.2    Populasi dan Sampel Penelitian................................................................. 20
3.2.1   Populasi Penelitian.................................................................................. 20
3.2.2   Sampel Penelitian.................................................................................... 21
3.2    Definisi Oprasional.................................................................................... 22
3.3    Instrumen Penelitian.................................................................................. 23
3.5    Langkah-langkah Penelitian...................................................................... 25
3.5     Langkah-langkah Pembelajaran Nilai Feminisme ................................... 26
3.6    Prosedur Pengolahan Data........................................................................ 27
BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
4.1 Deskripsi Data Novel................................................................................. 32
4.1.1 Identitas Novel........................................................................................ 32
4.1.2 Identitas Pengarang................................................................................. 32
4.2 Deskripsi Data Nilai Feminisme Novel Layar Terkembang...................... 34
4.3  Deskripsi Data Tes dan Analisis Hasil Tes............................................... 40
4.3.1 Data Hasil Tes......................................................................................... 40
4.3.2 Analisis Data Tes..................................................................................... 42
4.4  Deskripsi Data dan Hasil Angket.............................................................. 45
4.4.1 Deskripsi Data......................................................................................... 45
4.4.2 Analisis Hasil Data Angket..................................................................... 46
4.5 Pembahasan................................................................................................ 48
4.5.1 Nilai-nilai Feminisme.............................................................................. 48
4.5.2 Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Novel...................................... 49
4.5.3 Kelayakan Novel Layar Terkembang sebagai Bahan Ajar..................... 50
BAB V PENUTUP
5.1  Kesimpulan................................................................................................ 52
5.2  Saran.......................................................................................................... 53
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 55
DAFTAR LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP



DAFTAR TABEL

Tabel 3.1    Populasi Penelitian........................................................................ 21
Tabel 3.2    Jumlah  dan Pembagian Sampel Siswa......................................... 22
Tabel 3.3    Kisi-kisi Angket............................................................................ 24
Tabel 3.4    Kisi-kisi Soal Tes.......................................................................... 24
Tabel 3.5    Pedoman Penskoran...................................................................... 29
Tabel 3.6    Penentuan Interval Persentase Tingkat Pemahaman..................... 31
Tabel 4.1    Data Nilai-nilai  Feminisme  dalam Novel Layar Terkembang.... 35
Tabel 4.2    Perolehan Nilai Hasil Tes Siswa Kelas XI IPS 5 SMA  Negeri 1
.................. Cilaku............................................................................................ 40
Tabel 4.3    Persentase Nilai............................................................................. 42
Tabel 4.4    Hasil Angket Siswa....................................................................... 45





BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Feminisme adalah gerakan wanita yang menuntut persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria. Pengertian feminisme juga  dikemukakan oleh Goefe (dalam Sugihastuti dan Suharto, 2002:18) adalah teori tentang persamaan hak antara laki-laki dan perempuan di segala bidang. Suatu kegiatan terorganisasi yang memperjuangkan hak-hak serta kepentingan perempuan. Hal ini disebabkan perempuan selalu mengalami ketimpangan gender selama ini. 
Perempuan dalam pandangan feminisme mempunyai aktivitas dan inisiatif sendiri untuk memperjuangkan hak dan kepentingan tersebut dalam gerakan untuk menuntut haknya sebagai manusia secara penuh (Kridalaksana dalam Sofia, 2009:13).
Permasalahan perempuan lebih banyak berkaitan dengan kesetaraan gender. Feminisme, khusunya masalah-masalah mengenai wanita pada umumnya dikaitkan dengan emansipasi, gerakan kaum perempuan untuk menuntut persamaan hak dengan kaum laki-laki, baik dalam bidang politik, ekonomi maupun bidang sosial lainnya.
Dalam kenyataannya feminisme sudah menguasai segala aspek kehidupan. Perempuan dapat meraih pendidikan setinggi apa yang mereka inginkan. Bahkan


kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri pun sekarang ini banyak didapat oleh kalangan perempuan.
Dalam dunia karir, perempuan kini tidak sungkan lagi untuk masuk ke dalamnya. Dengan prinsip penyetaraan gender, mereka bahkan bisa bersifat dominan dalam karir yang mereka jalani dibandingkan dengan laki-laki. Dunia politik juga tidak dilewati oleh peran perempuan di dalamnya, bahkan sekarang setiap partai politik pasti memiliki kader dan anggota seorang perempuan. Selain itu perempuan di Indonesia juga semakin  mendapat jalan lebih luas untuk berperan aktif dalam kancah politik. Sekarang dapat dilihat bahwa dalam dunia politik, perempuan sudah berada dalam masa modern karena kita tahu bahwa partisipasi perempuan dalam politik jauh lebih banyak dibanding dulu, yang mana peran perempuan cenderung pasif dan tidak mau tahu. Namun, sekarang semakin terlihat bahwa dalam dunia politik, perempuan sudah mau meninggalkan masa modern dan akan beralih kepada masa post-modern hal itu terlihat dari semakin dominannya peran wanita itu sendiri, bahkan di Indonesia perempuan bisa menjabat sebagai kepala negara. (Tristana dalam http://www.kompasiana.com/sepakterjang-peran-wanita-dalam-politik-indonesia/berkembangnya-peran-wanita-dalam-dunia-politik-indonesia-di-era-postmodern-feminisme)
Dalam sastra, feminisme sudah dipermasalahkan sejak tahun 1920-an, ditandai dengan hadirnya novel-novel Balai Pustaka, dengan mengemukakan masalah-masalah kawin paksa, yang kemudian dilanjutkan pada periode 1930-an yang diawali dengan novel Layar Terkembang karangan Sutan Takdir Alisyahbana.
Pemikiran feminisme tentang kesetaraan gender sudah banyak diterima dan didukung baik oleh kalangan perempuan maupun kalangan laki-laki. Dukungan ini terlihat melalui penerimaan masyarakat terhadap kaum perempuan di bidang-bidang yang tadinya hanya didominasi oleh kaum laki-laki.
Fenomena yang terjadi di lingkungan sekolah yakni, kurangnya pengetahuan siswa perempuan mengenai nilai-nilai feminisme sehingga mereka pasif dalam dalam kegiatan berorganisasi di lingkungan sekolah.
Dengan menganalisis nilai-nilai feminisme yang terdapat pada novel, diharapkan mampu mengubah pola pikir siswa perempuan yang pasif dalam kegiatan berorganisasi menjadi lebih aktif, kreatif, dan kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat ikut serta dalam kegiatan-kegiatan organisasi sekolah dan luar sekolah atau bahkan dapat mendominasi organisasi-organisasi tersebut dan bisa sejajar dengan siswa laki-laki yang selalu mendominasi. Selain itu, mengapresiasi nilai feminisme yang terdapat pada novel diharapkan mampu memberikan pendidikan lebih mengenai nilai feminisme sehingga dapat merubah pola pikir siswa tentang persamaan hak antara laki-laki dan perempuan serta mampu mengaplikasikannya di lingkungan masyarakat.
Dalam pendidikan siswa dilibatkan dalam pegalaman melalui sebuah karya sastra yang mencerminkan kehidupan dalam dunia “nyata” supaya ia memahami bahwa dalam kehidupan banyak persoalan yang terjadi, baik persoalan yang menyangkut hubungan antara dirinya dengan Tuhan, dengan masyarakat sekitar (sesama manusia), maupun hubungan dirinya dengan alam. Siswa diharapkan mampu memahami dan mengapresiasi nilai-nilai dalam karya sastra, serta mampu megapresiasi hubungannya sebagai makhuk dengan khaliknya. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru bahasa indonesia memerlukan persiapan secara khusus terutama dalam menentukan bahan ajar.
Pada dasarnya pembelajaran sastra merupakan salah satu jenis pengajaran yang ingin memperkenalkan kepada siswa berbagai nilai yang dikandung karya sastra, dan mengajak siswa untuk dapat menghargai pengalaman-pengalaman yang terdapat di dalamnya (Ristiani, 2012:61).
Berdasarkan fenomena yang telah dijelaskan di atas, perlu kiranya dilaksanakan suatu penelitian yang berjudul ANALISIS NILAI FEMINISME PADA NOVEL LAYAR TERKEMBANG  KARYA SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMAN 1 CILAKU TAHUN 2015/2016.
1.2  Pembatasan dan Perumusan Masalah
1.2.1   Pembatasan Masalah
Untuk menghindari salah penafsiran terhadap penelitian yang penulis lakukan, maka penelitian ini dibatasi kepada hal-hal berikut.
1)   Analisis nilai feminisme yang terdapat pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
2)   Kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme.
3)   Kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku.
1.2.2   Perumusan Masalah
Berdasarkan masalah yang penulis ajukan di atas, maka penulis merumuskan masalah penelitian sebagai berikut.
1)   Nilai-nilai feminisme apa saja yang terkandung dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana?
2)   Bagaimana kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme?
3)   Bagaimanakah kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku?
1.3    Tujuan penelitian dan Manfaat Penelitian
1.3.1   Tujuan Penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah penelitian yang telah dikemukakan, maka penelitian ini bertujuan untuk,
1)   Mengetahui nilai-nilai feminisme apa saja yang terkandung dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
2)   Mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme.
3)   Mengetahui kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana untuk dijadikan bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku.
1.3.2   Manfaat Penelitian
Penelitian ini mempunyai manfaat secara teoritis maupun praktis.
1)   Manfaat Teoretis
a)    Memperoleh data tentang nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sehingga dapat memperoleh wawasan yang berhubungan dengan masalah tersebut.
b)   Mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme.
c)    Memudahkan guru bahasa dan sastra Indonesia dalam memilih bahan pembelajaran apresiasi novel.
2)   Manfaat Praktis
a)    Bagi penulis yaitu menambah wawasan dan pengalaman baru dalam menganalisis novel yang bernuansakan perbedaan gender.
b)   Bagi guru dapat dijadikan acuan dan masukan untuk dapat lebih menghargai nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra dapat menambah kualitas membaca siswa.
c)    Bagi sekolah yaitu dapat dijadikan gambaran dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam bidang kesusastraan.
d)   Bagi siswa yaitu sebagai latihan dalam menganalisis nila-nilai feminisme dalam novel Layar Terkembang secara terbimbing.
1.4    Anggapan Dasar
Anggapan dasar adalah sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang akan berfungsi sebagai hal-hal yang dipakai untuk tempat berpijak bagi peneliti di dalam melaksanakn penelitiannya (Arikunto, 2006:65).
Dalam penelitian yang penulis lakukan, penulis mengemukakan anggapan dasar sebagai berikut.
1)      Novel merupakan karya fiksi yang menyajikan berbagai masalah kehidupan.
2)      Pembelajaran novel merupakan bagian dari pengajaran sastra
3)      Secara teoretis novel dapat dianalisis ke dalam berbagai komponen unsur pembangunnya  dan nilai-nilai kesusastraan yang salah satunya dapat diungkapkan dalam nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
4)      Karya sastra yang mencerminkan kehidupan sosial atau cermin masyarakat dapat dikaji dalam kesusastraan.
5)      Analisis nilai yang terdapat pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana merupakan salah satu cara untuk mengetahui nilai feminisme.




 BAB II
Nilai Feminisme pada Novel Layar Terkembang dan Pembelajarannya

2.1    Hakikat Nilai
Pada dasarnya yang dimaksud dengan nilai adalah sifat-sifat atau hal-hal yang bermanfaat bagi manusia dan selalu dikaitkan dengan kebaikan,  kemaslahatan, dan keluhuran. Nilai menunjukkan kepada suatu konsep yang dikukuhi individu atau anggota suatu masyarakat secara kolektif mengenai sesuatu  yang diharapkan dan berpengaruh terhadap pemilihan cara dan tujuan tindakan. Nilai merupakan suatu yang amat dihargai dan dijunjung tinggi oleh manusia.
Sementara itu, Ahmadi dan Uhbiyati (1991: 69) mengatakan bahwa nilai  adalah sesuatu yang abstrak, tetapi secara fungsional mempunyai ciri yang mampu  membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Suatu nilai jika dihayati  seseorang maka nilai-nilai tersebut akan sangat berpengaruh terhadap cara berpikir, bersikap, maupun bertindak.
Nilai bersifat objektif dan subjektif, tergantung dari sudut pandang yang  memberikan penilaian. Nilai bersifat objektif jika ia tidak bergantung pada subjek  atau kesadaran yang menilai. Nilai juga dapat bersifat subjektif jika eksistensi makna dan validitasnya tergantung pada reaksi subjek yang melakukan penilaian (Frondizi, 2007: 20). Oleh karena itu, nilai bukan merupakan benda atau pengalaman, juga bukan esensi, nilai adalah nilai (Frondizi, 2007: 7).
Berpijak pada penjelasan di atas, nilai adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pandangan seseorang tentang baik buruk, layak dan tidak layak, adil dan


tidak adil, dan sebagainya. Oleh karena nilai merupakan hal-hal  yang penting dan bermanfaat bagi manusia maka nilai dapat memberikan kepuasan lahiriah dan batiniah.
2.2    Feminisme
2.2.1   Pengertian Feminisme
Feminisme adalah gerakan wanita yang menuntut persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria. Pengertian feminisme juga  dikemukakan oleh Goefe (dalam Sugihastuti dan Suharto, 2002:18) adalah teori tentang persamaan hak antara laki-laki dan perempuan di segala bidang. Suatu kegiatan terorganisasi yang memperjuangkan hak-hak serta kepentingan perempuan. Hal ini disebabkan perempuan selalu mengalami ketimpangan gender selama ini. 
Menurut Fakih (dalam Sofia,2009:14) feminisme berangkat dari asumsi bahwa perempuan pada dasarnya ditindas dan dieksploitasi. Feminisme merupakan perjuangan dalam rangka mentransformasikan sistem yang dahulu tidak adil menuju ke sistem yang lebih adil bagi kedua jenis kelamin. Hakikat feminisme adalah gerakan transformasi sosial. Puncak cita-cita feminis adalah menciptakan sebuah tatanan baru yang lebih baik dan lebih adil untuk laki-laki dan perempuan.
Feminisme sebagai sebuah teori yang mengungkapkan harga diri pribadi dan harga diri semua perempuan (Wolf dalam Sofia, 2009:13). Istilah “menjadi feminis” bagi Wolf, harus diartikan dengan “menjadi manusia”. Pada pemahaman demikian, seorang perempuan akan percaya pada diri mereka sendiri.
Budianta (dalam Sofia, 2009: 13) mengartikan feminisme sebagai suatu kritik ideologis terhadap cara pandang yang mengabaikan permasalahan ketimpangan dan ketidakadilan dalam pemberian peran dan identitas sosial berdasarkan perbedaan jenis kelamin.
Perempuan dalam pandangan feminisme mempunyi aktivitas dan inisiatif sendiri untuk memperjuangkan hak dan kepentingan tersebut dalam gerakan untuk menuntut haknya sebagai manusia secara penuh (Kridalaksana dalam Sofia, 2009:13).
Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa feminisme merupakan aliran pemikiran dan gerakan sosial kaum feminis (perempuan) yang menginginkan adanya penghargaan dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan kesetaraan gender. Feminis merupakan gerakan yang dilakukan oleh wanita untuk menolak segala sesuatu yang dimarginalisasikan, disubordinasikan, dan direndahkan oleh kebudayaan yang dominan, baik dalam tataran politik, ekonomi, maupun kehidupan sosial lainnya. 
2.2.2        Ciri-ciri Feminisme
Ciri-ciri dapat didefinisikan sebagai kekhasan yang melekat pada sebuah objek atau benda sehingga membedakannya dengan benda-benda lain atau objek lain. Menurut Putri (dalam http://avenie-putri-fib13.web.unair.ac.id/artikel_detail-102645-Philosophy-FEMINISME.html) feminisme memiliki tiga ciri dasar yang khas untuk dapat membedakannya, yakni "(1) Menyadari akan adanya ketidakadilan gender, (2) memaknai bahwa gender bukan sebagai sifat kodrati, (3) memperjuangkan adanya persamaan hak".
2.2.3           Faktor Penyebab Feminisme
Pada abad 18-19 M yaitu pada gelombang pertama terjadi pembodohan terhadap perempuan, hal ini diakibatkan karena perempuan menjadi nomor dua atau second line. Seperti halnya yang kita ketahui di sejarah-sejarah pada sebelumnya, perempuan hanya bisa meramu makanan, sedangkan yang laki-laki berburu, mencari bahan makanan dan sebagainya. Di sini jelas terlihat bahwa perempuan tidak diberikan kepercayaan untuk ikut andil dalam membantu laki-laki. Gerakan feminisme lahir sebagai awal kebangkitan perempuan untuk menggeser status makhluk kedua setelah laki-laki di dunia ini. Gerakan feminisme timbul sebagai bentuk protes terhadap norma-norma sosial yang berlaku pada saat itu (Al-zanzami dalam https://nizamatang.files.wordpress.com/2016/01/feminisme-bukanlah-emansipasi).
Terlihat jelas bahwa faktor penyebab lahirnya feminisme adalah tidak diberikannya kepercayaan kepada kaum perempuan untuk dapat membatu laki-laki, sehingga kaum perempuan melakukan protes terhadap norma-norma yang berlaku pada masa itu. Perempuan menginginkan persamaan hak sehingga tidak ada second line.
2.2.4      Jenis Feminisme
1)        Feminisme Liberal
Menurut Fakih (dalam sofia, 2009:14) Feminisme liberal adalah feminisme yang memandang adanya kolerasi positif antara partisipasi dalam produksi dan status perempuan.
Kaum feminis liberal berkeinginan agar manusia, laki-laki dan perempuan mengembangkan kepribadiannya yang tidak mengaitkan derajat hierarki dengan jenis kelaminnya (androgini) (Tong dalam Wiyatmi, 2012:19).
Feminisme liberal memandang wanita perlu diperjuangkan sepenuhnya sama dengan laki-laki baik itu hak suara, pendidikan maupun kesamaan dalam hukum. Jadi wanita memiliki kebebasan individual dan secara penuh.  Feminisme liberal ini melahirkan hukum, tatanan dan aturan termasuk norma yang dikonvensi secara lisan dalam tradisional yang bertanggung jawab atas penindasan dan subordinasi wanita. Masyarakat menganggap wanita secara ilmiah kurang memiliki kemampuan intelektualitas dan fisik maka dianggap tidak layak untuk diberi peran di lingkungan publik.
2)      Feminisme Anarkis
Feminisme Anarkis lebih bersifat sebagai suatu paham politik yang mencita-citakan masyarakat sosialis dan menganggap negara dan sistem patriaki-dominasi lelaki adalah sumber permasalahan yang sesegera mungkin harus dihancurkan.
3)      Feminisme Radikal
Feminisme radikal beranggapan bahwa penguasaan fisik perempuan oleh laki-laki, seperti hubungan seksual adalah bentuk penindasan terhadap kaum perempuan, bagi penganut feminism radikal, patriarki adalah dasar dari ideologi penindasan yang merupakan sistem hierarki seksual yang dalam hal ini laki-laki memiliki kekuasaan superior dan privilage ekonomi (Sofia, 2009:13).
Menurut Anshori, dkk. (dalam Ezmir, 2015:134) menyebutkan bahwa feminisme radikal dapat diinterpretasikan dengan berbagai cara antara lain.
a.    Secara historis perempuan merupakan kelompok tertindas yang pertama di dunia. Bentuk penindasan berikutnya adalah penindasan berdasarkan warna kulit (negro), penindasan budak dan buruh (perbudakan) dan lain-lainnya.
b.   Penindasan atas perempuan terjadi secara universal, meluas dan hampir di seluruh masyarakat dunia. Akan tetapi perbudakan, misalnya hanya ditemukan di negara-negara tertentu.
c.    Penindasan terhadap perempuan adalah bentuk penindasan yang paling sulit untuk dihapuskan oleh suatu undang-undang atau suatu perubahan sosial seperti yang terjadi dalam kasus penghapusan pengkelasan dalam masyarakat.
d.   Penindasan terhadap perempuan menyebabkan krbannya sangat menderita secara kuantitatif dan kualitatif. Akam tetapi, penderitaan ini acap kali tidak terkenali sebagai akibat prasangka negatif menurut acuan jenis kelamin dari pihak yang tertindas (perempuan) dan yang menindas (laki-laki) bahwa hal tersebut sudah merupakan suatu kewajaran dan alami.
Aliran ini bertumpu pada pandangan bahwa penindasan terhadap perempuan terjadi akibat sistem patriarki. Tubuh perempuan merupakan objek utama penindasan oleh kekuasaan laki-laki. Oleh karena itu, feminisme radikal mempermasalahkan antara lain tubuh serta hak-hak reproduksi, seksualitas (termasuk lesbianisme), seksisme, relasi kuasa perempuan dan laki-laki, dan dikotomi.
4)      Feminisme Posmodern
Menurut Tong (dalam Wiyatmi, 20012:14) mengatakan bahwa feminisme posmodern memandang dengan curiga setiap pemikiran feminis yang berusaha memberikan suatu penjelasan tertentu mengenai penyebab opresi terhadap perempuan, atau sepuluh langkah tertentu yang harus diambil perempuan untuk mencapai kebebasan.
Feminisme modern ialah ide yang anti absolut dan anti otoritas, gagalnya modernitas dan pemilahan secara berbeda-beda tiap fenomena sosial karena penentangannya pada penguniversalan pengetahuan ilmiah dan sejarah. Mereka berpendapat bahwa gender tidak bermakna identitas atau struktur sosial.
Posmodern berusaha untuk menghindari setiap tindakan yang akan mengembalikan pemikiran falogosentrisme atau setiap gagasan yang mengacu pada kata (logos) yang bergaya “laki-laki”.
5)      Feminisme Marxis
Feminisme marxis berpendapat bahwa kelasisme sebagai penyebab opresi (penindasan) terhadap perempuan. Opresi terhadap perempuan tersebut bukanlah hasil tindakan sengaja dari satu individu, melainkan produk dari struktur politik, sosial, dan ekonomi tempat stuktur itu hidup (Tong dalam Wiyatmi, 2006:139).
Menurut Hum (dalam Wiyatmi, 2012:18) tujuan dari feminisme marxis adalah mendeskripsikan basis material produksi dan status perempuan, serta menerapkan teori perempuan dan kelas pada peran keluarga.
Ihromi (dalam Ezmir, 2015:133) mengemukakan bahwa feminis marxis memfokuskan pada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan perempuan, bagaimana pranata keluarga dikaitkan dengan sistem kapitalisme, bagaimana pekerjaan perempuan dalam mengurus rumah tangga tidak dianggap penting dan dianggap bukan pekerjaan, bagaimana jika perempuan itu terjun dalam pasar tenaga kerja diberi pekerjaan yang membosankan dan memperoleh upah lebih rendah dibanding dengan laki-laki.
Kaum Feminis Marxis, menganggap bahwa negara bersifat kapitalis yakni menganggap bahwa negara bukan hanya sekadar institusi tetapi juga perwujudan dari interaksi atau hubungan sosial. Kaum Marxis berpendapat bahwa negara memiliki kemampuan untuk memelihara kesejahteraan, namun disisi lain, negara bersifat kapitalisme yang menggunakan sistem perbudakan kaum wanita sebagai pekerja. Jika kapitalisme tumbang maka struktur masyarakat dapat diperbaiki dan penindasan terhadap perempuan dihapus.
6)      Feminisme Sosialis
Menurut Ihromi (dalam Ezmir, 2015:133) feminisme sosial adalah hidup dalam masyarakat yang kapitalistik bukan satu-satunya penyebab keterbelakangan perempuan sebagai perempuan.
Menurut feminisme sosial, kehidupan perempuan dalam masyarakat burjois (kapitalistik) bukan satu-satunya penyebab keterbelakangan pada perempuan. Banyak penyebab keterbelakangan pada perempuan, salah satunya kehidupan masyarakat yang kapitalistik.
Dapat disimpulkan bahwa feminisme dikelompokan kedalam lima jenis, yakni (1) feminisme liberal, (2) feminisme radikal, (3) feminisme posmodern, (4) feminisme marxis, dan (5) feminisme sosialis. Setiap jenis feminisme memiliki pandangan berbeda dengan feminisme lain. Feminisme liberal memandang wanita perlu diperjuangkan sepenuhnya sama dengan laki-laki baik itu hak suara, pendidikan maupun kesamaan dalam hukum. Sedangkan feminisme radikal beranggapan bahwa penguasaan fisik perempuan oleh laki-laki merupakan suatu penindasan terhadap perempuan. Sementara itu, feminisme posmodern memandang dengan curiga setiap pemikiran feminis yang berusaha memberikan suatu penjelasan tertentu mengenai penyebab opresi terhadap perempuan untuk mencapai kebebasan. Lain halnya dengan feminisme marxis yang berpendapat bahwa kelasisme sebagai penyebab opresi (penindasan) terhadap perempuan. Jenis feminisme sosial beranggapan bahwa kehidupan perempuan dalam masyarakat burjois (kapitalistik) bukan satu-satunya penyebab keterbelakangan pada perempuan. Banyak penyebab keterbelakangan pada perempuan, salah satunya kehidupan masyarakat yang kapitalistik.
2.3  Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran bukanlah aktivitas, sesuatu yang dilakukan oleh seseorang ketika ia tidak melakukan aktivitas yang lain (Wenger dalam Huda, 2014:2).
Menurut Gagne (dalam Huda, 2014:3) mengatakan pembelajaran dapat diartikan sebagai proses modifikasi dalam kapasitas manusia yang bisa dipertahankan dan ditingkatkan levelnya.
Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu. Pembelajaran merupakan subjek khusus dari pendidikan (Corey dalam Majid, 2014:4).
2.4  Pembelajaran Sastra
2.4.1  Pengertian Pembelajaran Sastra
Pada dasarnya pembelajaran sastra merupakan salah satu jenis pengajaran yang ingin memperkenalkan kepada siswa berbagai nilai yang dikandung karya sastra, dan mengajak siswa untuk dapat menghargai pengalaman-pengalaman yang terdapat di dalamnya (Ristiani, 2012:61).
Pengajaran sastra membutuhkan keterampilan yang memadai dalam hal cara menyampaikan pesan yang terkandung di dalamnya untuk bisa ditransfer kepada peserta didik sebagai penikmat (Ezmir, 2015:223).
Menurut Rosenblatt (dalam Ezmir, 2015:223) menegaskan bahwa pengajaran sastra melibatkan peneguhan kesadaran tentang sikap etik. Pengajaran sastra haruslah memampukan siswa menemukan hubungan antara pengalamannya dengan karya sastra yang bersangkutan (Probst dalam Ezmir, 2015:224).
Dari beberpa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sastra adalah suatu cara untuk memperkenalkan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra. Dalam penyampaiannya pun dibutuhkan keterampilan yang memadai agar pesan yang terkandung dalam karya sastra dapat disampaikan dengan baik.
Pembelajaran sastra pun dapat memperkuat kesadaran siswa dalam bersikap sehingga dapat membuat siswa menemukan hubungan antara pengalamannya dengan karya sastra.
2.4.2  Tujuan Pembelajaran Sastra
Tujuan pengajaran sastra menurut Gani (dalam Ezmir,2015:225) adalah dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk memperoleh pengalaman sastra, sehingga sasaran akhirnya dalam wujud pembinaan apresiasi sastra dapat tercapai.
Menurut Gani (dalam Ristiani, 2012:63) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran sastra sebagai berikut.
1)      Memfokuskan siswa pada pemilikan gagasan dan perhatian yang lebih besar terhadapa masalah kemanusiaan dalam bentuk ekspresi yang mencerminkan prilaku kemanusiaan.
2)      Membawa siswa pada kesadaran dan peneguhan sikap yang lebih maju terhadap moral, keyakinan nilai-nilai. Pemikiran perasaan bersalah dan ketaksaan dari masyarakat atau pribadi siswa.
3)      Mengajak siswa mempertanyakan isu yang sangat berkaitan dengan dengan perilaku personal.
4)      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperjelas dan memperdalam dalam pengertian-pengertiannya tentang keyakinan-keyakinan, perasaan-perasaan, dan prilaku kemanusiaan dan;
5)      Membantu siswa lebih mengenal dirinya yang memungkinkannya bersikap lebih arif terhadap dirinya dan terhadap orang lain secara lebih cerdas penuh pertimbangan  dan kehangatan dan penuh simpati.
Menurut beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pembelajaran sastra adalah untuk memberikan pengalaman sastra kepada siswa, memfokuskan siswa dalam memilih gagasan, memupuk kesadaran siswa dalam segala aspek, membuat siswa lebih kritis, dan membatu siswa untuk lebih mengenal dirinya sendiri.
2.5        Penelitian Nilai Feminisme dalam Novel Layar Terkembang
Berikut adalah hasil penelitian dari beberapa sumber peneltian.

Menurut penelitian Wiyatmi dalam bukunya yang berjudul Kritik Sastra Feminisme, mengatakan bahwa Tuti menggambarkan kondisi perempuan masa lampau sampai pada zamannya yang berada dalam belenggu penindasan patriarkat. Hal itu tergambar dalam penggalan kutipan berikut.
Dalam pidatonya Tuti melakukan kritik terhadap kondisi tersebut dan mengemukakan gagasan mengenai apa yang seharusnya dilakukan para perempuan zamannya untu melawan penindasan tersebut dan menunjukan eksistensinya (Wiyatmi, 2012: 59).
            Menurut penelitian Abdurahman Wahid, dkk. (dalam Ezmir, 2015: 143-144) mengungkapkan bahwa.
Dalam novel tersebut karakter utamanya digambarkan seorang perempuan (Tuti) yang cerdas dan mandiri serta sebagai ketua organisasi perempuan, yaitu “Poetri Sedar”. Tuti sebagai ketua organisasi memiliki pandangan yang sangat luas ke depan, yaitu sebagaimana analisis takdir yang cukup tajam memprediksikan bagaimana perempuan dimasa lalu, sekarang dan akan datang. Hal ini dijelaskan oleh Gusdur bahwa Tuti dalam Layar Terkembang dipandang sebagai perempuan yang memiliki wawasan, sikap, dan cara hidup yang melampaui batas-batas zamannya.




BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1  Metodologi Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan tujuan untuk memperoleh gambaran secara jelas dalam menganalisis nilai-nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana yang dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra dalam bahasa indonesia.
3.2  Populasi dan Sampel Penelitian
3.2.1   Populasi Penelitian
Populasi adalah sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel; suatu kumpulan yang memenuhi syarat tertentu yang berkaitan dengan masalah penelitian (Qodratilah, 2011:422). Hal ini juga senada dengan apa yang dikemukakan Surakhmad (1998:93) bahwa populasi merupakan sasaran yang ingin dicapai atau diselidiki dalam suatu penelitian, baik berupa manusia, nilai-nilai tes, benda-benda atau peristiwa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Cilaku yang secara keseluruhan berjumlah 294 orang yang tersebar dalam sembilan kelas dan dikelompokkan lagi ke dalam dua jurusan, yakni empat kelas jurusan Ilmu Alam, lima kelas jurusan Ilmu Sosial, Secara jelas, rincian siswa berdasarkan jenis kelaminnya dapat dilihat pada tabel berikut ini.


Tabel 3.1
Populasi Penelitian

KELAS
JENIS KELAMIN
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
XI IPA 1
21
16
37
XI IPA 2
22
19
41
XI IPA 3
13
23
36
XI IPA 4
16
19
35
XI IPS 1
20
14
34
XI IPS 2
16
14
30
XI IPS 3
15
7
22
XI IPS 4
19
11
30
XI IPS 5
19
10
29
JUMLAH
161
133
294
                Sumber: Dokumen Kelas XI Siswa SMA Negeri 1 Cilaku
3.2.2   Sampel Penelitian
Menurut Qodratilah (2011:469) sampel adalah  sesuatu yang digunakan untuk menunjukkan sifat suatu kelompok yang lebih besar atau bagian kecil yang mewakili kelompok atau keseluruhan yang lebih besar. Dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa sampel penelitian  adalah sebagian kelompok yang dijadikan contoh penelitian yang sifatnya mewakili atau memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan populasinya.
Seperti halnya dalam populasi, sampel pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Cilaku yang berjumlah 29 orang. Sampel ini diambil satu kelas dari jumlah keseluruhan kelas XI. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik purposive sampel. Untuk pengambilan sampel yang resfentatif, selanjutnya Arikunto (2006:120) mengemukakan sebagai berikut.
Pengambilan sampel dilakukan apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10% - 15% atau 20% - 25% atau lebih. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini merupakan penelitian sampel karena tidak semua siswa dijadikan populasi melainkan diambil sebagian.

Tabel 3.2
Jumlah dan Pembagian Sampel Siswa
KELAS
JENIS KELAMIN
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
XI IPS 5
19
20
29
3.3  Definisi Oprasional
Agar tidak terjadi salah penafsiran terhadap masalah yang dibahas dalam penelitian ini, maka disajikan definisi oprasional variabel penelitian yang meliputi analisis, unsur feminisme, novel, dan bahan pembelajaran sastra.
1)   Analisis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kegiatan mengkaji atau menyelidiki atau penyelidikan yang mendalam terhadap unsur Feminisme novel yang berjudul Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
2)   Unsur feminis merupakan unsur ekstrinsik novel yang ada hubungannya dengan karakter, perilaku, bahasa, dan kebiasaan yang terdapat dalam novel karya Sutan Takdir Alisyahbana.
3)   Novel merupakan cerita rekaan yang unsur-unsur pembentuknya mempunyai ukuran panjang dan lebar karena mengizinkan adanya digresi yang mengisahkan berbagai fragmen kehidupan manusia yang disajikan dalam bahasa yang imajinatif.
4)   Bahan pembelajaran sastra merupakan komponen dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran.
3.4  Instumen Penelitian
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini secara garis besar terbagi dalam dua bagian yaitu lembar angket, dan lembar soal siswa/tes.  Alat-alat penelitian yang dimaksud yaitu sebagai berikut.
1)      PanduanAngket
Seperti telah dijelaskan pada teknik penelitian bahwa angket yang digunakan pada penelitian adalah jenis angket tertutup. Lembar  angket ini berupa sejumlah pertanyaan yang berupa pilihan ganda berjumlah empat butir petanyaan dengan masing-masing soal mengandung empat butir alternatif jawaban. Teknik angket ini digunakan untuk mengukur kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan pembelajaran sastra. Tetapi, sebelum merumuskan pertanyaan dibuat terlebih dahulu kisi-kisi untuk angket tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memperjelas setiap masalah yang ingin ditanyakan kepada siswa. Berikut ini dijelaskan secara rinci mengenai kisi-kisi angket tersebut.





Tabel 3.3
Kisi –kisi Angket
No
Masalah
Jumlah
Pertanyaan
1
Pengetahuan siswa terhadap novel Layar Terkembang
1
2
Hambatan siswa dalam memahami karya sastra.
1
3
Kelayakan novel Layar Terkembang apabila dijadikan bahan ajar.
1
4
Penggunaan bahasa dalam novel Layar Terkembang.
1

2)   Lembar Soal Siswa
Lembar soal siswa ini berupa pertanyaan yang dikhususkan untuk siswa dalam upaya mencari dan mengkaji serta menentukan nilai feminisme yang ada dalam novel. Lembar soal siswa ini bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai kemampuan siswa dalam memahami dan mendeskripsikan nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Lembar soal siswa ini berupa soal esai (menganalisis  novel) sebanyak lima butir soal. Berikut ini merupakan kisi-kisi soal lembar tes siswa.
Tabel 3.4
Kisi-kisi Soal Tes

No
Jenis Aspek
Soal
1
Kemampuan dalam menganalisis nilai-nilai feminisme dalam novel Layar Terkembang
1
2
Kemampuan dalam menunjukan jenis feminisme dalam novel layar terkembang
1
3
Kemampuan dalam menunjukan ciri feminisme dalam novel layar terkembang
1
4
Kemampuan siswa dalam menilai isi novel dikaitkan dengan lingkungan saat ini
1
3.4 Langkah–langkah Penelitian
1) Tahap Persiapan
Tahap pertama dari penelitian ini dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan dan alat-alat penunjang penelitian, seperti kartu data, angket, dan lembar soal untuk siswa.
2) Tahap Pengumpulan Data
Sebelum mengumpulkan data, dipersiapkan terlebih dahulu instrumen penelitiannya. Tahap pengumpulan data ini terbagi dari dua tahap yakni tahap  pembagian instrumen yang berupa lembar angket dan lembar soal siswa, dan tahap selanjutnya adalah tahap pengumpulan data yaitu pengumpulan angket dan pengumpulan hasil kerja siswa.
3) Tahap Pengolahan dan Analisis Data
Tahap pengolahan data dan analisis data dilakukan sesuai dengan teknik penelitian yang digunakan. Tahap pertama yaitu pengaturan data yang dilanjutkan dengan tahap pengklasifikasian data. Setelah data tersebut diklasifikasikan kemudian dilakukan kajian atau analisis terhadap data tersebut dan selanjutnya dilakukan pendeskripsian hasil penelitian.
4)  Penyusunan dan Penulisan  Hasil Penelitian
            Setelah data terkumpul dan proses di lapangan selesai dilakukan, tahap terakhir yang dilakukan adalah penyusunan hasil penelitian. Dalam menyusun laporan peneliti berkonsultasi dengan pembimbing supaya mendapat petunjuk dalam hal-hal yang berkaitan dengan isi dan teknik penulisan.
2.5    Langkah-langkah Pembelajaran Nilai Feminisme Novel Layar Terkembang
Pembelajaran nilai feminisme di sekolah dilakukan dengan cara menganalisis sebuah novel feminisme, yakni novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Pembelajaran feminisme dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a)      Peserta didik diberikan informasi mengenai novel dan nilai-nilai feminisme
b)      Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok
c)      Membagikan novel Layar Terkembang kepada setiap kelompok
d)      Peserta didik diperintahkan untuk membaca dan menganalisis novel Layar Terkembang untuk mencari nilai-nilai feminisme dalam novel tersebut
e)      Peserta didik mendiskusikan temuannya dalam kelompok masing-masing
f)       Peserta didik menyampaikan kajiannya di depan kelas
g)      Peserta didik diberi tes mengenai apa yang telah mereka analisis
Tes tersebut dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman peserta didik mengenai nilai-nilai feminisme dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana



3.6  Prosedur Pengolahan Data
3.6.1  Pengolahan Analisis Isi
         Data yang terkumpul melalui analisis isi akan berupa data berbentuk deskripsi kata-kata. ada beberapa tahap sebagai prosedur untuk membuahkan hasil penelitian yang baik dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1)         Membaca novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana yang dijadikan sampel penelitian.
2)      Mengidentifikasi setiap kutipan yang terdapat dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana berdasarkan aspek feminisme.
3)      Mencatat kutipan-kutipan yang mengandung nilai feminisme dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
4)      Memberikan komentar terhadap setiap kutipan-kutipan yang telah dicatat dari novel Layar Terkembang.
5)      Menyimpulkan hasil kajian.
3.6.2  Pengolahan Data Angket
         Untuk mengetahui hasil dari angket yang telah disebar kepada sejumlah responden maka dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.
a.    Pemeriksaan Angket
Setelah angket terkumpul, kemudian dilakukan pemeriksaan kembali terhadap setiap jawaban yang diberikan oleh responden. Apakah setiap pertanyaan telah dijawab, dan kalau menjawab apakah cara menjawabnya betul, dll.

b.   Penampilan Data
Data yang diperoleh dari penelitian kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel.
c.    Penafsiran Data
Angket yang sudah disebar kepada sejumlah responden dihitung dan dianalisis hasilnya melalui prosedur-prosedur berikut.
1)      Menghitung semua jawaban yang diberikan responden (siswa).
2)      Mengklasifikasikan semua jawaban yang sama.
3)      Menyusun data dalam bentuk tabel (mentabulasi)  setiap jawaban yang diberikan siswa.
4)      Menjumlahkan dan mempresentasekan setiap jawaban yang diberikan siswa melalui rumus berikut.
Persentase = Frekuensi Jawaban x 100
                            Jumlah Siswa



 



3.6.3   Pengolahan Hasil Tes
            Setelah lembar soal siswa disebar  dan data  terkumpul maka selanjutnya untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis unsur  feminisme novel dilakukan proses pengolahan data. Berikut ini merupakan langkah-langkah proses pengolahan tes tertulis tersebut.
1. Membaca jawaban hasil analisis siswa.
2. Menganalisis hasil kerja siswa.
3. Menandai kesalahan yang terdapat dalam hasil analisis siswa.
4. Memberikan skor kepada masing-masing jawaban dengan mengikuti pedoman penskoran yang telah dibuat sebelumnya.
                Berikut ini merupakan pedoman penskoran untuk masing-masing soal yang diberikan kepada siswa. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini. 
Tabel 3.5
Pedoman Penskoran
No.
Aspek Yang Diamati
Skala
Bobot
Skor
1
2
3
4
1.
Kemampuan siswa dalam menganalisis




4
20
2.
Kemampuan dalam menunjukan jenis feminisme




3
15
3
Kemampuan dalam menunjukan ciri-ciri feminisme




2
15
4
Kemampuan dalam menilai isi novel dikaitkan dengan lingkungan saat ini




5
50
Skor Maksimal
100


Kriteria Penskoran:
1)      Kemampuan Menganalisis
Skala 4:
Skala 3:
Skala 2:
Skala 1:
Jika siswa dapat menuliskan 7-8 kutipan nilai feminisme. 
Jika siswa dapat menuliskan 5-6 kutipan nilai feminisme.
Jika siswa dapat menuliskan 3-4 kutipan nilai feminisme.
Jika siswa dapat menuliskan 1-2 kutipan nilai feminisme.


2)      Kemampuan dalam menunjukan jenis-jenis feminisme
Skala 4: 
Skala 3: 
Skala 2: 
Skala 1: 
Jika siswa dapat menunjukan 3 ciri nilai feminisme. 
Jika siswa dapat menunjukan 2 ciri nilai feminisme.
Jika siswa dapat menunjukan 1 ciri nilai feminisme.
Jika siswa tidak dapat menunjukan ciri nilai feminisme.
3)      Kemampuan dalam menunjukan ciri-ciri nilai feminisme
Skala 4: 
Skala 3: 
Skala 2: 
Skala 1: 
Jika siswa dapat menunjukan 3 ciri nilai feminisme. 
Jika siswa dapat menunjukan 2 ciri nilai feminisme.
Jika siswa dapat menunjukan 1 ciri nilai feminisme.
Jika siswa tidak dapat menunjukan ciri nilai feminisme.
4)      Kemampuan dalam menilai isi novel dikaitkan dengan lingkungan saat ini
Skala 4: 

Skala 3: 

Skala 2: 

Skala 1: 

Jika alasan penilaian siswa sangat sesuai dengan isi novel dan lingkungan saat ini.
Jika alasan penilaian siswa sesuai dengan isi novel dan lingkungan saat ini.
Jika alasan penilaian siswa kurang sesuai dengan isi novel dan lingkungan saat ini.
Jika alasan penilaian siswa tidak sesuai dengan isi novel dan lingkungan saat ini.
5.      Memberikan skor kepada semua hasil analisis yang telah dibuat oleh siswa dengan menggunakan rumus :
Nilai =        Skor Siswa         x  100
          Jumlah Skor Ideal (100)
 


6.   Mengubah nilai skor siswa dalam skala seratus dengan menggunakan rumus sebagai berikut.
 
Nilai = Skor Total Siswa x 100%
              Skor Total Ideal


Hasil skala skor nilai dikategorikan sebagai berikut.


Tabel 3.6
Penentuan Interval Persentase Tingkat Pemahaman
Interval Persentase Tingkat Penguasaan
Nilai Ubahan Skala Seratus
Keterangan
96% - 100%
100
Sempurna
86% - 95%
90
Baik sekali
76% - 85%
80
Baik
66% - 75%
70
Cukup
56% - 65%
60
Sedang
46% - 55%
50
Hampir Sedang
36% - 45%
40
Kurang
26% - 35%
30
Kurang Sekali
16% - 25%
20
Buruk
0% - 15%
10
Buruk Sekali
(Nurgiantoro, 2002:321).
7.   Langkah terakhir adalah mendeskripsikan nilai siswa tersebut berdasarkan nilai kuantitatif dan kualitatif skala seratus yang telah diperoleh.


BAB IV
ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

4.1 Deskripsi Data Novel
4.1.1 Identitas Novel
Judul      Buku              :  Layar Terkembang
Pengarang                      : Sutan Takdir Alisyahbana
Tahun Terbit                  : 2013
Penerbit                         : PT Balai Pustaka (Persero)
Jumlah Halaman            : 208
4.1.2 Identitas Pengarang    
Sutan Takdir Alisjahbana, (11 Februari 1908 – 17 Juli 1994), adalah salah seorang sastrawan Indonesia. Menamatkan HKS di Bandung (1928), meraih Mr. dari Sekolah Tinggi di Jakarta (1942), dan menerima Dr. Honoris Causa dari UI (1979) dan Universiti Sains, Penang, Malaysia (1987). Diberi nama Takdir karena jari tangannya hanya ada 4.
Pernah menjadi redaktur Panji Pustaka dan Balai Pustaka (1930-1933), kemudian mendirikan dan memimpin majalah Pujangga Baru(1933-1942 dan 1948-1953), Pembina Bahasa Indonesia (1947-1952), dan Konfrontasi (1954-1962). Pernah menjadi guru HKS di Palembang (1928-1929), dosen Bahasa Indonesia, Sejarah, dan Kebudayaan di UI (1946-1948), guru besar Bahasa Indonesia, Filsafat


Kesusastraan dan Kebudayaan di Universitas Nasional, Jakarta (1950-1958), guru besar Tata Bahasa Indonesia di Universitas Andalas, Padang (1956-1958), dan guru besar & Ketua Departemen Studi Melayu Universitas Malaya, Kuala Lumpur (1963-1968).
Sebagai anggota Partai Sosialis Indonesia, Sutan Takdir Alisjahbana (STA) pernah menjadi anggota parlemen (1945-1949), anggota Komite Nasional Indonesia, dan anggota Konstituante (1950-1960). Selain itu, ia menjadi anggota Societe de linguitique de Paris (sejak 1951), anggota Commite of Directors of the International Federation of Philosophical Sociaties (1954-1959), anggota Board of Directors of the Study Mankind, AS (sejak 1968), anggota World Futures Studies Federation, Roma (sejak 1974), dan anggota kehormatan Koninklijk Institute voor Taal, Land en Volkenkunde, Belanda (sejak 1976). Dia juga pernah menjadi Rektor Universitas Nasional, Jakarta, Ketua Akademi Jakarta (1970-1994), dan pemimpin umum majalah Ilmu dan Budaya (1979-1994), dan Direktur Balai Seni Toyabungkah, Bali.
Sutan Takdir Alisyahbana adalah motor dan pejuang gerakan pujangga Baru. Dia dilahirkan di Natal, Tapanuli Selatan, puda tanggal 11I Pebruari 1908. Buku roman pertamanya adalah Tak putus Dirundung Malang yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, tempat dia bekerja. Mula-mula Sutan Takdir Alisyahbana bersekolah di HD Bangkahulu, kemudian melanjutkan ke Kweekschool di Muara Enim, dan HBS di Bandung. Setelah itu, ia melanjutkan ke perguruan tinggi, yaitu RHS ( Recht Hoge School) di Jakarta. Pada tahun 1942 Sutan Takdir Alisyahbana mendapat gelar Meester in de rechten  (Sarjana Hukum).
Selain itu, Takdir mengikuii titiatrtentang ilmu bahasa umum, kebudayaan Asia, dan filsafat. Peranan Sutan Takdir Alisyahbana dalam bidang sastra, budaya, dan bahasa sangat besar. Ia telah menulis beberapa judul buku yang berhubungan dengan ketiga bidang tersebut. Kiprahnya di dunia sastra dimulai dengan tulisannya Tak Putus Dirundung Malang (1929). Disusul dengan karyanya yang lain, yaitu Diam Tak Kunjung padam (1932), Layar Terkembang 1936, Anak Perawan di Sarang Penyamun (1941l), Grotta Azzura (1970), Tebaran Mega, Kalah dan Menang (1978), Puisi Lama (1941), dan puisi Baru (1946). Karyanya yang lain yang bukan berupa karya sastra ialah Tata bahasa Bahasa Indonesia (1936), Pembimbing ke Filsafat (1946), Dari perjuangan dan Pertumbuhan Bahasa Indonesia (1957), dan Revolusi Masyarikat "dan Kebudayaan di indonesia (1966).
Salah satu karyanya yang mendapat sorotan masyarakat dan para peminat sastra yaitu Layar Terkembang. Novel ini telah mengalami cetak ulang beberapa kali. Selain itu, Layar Terkembang merupakan cerminan cita-citanya. Dalam novel ini Takdir merenuangkan gagasannya dalam memajukan masyarakat, terutama gagasan memajukan peranan kaum wanita. cita-cita Takdir digambarkannya melalui tokoh Tuti sebagai wanita Indonesia yang berpikiran maju yang aktif dalam pergerakan wanita. Layar Terkembang merupakan puncak karya sastra Pujangga Baru.
4.2  Deskripsi Data Nilai Feminisme Novel Layar Terkembang
            Novel Layar Terkembang merupakan sebuah novel yang memperkenalkan masalah wanita Indonesia yang mulai merangkak pada pemikiran modern. Kaum wanita mulai bangkit untuk memperjuangkan hak-haknya sebagai wanita berwawasan luas, serta bercita-cita mandiri. Dalam novel ini, diceritakan tentang kaum wanita yang mulai bangkit untuk memperjuangkan hak-haknya yang mempunyai wawasan luas dan bercita-cita tinggi.
Berikut ini merupakan data-data yang telah diperoleh mengenai nilai-nilai feminisme merujuk pada teori Yubahar Ilyas dalam Putri. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut ini.
Tabel 4.1
Data Nilai-nilai  Feminisme  dalam Novel Layar Terkembang
No
Ciri-ciri Feminisme
Jenis Feminisme
Faktor Penyebab
Data/Kutipan
1
Nilai feminisme yang berhubungan dengan kesadaran akan ketidakadilan gender.
Feminisme Radikal
Perempuan menganggap bahwa mereka hanyalah budak yang harus bekerja untuk laki-laki
"Hitam, hitam sekali penghidupan perempuan bangsa kita di masa yang silam, lebih hitam, lebih kelam dari malam yang gelap. Perempuan bukan perempuan seperti laki-laki yang mempunyai pikiran dan pemandangan sendiri, yang mempunyai hidup sendiri, perempuan hanya hamba sahaya, perempuan hanya budak yang harus bekerja dan melahirkan anak bagi laki-laki, dengan tiada mempunyai hak. Setinggi-tingginya ia menjadi perhiasan, menjadi permainan yang dimulia-muliakan selagi disukai, tetapi dibuang dan ditukar apabila telah kabur cahayanya, telah hilang sarinya (Hal. 42).
Feminisme Liberal
Pemikiran orang tua yang masih belum terbuka akan pendidikan formal.
Di manakah pula dahulu orang tua berdaya-upaya hendak mengajar anaknya pengetahuan yang lain daripada yang perlu untuk perkawinan seperti masak dan menjahit? Sampai sekarang masih sering kita mendengar orang tua berkata, "Apa gunanya anak masuk sekolah ini atau sekolah anu? Sekaliannya itu akan percuma saja, sebab kesudahannya ia masuk kedapur juga. Demikian perempuan tinggal bodoh dan oleh bodohnya lebih bergantunlah ia kepada kaum laki-laki, makin mudahlah laki-laki menjadikannya hambanya dan permainannya (Hal. 46),
Kekesalan kaum perempuan akan perlakuan laki-laki yang tidak memperbolehkan perempuan menjadi diri sendiri.
Pendidikan budi pekerti perempuan semata-mata ditunjukan untuk keperluan laki-laki. Segala sifat lemah itulah dijadikan sifat perempuan tiada boleh lekas-lekas, berbicara dan tertawa tiada boleh lekas-lekas, berbicara dan tertawa tiada boleh keras-keras. Dalam segala hal ia harus halus (Hal. 46).
Dengan jalan demikianlah, maka perempuan kita sekarang tidak berharga sedikit jua pun. Segala sifat-sifatntya sebagai manusia menjadi layuh, oleh didikan masyarakat dan orang tua yang semata-mata menuju ke arah perkawinan (Hal. 46).

Dan dari perempuan yang telah dimatikan semangatnya serupa itu, orang masih berani berharap lahirnya suatu keturunan yang kuat. Adakah, saudara-saudara, permintaan yang lebih gila daripada itu? (Hal. 47).

Diulangnya ucapan yang menggambarkan perempuan yang bebas, yang mempunyai pribadi sendiri, yang dikehendaki oleh Putri Sedar, dimintanya supaya sekalian perkataan Tuti itu dipikirkan dan dianjurkannya sekalian perempuan yang hadir untuk berjuang bagi kepentingan kaum perempuan (Hal. 49).
2
Nilai feminisme yang berhubungan dengan pernyataan bahwa gender bukan sebagai sifat kodrati.
Feminisme Liberal
Keinginan untuk hidup bebas tanpa adanya ikatan dan lebih memilih karir.
Yang tiada suka melakukan yang berlawanan dengan kata hatinya, malahan yang tiada hendak kawin, apabila perkawinan itu baginya berarti melepaskan hak-haknya sebagai manusia yang mempunyai hidup sendiri dan berupa mencari perlindungan dan meminta kasihan. Ya, pendeknya serratus persen manusia bebas dalam segala hal (Hal. 48).
tetapi hanya saya takut kalau-kalau ia menjadi korban kecakapannya,” sambung Maria tiada menanti Yusuf menghabiskan katanya lagi. “dahulu engkau tahu ia sudah bertunangan dengan Hambali, tetapi pertunangan itu putus, sebab ia tidak acuh akan Hambali. Ia lebih cinta kepada perkumpulan dan buku-bukunya dari kepada tunangannya (Hal. 140).
3
Nilai feminisme yang berhubungan dengan perjuangan kaum perempuan dalam menuntut adanya persamaan Hak.

Feminisme Anarkis
Adanya keinginan dalam menuntut persamaan hak, politk adalah satu-satunya jalan untuk mewujudkan hal itu
Sesungguhnya dalam beberapa hal yang akhir ini ia asik memikirkan bermacam-macam soal, kepalanya dipengaruhi oleh Kongres Putri Sedar yang dua minggu lagi akan diadakan di Jakarta (Hal. 11).
Bahwa pidato itu sangat penting, sebab akan menggambarkan dengan nyata, bangaimana cita-cita Putri Sedar tentang kedudukan perempuan dalam masyarakat, bagaimana harusnya perempuan dimasa yang akan datang seperti dicita-citakan Putri Sedar (Hal. 40)


Dalam sepi yang sesepi-sepinya itulah kedengaran suara tuti membelah, “saudara-saudaraku kaum perempuan, rapat yang terhormat! Berbicara tentang sikap perempuan baru sebagian besar ialah berbicara tentang cita-cita bagaimanakah harusnya kedudukan perempuan dalam masyarakat yang akan datang. Janganlah sekali-kali disangka bahwa berunding tentang cita-cita yang demikian semata-mata berarti berunding tentang angan-angan dan pelamunan yang tiada mempunyai guna yang praktis sedikit jua pun. Saudara-saudara, dalam tiap-tiap usaha hanyalah kita mungkin mendapat hasil yang baik, apabila terang kepada kita, apa yang hendak kita kerjakan, apa yang hendak kita kejar dan kita capai. Atau dengan perkataan yang lain: dalam segala hal hendaklah kita mempunyai gambaran yang senyata-nyatanya tentang apa yang kita cita-citakan (Hal. 40-41)


Adakah sesuatu yang bernama serupa itu pada perempuan? Tidak, saudara-saudara! Perempuan bangsa kita tidak boleh mempunyai kemauan sendiri. Perempuan yang sebaik-baiknya, yang semulia-mulianya ialah perempuan yang paling sedikit mempunyai kemauan sendiri, perempuan yang dalam segala hal menurut saja (Hal. 43).


Tetapi lebih-lebih dari segalanya haruslah kaum perempuan sendiri insaf akan dirinya dan berjuang untuk mendapat penghargaan dan kedudukan yang lebih layak. Ia tidak boleh menyerahkan nasibnya kepada golongan yang lain, apalagi golongan laki-laki yang merasa akan kerugian, apabila ia harus melepaskan kekuasaannya yang telah berabad-abad dipertahankannya. Kita harus membanting tulang sendiri untuk mendapat hak-hak kita sebagai manusia (Hal. 47)..
Feminisme Liberal

Demikianlah perempuan yang dicita-citakan oleh Putri Sedar bukanlah perempuan yang berdiri dalam masyarakat sebagai hamba dan sahaya, tetapi sebagai manusia yang sejajar dengan laki-laki, yang tidak usah takut dan minta dikasihani (Hal. 48).
Feminisme Anarkis

Sejak dari sudah makan pukul delapan tadi Tuti mengetik dalam kamarnya. Sedikit lagi ia harus mengerjakan persiapan laporan kongres Perikatan Perkumpulan Perempuan di sala yang terserah kepadanya. Di atas meja tulis yang penuh berserakan kertas telah tinggi tertumpuk kertas bertik yang akan dicetak. Sekarang ia harus membuat kata pendahuluan saja lagi, sehalaman atau dua (Hal. 89).

Sesungguhnya tuti sudah sangat letih lahir dan batin. Dalam dua bulan ini, tak lain kerjanya daripada untuk perkumpulan. Mula-mula kongres Putri Sedar yang sangat banyak meminta tenaganya sebagai ketua cabang Jakarta yang harus mengatur kongres itu. Sudah itu kongres Perikatan Perkumpulan Perempuan di sala pula (Hal. 89).

Berdasarkan kartu data yang telah dijelaskan dapat disimpulkan bahwa nilai feminisme yang dominan dalam novel layar terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah perjuangan kaum perempuan terhadap persamaan hak untuk memperjuangkan kebebasan diri.  Ada tiga jenis feminisme yang terdapat dalam novel Layar Terkembang yakni (1) feminisme Radikal, (2) feminisme liberal, dan (2) feminisme anarkis. Latar belakang terjadinya feminisme dalam novel Layar Terkembang yakni keinginan pengarang untuk menonjolkan sisi feminisme yang sedang terjadi ketika itu, pada tahun pembuatan novel Layar Terkembang perempuan banyak yang mengikuti organisasi.
4.3    Deskripsi Data Tes dan Analisis Hasil Tes
4.3.1        Data Hasil Tes
Berikut ini merupakan deskripsi data hasil tes siswa. Tes yang digunakan adalah tes tulis, dengan bentuk soal uraian sebanyak 3 butir soal. Adapun pengolahannya menggunakan rumus yang telah dijabarkan pada tahap pengolahan data.  Pada bab sebelumnya juga telah dibahas, bahwa pemberian skor pada setiap soal ditentukan oleh pedoman penskoran yang telah dibuat terlebih dahulu.
Berikut ini merupakan hasil tes siswa secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 4.2
Perolehan Nilai Hasil Tes Siswa Kelas XI IPS 5
SMA Negeri 1 Cilaku
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
Keterangan
An
Mjf
Mcf
Min
1
Agni Yulia Fauzia
15
15
15
37
82
Baik
2
Agus Firmansyah
15
15
15
25
70
Sedang
3
Aji Pratama
25
11
15
25
76
Cukup
4
Aldi Rizaldi Nurrohmat
15
15
15
25
70
Sedang
5
Anisa Putri Andini
15
15
15
50
95
Sempurna
6
Aprillia Nurakhni Agustina
15
15
15
50
95
Sempurna
7
Astuti
20
15
15
37
87
baik
8
Azka Ahdika
10
11
11
25
57
Kurang
9
Eman Sulaeman
10
15
15
12
52
Kurang
10
Endang Susanto
15
15
15
50
95
Sempurna
11
Fajar Putra Saepul Rahman
10
15
15
37
77
Cukup
12
Ilham Ahdia Firdaus
10
11
11
37
69
Sedang
13
Maulana Yusuf
15
15
11
50
91
Sempurna
14
Meta Mutmainah
15
15
15
37
82
Baik
15
Mohammad Ismail Firmansyah
10
15
15
12
52
Kurang
16
Muhamad Taofik Alfahri
15
15
15
25
70
Sedang
17
Muhammad Andika
15
15
15
25
70
Sedang
18
Muhammad Ilham Muharam
10
15
11
37
73
Cukup
19
Muhammad Rasid Siregar
10
15
11
37
73
Cukup
20
Neng Merliana
15
15
15
37
82
Baik
21
Nugraha Jaya Permana
10
15
15
37
77
Cukup
22
Oktavia Salsabila
15
11
15
50
91
Sempurna
23
Rizal Aidi
10
11
11
25
57
Kurang
24
Sherli Marlina
15
15
15
37
82
Baik
25
Siti Nurmala
15
15
11
50
91
Sempurna
26
Sultan Fikri Sukadipraja
15
15
15
37
82
Baik
27
Teja Gustiawan
15
11
15
50
91
Sempurna
28
Ulfah Halimatus Sa"Diyah
15
11
11
50
87
Baik
29
Yanto Julyanto
10
15
11
37
73
Cukup
Jumlah
2249
Rata-rata
77.55
Keterangan:
An       = analisis nilai feminisme
Mjf      = kemampuan menunjukan jenis feminisme
Mcf     = kemampuan menunjukan ciri-ciri feminisme
Min      = menilai isi novel dikauitkan dengan lingkungan

4.3.2   Analisis Data Tes

             Berdasarkan deskripsi data yang ada pada tabel 4.2, diketahui bahwa nilai tertinggi kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran analisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana yaitu 95. Nilai terendah siswa dalam menanalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana yaitu 52. Nilai rata-rata siswa dalam menganalisis nilai feminisme novel Layar Terkembang yaitu 77,55. Hal tersebut menandakan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku berkemampuan baik dalam menganalisis unsur feminisme novel. Nilai-nilai tersebut selanjutnya direkap dalam distribusi nilai di bawah ini. Hal ini dimaksudkan untuk melihat nilai rata-rata keseluruhan dari frekuensi setiap skala serta frekuensi nilai mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi, secara jelas rekapitulasi nilai yang dimaksud adalah sebagai berikut.
Tabel 4.3
Persentase Nilai
No
Nilai
F
Persentase (%)
Kriteria
1
91-100
7
24,13%
Sempurna
2
81-90
7
24,13%
Baik
3
71-80
6
20,68%
Cukup
4
61-70
5
17,24%
Sedang
5
50-60
4
13,79%
Kurang

Keterangan :
Nilai rata-rata = Jumlah F.N : jumlah F
Persentase =         F                 x 100%
                        Jumlah F 

Sebagai contoh : misalnya siswa yang mendapat nilai 91-100 berjumlah sebanyak 7 orang, maka persentasenya adalah 24,13%. Diperoleh dari :
                        Persentase =  (7:29) x100% = 24,13%
            Berdasarkan tabel 4.3 diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah 77,5. Apabila dihubungkan pada tabel penentuan patokan persentase maka rata-rata nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Hal ini berarti bahwa siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Cilaku mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Adapun kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku secara lebih rinci dapat diuraikan sebagai berikut.
1.      Kemampuan menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana tertinggi yaitu 91-100 sebanyak 7 orang  maka nilai tersebut termasuk dalam kategori sempurna. Hal ini berarti sebanyak 24,13% siswa sudah mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
2.      Siswa yang mendapat nilai 81-90 sebanyak 7 orang,  dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori  baik. Hal ini berarti sebanyak 24,13%  siswa mempunyai kemampuan yang baik dalam menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
3.      Siswa yang mendapat nilai 71-80 berjumlah 6 orang ( 20,68%), dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup. Artinya sebanyak 20,68% siswa cukup mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
4.      Siswa yang mendapat nilai 61-70 berjumlah 5 orang (17,24%), dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Artinya sebanyak 17,24% siswa masih kurang mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
5.      Siswa yang mendapat nilai 51-60 berjumlah 4 orang (13,79%), dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori kurang. Artinya sebanyak 13,79% siswa kurang mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa masih sedikit siswa yang mampu menganalis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana dengan sangat baik.


4.4    Deskripsi Data dan Analisis Hasil Angket
4.4.1   Deskripsi Data
Data angket adalah data yang berbentuk soal sebanyak 4 butir soal pilihan ganda. Adapun pengolahannya menggunakan rumus yang telah dijelaskan pada teknik pengolahan data yaitu sebagai berikut.


Persentase =  Frekuensi Jawaban x 100
                        Jumlah Siswa
 



            Hasil pengumpulan data angket selanjutnya dimasukkan pada tabel kemudian dijumlahkan, setiap tabel memuat satu pertanyaan sehingga jawabannya terlihat jelas. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini.                  
Tabel 4.4
Hasil Angket Siswa
No
Pertanyaan
Jawaban
F
%
1
Apakah anda sudah membaca novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir Alisyahbana?
a.    Sering
0
0%
b.    Pernah
1
3,57%
c.    Kadang-kadang
0
0%
d.    Tidak Pernah
28
96,5%
Jumlah
29
100%
2
Apakah bahasa yang digunakan dalam novel Layar Terkembang dapat anda pahami dengan mudah?
a.    Sangat Mudah
0
0%
b.    Mudah
0
0%
c.    Cukup Mudah
0
0%
d.    Sulit
29
100%
Jawaban
29
100%
3
Apakah anda mengalami kesulitan dalam menganalisis nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana?
a.    Sering Mengalami
0
0%
b.    Mengalami
28
96,5%
c.    Jarang mengalami
0
0%
d.    Tidak mengalami
1
3,57%
Jawaban
29
100%
4
Apakah anda setuju apabila novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA?
a.    Sangat Setuju
0
0%
b.    Setuju
9
31,03%
c.    Kurang setuju
19
65,51%
d.    Tidak setuju
5
17,24%
Jawaban
29
100%

4.4.2   Analisis Hasil Data Angket
a.    Penafsiran Data Angket No 1
Pertanyaan angket no 1 berkaitan dengan ketertarikan siswa terhadap novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Data menunjukkan bahwa sebanyak 1 orang siswa (3,57%) pernah membaca novel Layar Terkembang, artinya yang tidak pernah membaca novel tersebut dan sebanyak 1 orang (3,57%). Data ini dapat digunakan untuk menunjang kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai bahan ajar.
b.    Penafsiran Data Angket No 2
Pertanyaan angket no 2 berkaitan dengan penggunaan bahasa dalam novel Layar Terkembang. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahasa yang digunakan dalam novel ini dapat dipahami dengan baik oleh siswa atau tidak. Data menunjukkan bahwa sebanyak 29 orang (100%) menjawab bahwa bahasa yang digunakan dalam novel kurang bisa dipahami.
Data ini dapat menunjang kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar, artinya jika banyak siswa yang setuju bahwa bahasa yang digunakan dalam novel sulit dipahami, maka novel ini dari segi bahasa tidak layak digunakan sebagai bahan ajar.
c.       Penafsiran Data Angket No 3
Pertanyaan angket no 3 berkaitan dengan hambatan siswa dalam menganalisis unsur feminisme novel Layar Terkembang. Data menunjukkan bahwa sebanyak 28 orang  siswa (96,5%) mengalami kesulitan dalam menganalisis, dan sebanyak 1 orang siswa (3,57%) tidak mengalami kesulitan. Data di atas menunjukkan bahwa lebih banyak siswa yang mengalami kesulitan dibandingkan dengan yang tidak mengalami kesulitan. Menurut pengamatan yang dilakukan  hal ini disebabkan karena bahasa yang digunakan dalam novel Layar Terkembang adalah bahasa melayu dan kurangnya kemampuan mereka dalam memahami tentang aspek-aspek feminisme itu sendiri. Hal ini mempertegas bahwa ternyata sastra memang tidak berdiri sendiri, sastra berhubungan dengan ilmu-ilmu lain, dalam hal ini sastra berhubungan dengan sosiologi. Jadi pada dasarnya, untuk menganalisis sebuah karya sastra, pengetahuan kita terhadap ilmu-ilmu lain memang dibutuhkan.  
d.    Penafsiran Data Angket No 4
Pertanyaan angket no 4 berkaitan dengan kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap novel Layar Terkembang apabila dijadikan sebagai bahan ajar. Data menunjukkan bahwa sebanyak 9 orang (31,03%) menyetujui novel Layar Terkembang untuk dijadikan bahan ajar, tetapi sebanyak 19 orang siswa (65,51%) kurang  setuju, dan sebanyak 5 orang siswa (17,24%) tidak setuju apabila novel Layar Terkembang dijadikan sebagai bahan ajar.
Berkaitan dengan tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai bahan ajar, maka berikut ini merupakan pembahasan dari data angket yang telah diperoleh. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa sebanyak 96,5% siswa tidak pernah membaca novel Layar Terkembang, dan selanjutya berkaitan dengan bahasa dalam novel sebanyak 29% siswa menjawab bahwa bahasa yan digunakan dalam novel sulit mereka pahami, kemudian berkaitan dengan setuju atau tidaknya novel Layar Terkembang ini dijadikan sebagai bahan ajar sebanyak 65,51% siswa kurang menyetujui novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar sastra. Hal ini dapat dipergunakan sebagai penunjang kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar.
4.5         Pembahasan
4.5.1 Nilai-nilai Feminisme
Berdasarkan kartu data yang telah dijelaskan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa nilai feminisme yang dominan dalam novel layar terkembang karya STA adalah perjuangan kaum perempuan terhadap persamaan hak dalam memperjuangkan kebebasan diri. 
4.5.2 Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Novel
Nilai rata-rata kemampuan menganalisis nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah 77,55. Apabila dihubungkan pada tabel penentuan patokan persentase maka rata-rata nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Hal ini berarti bahwa siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Cilaku mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Adapun kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku secara lebih rinci dapat diuraikan sebagai berikut.
1.      Kemampuan menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana tertinggi yaitu 91-100 sebanyak 5 orang  maka nilai tersebut termasuk dalam kategori sempurna. Hal ini berarti sebanyak 17,24% siswa sudah mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
2.      Siswa yang mendapat nilai 81-90 sebanyak 11 orang,  dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori  baik. Hal ini berarti sebanyak 37,93%  siswa mempunyai kemampuan yang baik dalam menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
3.      Siswa yang mendapat nilai 71-80 berjumlah 7 orang ( 24,13 %), dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup. Artinya sebanyak 24,13 % siswa cukup mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
4.      Siswa yang mendapat nilai 61-70 berjumlah 3 orang (10,34%), dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Artinya sebanyak 10,34% siswa masih kurang mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
5.      Siswa yang mendapat nilai 51-60 berjumlah 3 orang (10,34%), dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori kurang. Artinya sebanyak 10,34% siswa kurang mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa masih sedikit siswa yang mampu menganalis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana dengan sangat baik.
4.5.3 Kelayakan Novel sebagai Bahan Ajar
Berkaitan dengan tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai bahan ajar, maka berikut ini merupakan pembahasan dari data angket yang telah diperoleh. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa sebanyak 96,5% siswa tidak pernah membaca novel Layar Terkembang, dan selanjutya berkaitan dengan bahasa dalam novel sebanyak 29% siswa menjawab bahwa bahasa yang digunakan dalam novel sulit mereka pahami, kemudian berkaitan dengan setuju atau tidaknya novel Layar Terkembang ini dijadikan sebagai bahan ajar sebanyak 65,51% siswa kurang menyetujui novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar sastra. Hal ini dapat dipergunakan sebagai penunjang kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar. Dari hasil angket dapat ditarik kesimpulan bahwa novel Layar Terkembang tidak layak dijadikan sebagai bahan pembelajaran.


BAB V
PENUTUP

5.1    Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan tentang Analisi Nilai Feminisme Pada Novel Lauyar Terkembang Karya Sutan Takdir Alisyahbana Sebagai Bahan Pembelajaran Di Kelas XI SMAN 1 Cilaku Tahun Ajar 2015-2016. Dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.
1.      Novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir Alisyahbana perjuangan kaum perempuan dalam menuntut adanya persamaan hak, kesadaran kaum perempuan akan ketidakadilan gender, dan kesadaran perempuan bahwa gender bukan sebagai sifat kodrati.
2.      Nilai rata-rata kemampuan menganalisis nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah 77,55. Apabila dihubungkan pada tabel penentuan patokan persentase maka rata-rata nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Hal ini berarti bahwa siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Cilaku mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
3.      Kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai bahan ajar, maka berikut ini merupakan pembahasan dari data angket yang telah diperoleh. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa sebanyak 96,5% siswa tidak pernah membaca novel Layar Terkembang, dan selanjutya berkaitan dengan bahasa dalam novel sebanyak 29% siswa


menjawab bahwa bahasa yang digunakan dalam novel sulit mereka pahami, kemudian berkaitan dengan setuju atau tidaknya novel Layar Terkembang ini dijadikan sebagai bahan ajar sebanyak 65,51% siswa kurang menyetujui novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar sastra. Hal ini dapat dipergunakan sebagai penunjang kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar. Dari hasil angket dapat ditarik kesimpulan bahwa novel Layar Terkembang tidak layak dijadikan sebagai bahan pembelajaran.

5.2    Saran
Setelah mengambil simpulan, maka penulis dapat menarik saran berdasarkan hal-hal yang telah dijelaskan, saran dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.      Bagi guru bidang studi bahasa Indonesia
Guru bahasa Indonesia diharapkan bisa lebih memperkaya bahan ajar sastra dibandingkan yang sudah ada. Penggunaan buku-buku paket sebagai buku sumber memang penting, akan tetapi alangkah lebih baiknya jika para guru juga peka terhadap karya sastra lama, sedang hangat atau baru muncul saat ini. Kemudian saran lainnya agar para guru lebih pandai mengkolaborasikan metode dan teknik belajar, sehingga pembelajaran sastra tidak bersifat monoton. Kemudian diharapkan juga agar para guru meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya sendiri dalam bidang sastra.
2.      Lembaga Sekolah Menengah
Saran untuk lembaga sekolah, yaitu supaya lebih memperbanyak buku-buku sumber ataupun buku-buku sastra di perpustakaan  baik itu tentang teori sastra maupun karya-karya sastra yang sedang berkembang. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menarik perhatian siswa agar lebih gemar membaca.
3.      Dinas Pendidikan
Saran untuk lembaga Dinas Pendidikan yaitu supaya memperbanyak buku-buku pengetahuan tentang sastra dan buku-buku sastra fiksi di perpustakaan daerah. Hal ini dimaksudkan agar para pelajar, baik itu siswa menengah ataupun mahasiswa lebih mudah mencari buku yang dibutuhkan sehingga tidak perlu jauh-jauh mencari ke luar kota.
4.      Bagi siswa
Saran untuk  siswa yaitu supaya lebih meningkatkan kegemaran membaca karena dengan membaca bisa membuka cakrawala kita tentang dunia


                                                                       


                                                DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 2013. Layar Terkembang. Jakarta: Balai Pustaka.
Al-ZanZami, Abul Nizam. 2016. Feminisme Bukanlah Emansipasi. [online]. Tersedia: https://nizamatang.files.wordpress.com/2016/01/feminisme-bukanlah-emansipasi/ [09 Juni 2016].
Aminuddin. 2002. Pengantar Apresiasi Larya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Estem, Mursal. 2007. Kesusastraan, Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.
Ezmir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Fakih, Mansour. 2003. Analisis Gender Dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Frondizi, Risieri. 2007. Filsafat Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilma. 2015. Wajah Sastra dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. [online]. Tersedia: http://www.bangkudepan.com/wajah-sastra-dalam-pembelajaran -bahasa-indonesia-pada-kurikulum-2013 [12 Januari 2016].
Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Nurgiantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Putri. Aveni. 2014. Philosophy Feminisme. [online]. Tersedia: http://avenie-putri-fib13.web.unair.ac.id/artikel_detail-102645-Philosophy-FEMINISME.html [22 juni 2016].

Qodratillah, Meity Takdir, dkk. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ristiani, Iis. 2012. Kajian dan Apresiasi Puisi dan Prosa. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Saryono, Djoko. 2009. Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Elmaterap Publising.
Sofia, Adib. 2009. Kritik Sastra Feminis “Perempuan dalam Karya-karya Kuntowijoyo”. Yogyakarta: Citra Pustaka Yogyakarta.
Sudjiman, Panuti.1991. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: UI Press.
Sugihastuti dan Suharto. 2002. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Sumardjo, Jacob dan Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia
­­­ Sumardjo, Jacob dan Saini K.M. 1991. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.
Surakhmad, Winarto. 1998. Pengentar penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsino.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Tristana, Rajiv windi. 2015. Berkembangnya Peran Wanita Dalam Dunia politik indonesia di era Postmodern-feminisme. [online]. Tersedia: http://www.kompasiana.com/sepakterjang-peran-wanita-dalam-politik-indonesia/berkembangnya-peran-wanita-dalam-dunia-politik-indonesia-di-era-postmodern-feminisme_[13 April 2016].
Wiyatmi. 2012. Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Ombak.


DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1
1.1  Sinopsis Novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana
Lampiran 2
2.1    Surat Keputusan Dekan FKIP mengenai Judul Skripsi
2.2    Surat Permohonan Izin Penelitian Untuk Dinas Pendidikan
2.3    Surat Izin Penelitian dari Dinas Pendidikan
2.4    Surat Permohonan Izin Penelitian Untuk Sekolah
2.1    Surat Keterangan Penelitian dari Sekolah
Lampiran 3
3.1    Lembar Angket Siswa
3.2    Lembar Hasil Angket Siswa
3.3    Lembar Soal Siswa
3.4    Lembar Hasil Jawaban Siswa
Lampiran 4

4.3    Dokumentasi Penelitian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ARTIKEL ILMIAH

Analisis Cerpen "Anak Kebanggaan"

Analisis Novel "Hapalan Shalat Delisa"