skripsi "ANALISIS NILAI FEMINISME PADA NOVEL LAYAR TERKEMBANG"
ANALISIS NILAI
FEMINISME PADA NOVEL LAYAR TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN DI KELAS
XI SMAN 1 CILAKU TAHUN 2015/2016
SKRIPSI
Diajukan
untuk Memenuhi Sebagian dari
Syarat
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
pada
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
oleh
LENGGI IRAWAN
NPM
8820112016
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SURYAKANCANA CIANJUR
2016
DAFTAR
ISI
PERNYATAAN............................................................................................. i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
ABSTRAK...................................................................................................... v
DAFTAR ISI................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL ......................................................................................... ix
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah............................................................................ 1
1.2
Pembatasan dan Perumusan
Masalah........................................................ 4
1.2.1 Pembatasan
Masalah............................................................................... 4
1.2.2 Perumusan
Masalah................................................................................ 4
1.3
Tujuan dan Manfaat
Penelitian.................................................................. 5
1.3.1
Tujuan Penelitian.................................................................................... 5
1.3.2
Manfaat Penelitian.................................................................................. 5
1.4 Anggapan
Dasar........................................................................................ 6
BAB II NILAI
FEMINISME NOVEL LAYAR TERKEMBANG, DAN PEMBELAJARANNYA
2.1
Hakikat Nilai ............................................................................................ 8
2.2
Feminisme ................................................................................................ 9
2.2.1 Pengertian
Feminisme ........................................................................... 9
2.2.2 Ciri-ciri
Feminisme ................................................................................ 10
2.2.3 Faktor
Penyebab Feminisme .................................................................. 11
2.2.6 Jenis
Feminisme ..................................................................................... 11
2.3
Pembelajaran ............................................................................................ 16
2.4
Pembelajaran Sastra ................................................................................. 16
2.4.1
Pengertian Pembelajaran
Sastra ............................................................. 16
2.4.2
Tujuan Pembelajaran
Sastra .................................................................. 17
2.5 Penelitian Nilai Feminisme dalam Novel Layar
Terkembang ................ 18
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Metodologi
Penelitian............................................................................... 20
3.2 Populasi
dan Sampel Penelitian................................................................. 20
3.2.1 Populasi
Penelitian.................................................................................. 20
3.2.2 Sampel
Penelitian.................................................................................... 21
3.2 Definisi
Oprasional.................................................................................... 22
3.3 Instrumen
Penelitian.................................................................................. 23
3.5 Langkah-langkah
Penelitian...................................................................... 25
3.5 Langkah-langkah Pembelajaran Nilai Feminisme ................................... 26
3.6 Prosedur
Pengolahan Data........................................................................ 27
BAB IV ANALISIS
DATA DAN PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
4.1 Deskripsi Data Novel................................................................................. 32
4.1.1 Identitas Novel........................................................................................ 32
4.1.2 Identitas Pengarang................................................................................. 32
4.2 Deskripsi Data Nilai
Feminisme Novel Layar Terkembang...................... 34
4.3 Deskripsi Data Tes dan Analisis Hasil Tes............................................... 40
4.3.1 Data Hasil Tes......................................................................................... 40
4.3.2 Analisis Data Tes..................................................................................... 42
4.4 Deskripsi Data dan Hasil Angket.............................................................. 45
4.4.1 Deskripsi Data......................................................................................... 45
4.4.2 Analisis Hasil Data Angket..................................................................... 46
4.5 Pembahasan................................................................................................ 48
4.5.1 Nilai-nilai Feminisme.............................................................................. 48
4.5.2 Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Novel...................................... 49
4.5.3 Kelayakan Novel Layar
Terkembang sebagai Bahan Ajar..................... 50
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan................................................................................................ 52
5.2 Saran.......................................................................................................... 53
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................... 55
DAFTAR
LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Populasi Penelitian........................................................................ 21
Tabel 3.2 Jumlah dan Pembagian Sampel Siswa......................................... 22
Tabel 3.3 Kisi-kisi Angket............................................................................ 24
Tabel 3.4 Kisi-kisi Soal Tes.......................................................................... 24
Tabel 3.5 Pedoman Penskoran...................................................................... 29
Tabel 3.6 Penentuan Interval
Persentase Tingkat Pemahaman..................... 31
Tabel
4.1 Data
Nilai-nilai Feminisme dalam Novel Layar Terkembang.... 35
Tabel 4.2 Perolehan Nilai Hasil
Tes Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1
.................. Cilaku............................................................................................ 40
Tabel 4.3 Persentase
Nilai............................................................................. 42
Tabel 4.4 Hasil Angket Siswa....................................................................... 45
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Feminisme adalah gerakan
wanita yang menuntut persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria.
Pengertian feminisme juga dikemukakan oleh
Goefe (dalam Sugihastuti dan Suharto, 2002:18) adalah teori tentang
persamaan hak antara laki-laki dan perempuan di segala bidang. Suatu kegiatan
terorganisasi yang memperjuangkan hak-hak serta kepentingan perempuan. Hal ini
disebabkan perempuan selalu mengalami ketimpangan gender selama ini.
Perempuan dalam pandangan feminisme mempunyai
aktivitas dan inisiatif sendiri untuk memperjuangkan hak dan kepentingan
tersebut dalam gerakan untuk menuntut haknya sebagai manusia secara penuh
(Kridalaksana dalam Sofia,
2009:13).
Permasalahan
perempuan lebih banyak berkaitan dengan kesetaraan gender. Feminisme, khusunya
masalah-masalah mengenai wanita pada umumnya dikaitkan dengan emansipasi,
gerakan kaum perempuan untuk menuntut persamaan hak dengan kaum laki-laki, baik
dalam bidang politik, ekonomi maupun bidang sosial lainnya.
Dalam kenyataannya feminisme sudah menguasai segala aspek kehidupan. Perempuan dapat meraih
pendidikan setinggi apa yang mereka inginkan. Bahkan
kesempatan
untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri pun sekarang ini banyak didapat oleh
kalangan perempuan.
Dalam
dunia karir, perempuan kini tidak sungkan lagi untuk
masuk ke dalamnya. Dengan prinsip penyetaraan gender, mereka bahkan bisa
bersifat dominan dalam karir yang mereka jalani dibandingkan dengan laki-laki. Dunia politik
juga tidak dilewati oleh peran perempuan di dalamnya, bahkan sekarang setiap partai politik pasti memiliki kader
dan anggota seorang perempuan. Selain itu perempuan di Indonesia juga
semakin mendapat jalan lebih luas untuk berperan aktif dalam kancah
politik. Sekarang
dapat dilihat bahwa dalam dunia politik, perempuan sudah berada dalam masa modern karena kita tahu bahwa partisipasi perempuan dalam politik jauh lebih
banyak dibanding dulu, yang mana peran perempuan cenderung pasif dan tidak mau tahu. Namun,
sekarang semakin terlihat bahwa dalam dunia politik, perempuan sudah mau meninggalkan
masa modern dan akan beralih kepada masa post-modern hal itu terlihat dari
semakin dominannya peran wanita itu sendiri, bahkan di Indonesia perempuan bisa menjabat sebagai kepala negara. (Tristana dalam http://www.kompasiana.com/sepakterjang-peran-wanita-dalam-politik-indonesia/berkembangnya-peran-wanita-dalam-dunia-politik-indonesia-di-era-postmodern-feminisme)
Dalam sastra,
feminisme sudah dipermasalahkan sejak tahun 1920-an, ditandai dengan hadirnya
novel-novel Balai Pustaka, dengan mengemukakan masalah-masalah kawin paksa,
yang kemudian dilanjutkan pada periode 1930-an yang diawali dengan novel Layar Terkembang karangan Sutan Takdir
Alisyahbana.
Pemikiran feminisme tentang kesetaraan gender sudah banyak diterima dan
didukung baik oleh kalangan perempuan maupun kalangan laki-laki. Dukungan ini
terlihat melalui penerimaan masyarakat terhadap kaum perempuan di bidang-bidang
yang tadinya hanya didominasi oleh kaum laki-laki.
Fenomena yang terjadi di lingkungan sekolah yakni, kurangnya pengetahuan
siswa perempuan mengenai nilai-nilai feminisme sehingga mereka pasif dalam dalam
kegiatan berorganisasi di lingkungan sekolah.
Dengan
menganalisis nilai-nilai feminisme yang
terdapat pada novel, diharapkan mampu mengubah pola pikir siswa
perempuan yang pasif dalam kegiatan berorganisasi menjadi lebih aktif, kreatif,
dan kritis serta mampu
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat ikut serta
dalam kegiatan-kegiatan organisasi sekolah dan luar sekolah atau bahkan dapat
mendominasi organisasi-organisasi tersebut dan bisa sejajar dengan siswa
laki-laki yang selalu mendominasi. Selain
itu, mengapresiasi nilai feminisme
yang terdapat pada novel diharapkan mampu memberikan pendidikan lebih mengenai
nilai feminisme sehingga dapat merubah pola pikir siswa tentang persamaan hak
antara laki-laki dan perempuan serta mampu mengaplikasikannya di lingkungan
masyarakat.
Dalam pendidikan siswa
dilibatkan dalam pegalaman melalui sebuah karya sastra yang mencerminkan
kehidupan dalam dunia “nyata” supaya ia memahami bahwa dalam kehidupan banyak
persoalan yang terjadi, baik persoalan yang menyangkut hubungan antara dirinya
dengan Tuhan, dengan masyarakat sekitar (sesama manusia), maupun hubungan
dirinya dengan alam. Siswa diharapkan mampu memahami dan mengapresiasi
nilai-nilai dalam karya sastra, serta mampu megapresiasi hubungannya sebagai
makhuk dengan khaliknya. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru bahasa indonesia
memerlukan persiapan secara khusus terutama dalam menentukan bahan ajar.
Pada
dasarnya pembelajaran sastra merupakan salah satu jenis pengajaran yang ingin
memperkenalkan kepada siswa berbagai nilai yang dikandung karya sastra, dan
mengajak siswa untuk dapat menghargai pengalaman-pengalaman yang terdapat di
dalamnya (Ristiani, 2012:61).
Berdasarkan fenomena yang telah dijelaskan di atas,
perlu kiranya dilaksanakan suatu penelitian yang berjudul ANALISIS NILAI FEMINISME PADA NOVEL LAYAR
TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA
SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMAN 1 CILAKU
TAHUN 2015/2016.
1.2 Pembatasan
dan Perumusan Masalah
1.2.1 Pembatasan
Masalah
Untuk
menghindari salah penafsiran terhadap penelitian yang penulis lakukan, maka
penelitian ini dibatasi kepada hal-hal berikut.
1)
Analisis
nilai feminisme yang terdapat pada novel Layar
Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
2)
Kemampuan
siswa dalam mengungkap unsur feminisme.
3)
Kelayakan
novel Layar Terkembang karya Sutan
Takdir Alisyahbana sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku.
1.2.2 Perumusan
Masalah
Berdasarkan masalah yang penulis ajukan di atas, maka penulis merumuskan
masalah penelitian sebagai berikut.
1)
Nilai-nilai
feminisme apa saja yang terkandung dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana?
2)
Bagaimana
kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme?
3)
Bagaimanakah kelayakan
novel Layar Terkembang karya Sutan
Takdir Alisyahbana sebagai bahan pembelajaran
sastra di kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku?
1.3 Tujuan penelitian dan Manfaat Penelitian
1.3.1 Tujuan
Penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah penelitian yang telah dikemukakan, maka
penelitian ini bertujuan untuk,
1)
Mengetahui
nilai-nilai feminisme apa saja yang terkandung dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
2)
Mengetahui
bagaimana kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme.
3)
Mengetahui
kelayakan novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana untuk dijadikan bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku.
1.3.2
Manfaat
Penelitian
Penelitian ini mempunyai manfaat secara
teoritis maupun praktis.
1)
Manfaat
Teoretis
a)
Memperoleh
data tentang nilai feminisme pada novel Layar
Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sehingga dapat memperoleh wawasan
yang berhubungan dengan masalah tersebut.
b)
Mengetahui
bagaimana kemampuan siswa dalam mengungkap unsur feminisme.
c)
Memudahkan guru bahasa dan sastra Indonesia dalam memilih bahan
pembelajaran apresiasi novel.
2)
Manfaat Praktis
a)
Bagi penulis yaitu menambah wawasan dan pengalaman baru dalam
menganalisis novel yang bernuansakan perbedaan gender.
b)
Bagi guru dapat dijadikan acuan dan masukan untuk dapat lebih menghargai
nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra dapat menambah kualitas membaca
siswa.
c)
Bagi sekolah yaitu dapat dijadikan gambaran dalam meningkatkan mutu
pendidikan khususnya dalam bidang kesusastraan.
d)
Bagi siswa yaitu sebagai latihan dalam menganalisis nila-nilai feminisme
dalam novel Layar
Terkembang secara terbimbing.
1.4 Anggapan
Dasar
Anggapan
dasar adalah sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang akan
berfungsi sebagai hal-hal yang dipakai untuk tempat berpijak bagi peneliti di
dalam melaksanakn penelitiannya (Arikunto, 2006:65).
Dalam
penelitian yang penulis lakukan, penulis mengemukakan anggapan dasar sebagai
berikut.
1)
Novel
merupakan karya fiksi yang menyajikan berbagai masalah kehidupan.
2)
Pembelajaran
novel merupakan bagian dari pengajaran sastra
3)
Secara
teoretis novel dapat dianalisis ke dalam berbagai komponen unsur
pembangunnya dan nilai-nilai
kesusastraan yang salah satunya dapat diungkapkan dalam nilai feminisme pada
novel Layar Terkembang karya Sutan
Takdir Alisyahbana.
4)
Karya
sastra yang mencerminkan kehidupan sosial atau cermin masyarakat dapat dikaji
dalam kesusastraan.
5)
Analisis
nilai yang terdapat pada novel Layar
Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana merupakan salah satu cara untuk
mengetahui nilai feminisme.
BAB II
Nilai Feminisme pada Novel Layar Terkembang dan Pembelajarannya
2.1
Hakikat
Nilai
Pada
dasarnya yang dimaksud dengan nilai adalah sifat-sifat atau hal-hal yang
bermanfaat bagi manusia dan selalu dikaitkan dengan kebaikan, kemaslahatan, dan keluhuran. Nilai
menunjukkan kepada suatu konsep yang dikukuhi individu atau anggota suatu
masyarakat secara kolektif mengenai sesuatu
yang diharapkan dan berpengaruh terhadap pemilihan cara dan tujuan
tindakan. Nilai merupakan suatu yang amat dihargai dan dijunjung tinggi oleh
manusia.
Sementara
itu, Ahmadi dan Uhbiyati (1991: 69) mengatakan bahwa nilai adalah sesuatu yang abstrak, tetapi secara
fungsional mempunyai ciri yang mampu
membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Suatu nilai jika dihayati seseorang maka nilai-nilai tersebut akan
sangat berpengaruh terhadap cara berpikir, bersikap, maupun bertindak.
Nilai
bersifat objektif dan subjektif, tergantung dari sudut pandang yang memberikan penilaian. Nilai bersifat objektif
jika ia tidak bergantung pada subjek
atau kesadaran yang menilai. Nilai juga dapat bersifat subjektif jika
eksistensi makna dan validitasnya tergantung pada reaksi subjek yang melakukan
penilaian (Frondizi, 2007: 20). Oleh karena itu, nilai bukan merupakan benda
atau pengalaman, juga bukan esensi, nilai adalah nilai (Frondizi, 2007: 7).
Berpijak
pada penjelasan di atas, nilai adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan
pandangan seseorang tentang baik buruk, layak dan tidak layak, adil dan
tidak
adil, dan sebagainya. Oleh karena nilai merupakan hal-hal yang penting dan bermanfaat bagi manusia maka
nilai dapat memberikan kepuasan lahiriah dan batiniah.
2.2
Feminisme
2.2.1
Pengertian
Feminisme
Feminisme adalah gerakan
wanita yang menuntut persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria.
Pengertian feminisme juga dikemukakan oleh
Goefe (dalam Sugihastuti dan Suharto, 2002:18) adalah teori tentang
persamaan hak antara laki-laki dan perempuan di segala bidang. Suatu kegiatan
terorganisasi yang memperjuangkan hak-hak serta kepentingan perempuan. Hal ini
disebabkan perempuan selalu mengalami ketimpangan gender selama ini.
Menurut
Fakih (dalam Sofia,2009:14) feminisme
berangkat dari asumsi bahwa perempuan pada dasarnya ditindas dan dieksploitasi.
Feminisme merupakan perjuangan dalam rangka mentransformasikan sistem yang
dahulu tidak adil menuju ke sistem yang lebih adil bagi kedua jenis kelamin.
Hakikat feminisme adalah gerakan transformasi sosial. Puncak cita-cita feminis
adalah menciptakan sebuah tatanan baru yang lebih baik dan lebih adil untuk
laki-laki dan perempuan.
Feminisme
sebagai sebuah teori yang mengungkapkan harga diri pribadi dan harga diri semua
perempuan (Wolf dalam Sofia, 2009:13). Istilah “menjadi feminis” bagi Wolf,
harus diartikan dengan “menjadi manusia”. Pada pemahaman demikian, seorang perempuan
akan percaya pada diri mereka sendiri.
Budianta
(dalam Sofia, 2009:
13) mengartikan feminisme sebagai suatu kritik ideologis terhadap cara pandang
yang mengabaikan permasalahan ketimpangan dan ketidakadilan dalam pemberian
peran dan identitas sosial berdasarkan perbedaan jenis kelamin.
Perempuan
dalam pandangan feminisme mempunyi aktivitas dan inisiatif sendiri untuk
memperjuangkan hak dan kepentingan tersebut dalam gerakan untuk menuntut haknya
sebagai manusia secara penuh (Kridalaksana dalam Sofia, 2009:13).
Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan
bahwa feminisme merupakan aliran pemikiran dan gerakan sosial kaum feminis
(perempuan) yang menginginkan adanya penghargaan dalam memperjuangkan hak-hak
perempuan dan kesetaraan gender. Feminis merupakan gerakan yang
dilakukan oleh wanita untuk menolak segala sesuatu yang dimarginalisasikan,
disubordinasikan, dan direndahkan oleh kebudayaan yang dominan, baik dalam
tataran politik, ekonomi, maupun kehidupan sosial lainnya.
2.2.2
Ciri-ciri Feminisme
Ciri-ciri dapat didefinisikan sebagai kekhasan yang
melekat pada sebuah objek atau benda sehingga membedakannya dengan benda-benda
lain atau objek lain. Menurut Putri (dalam http://avenie-putri-fib13.web.unair.ac.id/artikel_detail-102645-Philosophy-FEMINISME.html) feminisme memiliki tiga ciri dasar yang khas untuk
dapat membedakannya, yakni "(1) Menyadari akan adanya ketidakadilan gender, (2)
memaknai bahwa gender bukan sebagai sifat kodrati, (3) memperjuangkan adanya
persamaan hak".
2.2.3
Faktor Penyebab Feminisme
Pada abad 18-19
M yaitu pada gelombang pertama terjadi pembodohan terhadap perempuan, hal ini diakibatkan karena
perempuan menjadi nomor dua atau second line. Seperti halnya yang kita ketahui di sejarah-sejarah pada sebelumnya,
perempuan hanya bisa meramu makanan, sedangkan yang laki-laki berburu, mencari
bahan makanan dan sebagainya. Di sini jelas terlihat bahwa perempuan tidak
diberikan kepercayaan untuk ikut andil dalam membantu
laki-laki. Gerakan feminisme lahir sebagai awal
kebangkitan perempuan untuk menggeser status makhluk kedua setelah laki-laki di
dunia ini. Gerakan feminisme timbul sebagai
bentuk protes terhadap norma-norma sosial yang berlaku pada saat itu (Al-zanzami dalam https://nizamatang.files.wordpress.com/2016/01/feminisme-bukanlah-emansipasi).
Terlihat jelas bahwa faktor penyebab
lahirnya feminisme adalah tidak diberikannya kepercayaan kepada kaum perempuan
untuk dapat membatu laki-laki, sehingga kaum perempuan melakukan protes
terhadap norma-norma yang berlaku pada masa itu. Perempuan menginginkan
persamaan hak sehingga tidak ada second
line.
2.2.4 Jenis Feminisme
1)
Feminisme Liberal
Menurut
Fakih (dalam sofia, 2009:14) Feminisme liberal adalah feminisme yang memandang adanya kolerasi positif antara partisipasi
dalam produksi dan status perempuan.
Kaum feminis
liberal berkeinginan agar manusia, laki-laki dan perempuan mengembangkan
kepribadiannya yang tidak mengaitkan derajat hierarki dengan jenis kelaminnya
(androgini) (Tong dalam Wiyatmi, 2012:19).
Feminisme
liberal memandang wanita perlu
diperjuangkan sepenuhnya sama dengan laki-laki baik itu hak suara, pendidikan
maupun kesamaan dalam hukum. Jadi
wanita memiliki kebebasan individual dan secara penuh.
Feminisme liberal ini melahirkan hukum, tatanan dan aturan termasuk norma
yang dikonvensi secara lisan dalam tradisional yang bertanggung jawab atas
penindasan dan subordinasi wanita. Masyarakat menganggap wanita secara ilmiah
kurang memiliki kemampuan intelektualitas dan fisik maka dianggap tidak layak
untuk diberi peran di lingkungan publik.
2) Feminisme Anarkis
Feminisme
Anarkis lebih bersifat sebagai suatu paham politik yang mencita-citakan
masyarakat sosialis dan menganggap negara dan sistem patriaki-dominasi lelaki
adalah sumber permasalahan yang sesegera mungkin harus dihancurkan.
3) Feminisme Radikal
Feminisme radikal
beranggapan bahwa penguasaan fisik perempuan oleh laki-laki, seperti hubungan
seksual adalah bentuk penindasan terhadap kaum perempuan, bagi penganut
feminism radikal, patriarki adalah dasar dari ideologi penindasan yang
merupakan sistem hierarki seksual yang dalam hal ini laki-laki memiliki
kekuasaan superior dan privilage
ekonomi (Sofia, 2009:13).
Menurut
Anshori, dkk. (dalam Ezmir, 2015:134) menyebutkan bahwa feminisme radikal dapat
diinterpretasikan dengan berbagai cara antara lain.
a.
Secara historis perempuan merupakan kelompok tertindas yang pertama di
dunia. Bentuk penindasan berikutnya adalah penindasan berdasarkan warna kulit
(negro), penindasan budak dan buruh (perbudakan) dan lain-lainnya.
b.
Penindasan atas perempuan terjadi secara universal, meluas dan hampir di
seluruh masyarakat dunia. Akan tetapi perbudakan, misalnya hanya ditemukan di
negara-negara tertentu.
c.
Penindasan terhadap perempuan adalah bentuk penindasan yang paling sulit
untuk dihapuskan oleh suatu undang-undang atau suatu perubahan sosial seperti
yang terjadi dalam kasus penghapusan pengkelasan dalam masyarakat.
d.
Penindasan terhadap perempuan menyebabkan krbannya sangat menderita secara
kuantitatif dan kualitatif. Akam tetapi, penderitaan ini acap kali tidak
terkenali sebagai akibat prasangka negatif menurut acuan jenis kelamin dari
pihak yang tertindas (perempuan) dan yang menindas (laki-laki) bahwa hal
tersebut sudah merupakan suatu kewajaran dan alami.
Aliran
ini bertumpu pada pandangan bahwa penindasan terhadap perempuan terjadi akibat
sistem patriarki. Tubuh perempuan merupakan objek utama penindasan oleh
kekuasaan laki-laki. Oleh karena itu, feminisme radikal mempermasalahkan antara
lain tubuh serta hak-hak reproduksi, seksualitas (termasuk lesbianisme),
seksisme, relasi kuasa perempuan dan laki-laki, dan dikotomi.
4) Feminisme Posmodern
Menurut Tong
(dalam Wiyatmi, 20012:14) mengatakan bahwa feminisme posmodern memandang dengan
curiga setiap pemikiran feminis yang berusaha memberikan suatu penjelasan
tertentu mengenai penyebab opresi terhadap perempuan, atau sepuluh langkah
tertentu yang harus diambil perempuan untuk mencapai kebebasan.
Feminisme modern ialah ide yang anti
absolut dan anti otoritas, gagalnya modernitas dan pemilahan secara
berbeda-beda tiap fenomena sosial karena penentangannya pada penguniversalan
pengetahuan ilmiah dan sejarah. Mereka berpendapat bahwa gender tidak bermakna
identitas atau struktur sosial.
Posmodern berusaha untuk menghindari setiap tindakan yang akan
mengembalikan pemikiran falogosentrisme
atau setiap gagasan yang mengacu pada kata (logos) yang bergaya “laki-laki”.
5) Feminisme
Marxis
Feminisme marxis berpendapat bahwa kelasisme sebagai penyebab opresi
(penindasan) terhadap perempuan. Opresi terhadap perempuan tersebut bukanlah
hasil tindakan sengaja dari satu individu, melainkan produk dari struktur
politik, sosial, dan ekonomi tempat stuktur itu hidup (Tong dalam Wiyatmi,
2006:139).
Menurut Hum (dalam Wiyatmi, 2012:18) tujuan dari feminisme marxis adalah
mendeskripsikan basis material produksi dan status perempuan, serta menerapkan
teori perempuan dan kelas pada peran keluarga.
Ihromi (dalam Ezmir, 2015:133) mengemukakan bahwa feminis marxis
memfokuskan pada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan perempuan, bagaimana
pranata keluarga dikaitkan dengan sistem kapitalisme, bagaimana pekerjaan
perempuan dalam mengurus rumah tangga tidak dianggap penting dan dianggap bukan
pekerjaan, bagaimana jika perempuan itu terjun dalam pasar tenaga kerja diberi
pekerjaan yang membosankan dan memperoleh upah lebih rendah dibanding dengan
laki-laki.
Kaum
Feminis Marxis, menganggap bahwa negara bersifat kapitalis yakni menganggap
bahwa negara bukan hanya sekadar institusi tetapi juga perwujudan dari
interaksi atau hubungan sosial. Kaum Marxis berpendapat bahwa negara memiliki
kemampuan untuk memelihara kesejahteraan, namun disisi lain, negara bersifat
kapitalisme yang menggunakan sistem perbudakan kaum wanita sebagai pekerja. Jika kapitalisme tumbang
maka struktur masyarakat dapat diperbaiki dan penindasan terhadap perempuan
dihapus.
6) Feminisme
Sosialis
Menurut Ihromi (dalam Ezmir, 2015:133) feminisme
sosial adalah hidup dalam masyarakat yang kapitalistik bukan satu-satunya
penyebab keterbelakangan perempuan sebagai perempuan.
Menurut feminisme sosial, kehidupan perempuan dalam
masyarakat burjois (kapitalistik) bukan satu-satunya penyebab keterbelakangan
pada perempuan. Banyak penyebab keterbelakangan pada perempuan, salah satunya
kehidupan masyarakat yang kapitalistik.
Dapat disimpulkan bahwa feminisme dikelompokan kedalam
lima jenis, yakni (1) feminisme liberal, (2) feminisme radikal, (3) feminisme posmodern, (4) feminisme marxis, dan (5) feminisme
sosialis. Setiap jenis feminisme memiliki pandangan berbeda
dengan feminisme lain. Feminisme liberal memandang wanita perlu diperjuangkan sepenuhnya sama dengan laki-laki baik itu hak
suara, pendidikan maupun kesamaan dalam hukum. Sedangkan feminisme radikal beranggapan bahwa penguasaan fisik perempuan oleh
laki-laki merupakan suatu penindasan terhadap perempuan. Sementara itu, feminisme
posmodern memandang dengan curiga setiap pemikiran feminis yang berusaha
memberikan suatu penjelasan tertentu mengenai penyebab opresi terhadap
perempuan untuk mencapai kebebasan. Lain halnya dengan feminisme marxis yang berpendapat bahwa kelasisme sebagai penyebab opresi
(penindasan) terhadap perempuan. Jenis feminisme sosial beranggapan bahwa
kehidupan perempuan dalam masyarakat burjois (kapitalistik) bukan satu-satunya
penyebab keterbelakangan pada perempuan. Banyak penyebab keterbelakangan pada
perempuan, salah satunya kehidupan masyarakat yang kapitalistik.
2.3 Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau
makhluk hidup belajar. Pembelajaran bukanlah aktivitas, sesuatu yang dilakukan
oleh seseorang ketika ia tidak melakukan aktivitas yang lain (Wenger dalam
Huda, 2014:2).
Menurut Gagne (dalam Huda, 2014:3) mengatakan pembelajaran dapat
diartikan sebagai proses modifikasi dalam kapasitas manusia yang bisa dipertahankan
dan ditingkatkan levelnya.
Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara
disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku
tertentu. Pembelajaran merupakan subjek khusus dari pendidikan (Corey dalam
Majid, 2014:4).
2.4 Pembelajaran
Sastra
2.4.1 Pengertian
Pembelajaran Sastra
Pada
dasarnya pembelajaran sastra merupakan salah satu jenis pengajaran yang ingin
memperkenalkan kepada siswa berbagai nilai yang dikandung karya sastra, dan
mengajak siswa untuk dapat menghargai pengalaman-pengalaman yang terdapat di
dalamnya (Ristiani, 2012:61).
Pengajaran sastra membutuhkan keterampilan yang
memadai dalam hal cara menyampaikan pesan yang terkandung di dalamnya untuk
bisa ditransfer kepada peserta didik sebagai penikmat (Ezmir, 2015:223).
Menurut Rosenblatt (dalam Ezmir, 2015:223) menegaskan
bahwa pengajaran sastra melibatkan peneguhan kesadaran tentang sikap etik.
Pengajaran sastra haruslah memampukan siswa menemukan hubungan antara
pengalamannya dengan karya sastra yang bersangkutan (Probst dalam Ezmir,
2015:224).
Dari beberpa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran sastra adalah suatu cara untuk memperkenalkan nilai-nilai yang
terkandung dalam karya sastra. Dalam penyampaiannya pun dibutuhkan keterampilan
yang memadai agar pesan yang terkandung dalam karya sastra dapat disampaikan
dengan baik.
Pembelajaran sastra pun dapat memperkuat kesadaran
siswa dalam bersikap sehingga dapat membuat siswa menemukan hubungan antara
pengalamannya dengan karya sastra.
2.4.2 Tujuan
Pembelajaran Sastra
Tujuan pengajaran sastra menurut Gani (dalam
Ezmir,2015:225) adalah dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk memperoleh
pengalaman sastra, sehingga sasaran akhirnya dalam wujud pembinaan apresiasi
sastra dapat tercapai.
Menurut Gani (dalam Ristiani,
2012:63) menyebutkan bahwa tujuan
pembelajaran sastra sebagai berikut.
1) Memfokuskan siswa pada pemilikan gagasan dan perhatian yang lebih besar
terhadapa masalah kemanusiaan dalam bentuk ekspresi yang mencerminkan prilaku
kemanusiaan.
2) Membawa siswa pada kesadaran dan peneguhan sikap yang lebih maju
terhadap moral, keyakinan nilai-nilai. Pemikiran perasaan bersalah dan
ketaksaan dari masyarakat atau pribadi siswa.
3) Mengajak siswa mempertanyakan isu yang sangat berkaitan dengan dengan
perilaku personal.
4) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperjelas dan memperdalam
dalam pengertian-pengertiannya tentang keyakinan-keyakinan, perasaan-perasaan,
dan prilaku kemanusiaan dan;
5) Membantu siswa lebih mengenal dirinya yang memungkinkannya bersikap
lebih arif terhadap dirinya dan terhadap orang lain secara lebih cerdas penuh
pertimbangan dan kehangatan dan penuh
simpati.
Menurut beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan
bahwa tujuan dari pembelajaran sastra adalah untuk memberikan pengalaman sastra
kepada siswa, memfokuskan siswa dalam memilih gagasan, memupuk kesadaran siswa
dalam segala aspek, membuat siswa lebih kritis, dan membatu siswa untuk lebih
mengenal dirinya sendiri.
2.5
Penelitian Nilai Feminisme dalam Novel Layar
Terkembang
Berikut adalah hasil
penelitian dari beberapa sumber peneltian.
Menurut penelitian Wiyatmi dalam bukunya yang berjudul
Kritik Sastra Feminisme, mengatakan
bahwa Tuti menggambarkan kondisi perempuan masa lampau sampai pada zamannya
yang berada dalam belenggu penindasan patriarkat. Hal itu tergambar dalam
penggalan kutipan berikut.
Dalam pidatonya Tuti melakukan kritik terhadap kondisi
tersebut dan mengemukakan gagasan mengenai apa yang seharusnya dilakukan para
perempuan zamannya untu melawan penindasan tersebut dan menunjukan
eksistensinya (Wiyatmi, 2012: 59).
Menurut
penelitian Abdurahman Wahid, dkk. (dalam Ezmir, 2015: 143-144) mengungkapkan
bahwa.
Dalam novel tersebut karakter utamanya digambarkan seorang perempuan
(Tuti) yang cerdas dan mandiri serta sebagai ketua organisasi perempuan, yaitu
“Poetri Sedar”. Tuti sebagai ketua organisasi memiliki pandangan yang sangat
luas ke depan, yaitu sebagaimana analisis takdir yang cukup tajam
memprediksikan bagaimana perempuan dimasa lalu, sekarang dan akan datang. Hal
ini dijelaskan oleh Gusdur bahwa Tuti dalam Layar Terkembang dipandang sebagai
perempuan yang memiliki wawasan, sikap, dan cara hidup yang melampaui
batas-batas zamannya.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1
Metodologi
Penelitian
Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan
tujuan untuk memperoleh gambaran secara jelas dalam menganalisis nilai-nilai
feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana yang dijadikan sebagai bahan pembelajaran
sastra dalam bahasa indonesia.
3.2
Populasi
dan Sampel Penelitian
3.2.1 Populasi
Penelitian
Populasi
adalah sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan
sampel; suatu kumpulan yang memenuhi syarat tertentu yang berkaitan dengan
masalah penelitian (Qodratilah,
2011:422). Hal ini juga senada dengan apa yang dikemukakan Surakhmad (1998:93)
bahwa populasi merupakan sasaran yang ingin dicapai atau diselidiki dalam suatu
penelitian, baik berupa manusia, nilai-nilai tes, benda-benda atau peristiwa.
Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Cilaku
yang secara keseluruhan berjumlah 294 orang yang tersebar dalam sembilan kelas
dan dikelompokkan lagi ke dalam dua jurusan, yakni empat kelas jurusan Ilmu
Alam, lima kelas jurusan Ilmu Sosial, Secara
jelas, rincian siswa berdasarkan jenis kelaminnya dapat dilihat pada tabel
berikut ini.
Tabel
3.1
Populasi
Penelitian
KELAS
|
JENIS
KELAMIN
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
XI
IPA 1
|
21
|
16
|
37
|
XI
IPA 2
|
22
|
19
|
41
|
XI
IPA 3
|
13
|
23
|
36
|
XI
IPA 4
|
16
|
19
|
35
|
XI
IPS 1
|
20
|
14
|
34
|
XI
IPS 2
|
16
|
14
|
30
|
XI
IPS 3
|
15
|
7
|
22
|
XI
IPS 4
|
19
|
11
|
30
|
XI IPS 5
|
19
|
10
|
29
|
JUMLAH
|
161
|
133
|
294
|
Sumber: Dokumen Kelas XI Siswa SMA Negeri 1 Cilaku
3.2.2 Sampel
Penelitian
Menurut Qodratilah (2011:469) sampel
adalah sesuatu yang digunakan untuk
menunjukkan sifat suatu kelompok yang lebih besar atau bagian kecil yang
mewakili kelompok atau keseluruhan yang lebih besar. Dari pengertian tersebut
dapat kita simpulkan bahwa sampel penelitian
adalah sebagian kelompok yang dijadikan contoh penelitian yang sifatnya
mewakili atau memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan populasinya.
Seperti halnya dalam
populasi, sampel pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri
1 Cilaku yang berjumlah 29 orang. Sampel ini diambil satu kelas dari jumlah
keseluruhan kelas XI. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel
penelitian ini adalah teknik purposive sampel. Untuk pengambilan sampel yang resfentatif,
selanjutnya Arikunto (2006:120) mengemukakan
sebagai berikut.
Pengambilan
sampel dilakukan apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua
sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah
subjeknya besar dapat diambil antara 10% - 15% atau 20% - 25% atau lebih.
Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini merupakan penelitian sampel karena tidak
semua siswa dijadikan populasi melainkan diambil sebagian.
Tabel 3.2
Jumlah
dan Pembagian Sampel Siswa
KELAS
|
JENIS
KELAMIN
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
XI IPS 5
|
19
|
20
|
29
|
3.3
Definisi
Oprasional
Agar tidak terjadi salah
penafsiran terhadap masalah yang dibahas dalam penelitian ini, maka disajikan
definisi oprasional variabel penelitian yang meliputi analisis, unsur
feminisme, novel, dan bahan pembelajaran sastra.
1) Analisis
yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kegiatan mengkaji atau menyelidiki
atau penyelidikan yang mendalam terhadap unsur Feminisme novel yang berjudul Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana.
2) Unsur feminis merupakan unsur ekstrinsik
novel yang ada hubungannya dengan karakter, perilaku, bahasa, dan kebiasaan
yang terdapat dalam novel karya Sutan Takdir Alisyahbana.
3) Novel merupakan cerita rekaan yang
unsur-unsur pembentuknya mempunyai ukuran panjang dan lebar karena mengizinkan
adanya digresi yang mengisahkan berbagai fragmen kehidupan manusia yang
disajikan dalam bahasa yang imajinatif.
4) Bahan pembelajaran sastra merupakan
komponen dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi pengetahuan, keterampilan,
dan sikap yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran.
3.4 Instumen
Penelitian
Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini secara garis besar terbagi dalam dua bagian yaitu lembar
angket, dan lembar soal siswa/tes. Alat-alat penelitian yang dimaksud yaitu
sebagai berikut.
1)
PanduanAngket
Seperti
telah dijelaskan pada teknik penelitian bahwa angket yang digunakan pada
penelitian adalah jenis angket tertutup. Lembar
angket ini berupa sejumlah pertanyaan yang berupa pilihan ganda
berjumlah empat butir petanyaan dengan masing-masing soal mengandung empat
butir alternatif jawaban. Teknik angket ini
digunakan untuk mengukur kelayakan novel Layar
Terkembang sebagai bahan pembelajaran sastra. Tetapi,
sebelum merumuskan pertanyaan dibuat terlebih dahulu kisi-kisi untuk angket
tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memperjelas setiap masalah yang ingin
ditanyakan kepada siswa. Berikut ini dijelaskan secara rinci mengenai kisi-kisi
angket tersebut.
Tabel
3.3
Kisi –kisi Angket
No
|
Masalah
|
Jumlah
Pertanyaan
|
1
|
Pengetahuan siswa terhadap novel Layar Terkembang
|
1
|
2
|
Hambatan
siswa dalam memahami karya sastra.
|
1
|
3
|
Kelayakan
novel Layar
Terkembang apabila
dijadikan bahan ajar.
|
1
|
4
|
Penggunaan
bahasa dalam novel Layar Terkembang.
|
1
|
2)
Lembar
Soal Siswa
Lembar soal siswa
ini berupa pertanyaan yang dikhususkan untuk siswa dalam upaya mencari dan
mengkaji serta menentukan nilai feminisme yang ada dalam novel. Lembar soal
siswa ini bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai kemampuan siswa dalam
memahami dan mendeskripsikan nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Lembar soal siswa
ini berupa soal esai (menganalisis
novel) sebanyak lima butir soal. Berikut ini merupakan kisi-kisi soal
lembar tes siswa.
Tabel 3.4
Kisi-kisi Soal Tes
No
|
Jenis Aspek
|
Soal
|
1
|
Kemampuan dalam menganalisis nilai-nilai feminisme
dalam novel Layar Terkembang
|
1
|
2
|
Kemampuan dalam menunjukan jenis feminisme dalam
novel layar terkembang
|
1
|
3
|
Kemampuan dalam menunjukan ciri feminisme dalam
novel layar terkembang
|
1
|
4
|
Kemampuan siswa dalam menilai isi novel dikaitkan
dengan lingkungan saat ini
|
1
|
3.4 Langkah–langkah
Penelitian
1) Tahap
Persiapan
Tahap pertama dari
penelitian ini dimulai dengan mempersiapkan
bahan-bahan dan alat-alat penunjang penelitian, seperti kartu data, angket, dan
lembar soal untuk siswa.
2) Tahap Pengumpulan Data
Sebelum
mengumpulkan data, dipersiapkan terlebih dahulu instrumen penelitiannya. Tahap
pengumpulan data ini terbagi dari dua tahap yakni tahap pembagian instrumen yang berupa lembar angket
dan lembar soal siswa, dan tahap selanjutnya adalah tahap pengumpulan data
yaitu pengumpulan angket dan pengumpulan hasil kerja siswa.
3) Tahap Pengolahan dan
Analisis Data
Tahap
pengolahan data dan analisis data dilakukan sesuai dengan teknik penelitian
yang digunakan. Tahap pertama yaitu pengaturan data yang dilanjutkan dengan
tahap pengklasifikasian data. Setelah data tersebut diklasifikasikan kemudian
dilakukan kajian atau analisis terhadap data tersebut dan selanjutnya dilakukan
pendeskripsian hasil penelitian.
4) Penyusunan dan Penulisan Hasil Penelitian
Setelah data terkumpul dan proses di
lapangan selesai dilakukan, tahap terakhir yang dilakukan adalah penyusunan
hasil penelitian. Dalam menyusun laporan peneliti berkonsultasi dengan
pembimbing supaya mendapat petunjuk dalam hal-hal yang berkaitan dengan isi dan
teknik penulisan.
2.5 Langkah-langkah
Pembelajaran Nilai Feminisme Novel Layar
Terkembang
Pembelajaran nilai feminisme di sekolah dilakukan dengan cara
menganalisis sebuah novel feminisme, yakni novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Pembelajaran
feminisme dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a)
Peserta didik
diberikan informasi mengenai novel dan nilai-nilai feminisme
b)
Peserta didik
dibagi kedalam beberapa kelompok
c)
Membagikan novel Layar Terkembang kepada setiap kelompok
d)
Peserta didik
diperintahkan untuk membaca dan menganalisis novel Layar Terkembang untuk mencari nilai-nilai feminisme dalam novel
tersebut
e)
Peserta didik
mendiskusikan temuannya dalam kelompok masing-masing
f)
Peserta didik
menyampaikan kajiannya di depan kelas
g)
Peserta didik
diberi tes mengenai apa yang telah mereka analisis
Tes tersebut
dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman peserta didik mengenai nilai-nilai
feminisme dalam novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana
3.6 Prosedur
Pengolahan Data
3.6.1
Pengolahan
Analisis Isi
Data yang terkumpul melalui analisis
isi akan berupa data berbentuk deskripsi kata-kata.
ada
beberapa tahap sebagai prosedur untuk membuahkan hasil penelitian yang baik
dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1)
Membaca novel Layar
Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana
yang dijadikan sampel penelitian.
2) Mengidentifikasi
setiap kutipan yang terdapat dalam novel
Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana berdasarkan aspek feminisme.
3) Mencatat
kutipan-kutipan yang mengandung nilai feminisme
dalam novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana.
4) Memberikan
komentar terhadap setiap kutipan-kutipan yang telah dicatat dari novel Layar
Terkembang.
5) Menyimpulkan
hasil kajian.
3.6.2 Pengolahan Data Angket
Untuk
mengetahui hasil dari angket yang telah disebar kepada sejumlah responden maka
dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.
a.
Pemeriksaan
Angket
Setelah angket terkumpul,
kemudian dilakukan pemeriksaan kembali terhadap setiap jawaban yang diberikan
oleh responden. Apakah setiap pertanyaan telah dijawab, dan kalau menjawab
apakah cara menjawabnya betul, dll.
b.
Penampilan
Data
Data yang diperoleh dari
penelitian kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel.
c.
Penafsiran
Data
Angket yang sudah disebar
kepada sejumlah responden dihitung dan dianalisis hasilnya melalui
prosedur-prosedur berikut.
1)
Menghitung semua jawaban
yang diberikan responden (siswa).
2)
Mengklasifikasikan semua
jawaban yang sama.
3)
Menyusun data dalam
bentuk tabel (mentabulasi) setiap
jawaban yang diberikan siswa.
4)
Menjumlahkan dan
mempresentasekan setiap jawaban yang diberikan siswa melalui rumus berikut.
Persentase = Frekuensi Jawaban x 100
Jumlah Siswa
|
3.6.3
Pengolahan
Hasil
Tes
Setelah lembar soal siswa
disebar dan data terkumpul maka selanjutnya untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam menganalisis unsur
feminisme novel dilakukan proses
pengolahan data. Berikut ini merupakan langkah-langkah proses pengolahan tes
tertulis tersebut.
1.
Membaca jawaban hasil analisis siswa.
2.
Menganalisis hasil kerja siswa.
3.
Menandai kesalahan yang terdapat dalam hasil analisis siswa.
4.
Memberikan skor kepada masing-masing jawaban dengan mengikuti pedoman penskoran
yang telah dibuat sebelumnya.
Berikut
ini merupakan pedoman penskoran untuk masing-masing soal yang diberikan kepada
siswa. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 3.5
Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek Yang Diamati
|
Skala
|
Bobot
|
Skor
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
1.
|
Kemampuan
siswa dalam menganalisis
|
|
|
|
|
4
|
20
|
||
2.
|
Kemampuan dalam menunjukan jenis feminisme
|
|
|
|
|
3
|
15
|
||
3
|
Kemampuan dalam menunjukan ciri-ciri feminisme
|
|
|
|
|
2
|
15
|
||
4
|
Kemampuan dalam menilai isi novel dikaitkan dengan
lingkungan saat ini
|
|
|
|
|
5
|
50
|
||
Skor Maksimal
|
100
|
||||||||
Kriteria
Penskoran:
1)
Kemampuan Menganalisis
Skala 4:
Skala 3:
Skala 2:
Skala 1:
|
Jika siswa
dapat menuliskan 7-8 kutipan nilai feminisme.
Jika siswa
dapat menuliskan 5-6 kutipan nilai feminisme.
Jika siswa
dapat menuliskan 3-4 kutipan nilai feminisme.
Jika siswa
dapat menuliskan 1-2 kutipan nilai feminisme.
|
2)
Kemampuan dalam
menunjukan jenis-jenis feminisme
Skala
4:
Skala
3:
Skala
2:
Skala
1:
|
Jika siswa
dapat menunjukan 3
ciri nilai feminisme.
Jika siswa
dapat menunjukan 2
ciri nilai feminisme.
Jika siswa
dapat menunjukan 1
ciri nilai feminisme.
Jika siswa
tidak dapat menunjukan ciri nilai feminisme.
|
3)
Kemampuan dalam
menunjukan ciri-ciri nilai feminisme
Skala
4:
Skala
3:
Skala
2:
Skala
1:
|
Jika siswa
dapat menunjukan 3
ciri nilai feminisme.
Jika siswa
dapat menunjukan 2 ciri
nilai feminisme.
Jika siswa
dapat menunjukan 1 ciri
nilai feminisme.
Jika siswa
tidak dapat menunjukan ciri nilai feminisme.
|
4)
Kemampuan dalam
menilai isi novel dikaitkan dengan lingkungan saat ini
Skala 4:
Skala 3:
Skala 2:
Skala 1:
|
Jika alasan penilaian siswa sangat
sesuai dengan isi novel dan lingkungan saat ini.
Jika alasan penilaian siswa
sesuai dengan isi novel dan lingkungan saat ini.
Jika alasan penilaian siswa
kurang sesuai dengan isi novel dan lingkungan saat ini.
Jika alasan penilaian siswa
tidak sesuai dengan isi novel dan lingkungan saat ini.
|
5.
Memberikan skor kepada
semua hasil analisis yang telah dibuat oleh siswa dengan menggunakan rumus :
Nilai
= Skor Siswa x
100
Jumlah Skor Ideal (100)
|
6.
Mengubah nilai skor siswa
dalam skala seratus dengan menggunakan rumus sebagai berikut.
Hasil
skala skor nilai dikategorikan sebagai berikut.
Tabel 3.6
Penentuan Interval Persentase Tingkat Pemahaman
Interval Persentase
Tingkat Penguasaan
|
Nilai Ubahan Skala Seratus
|
Keterangan
|
96% - 100%
|
100
|
Sempurna
|
86% - 95%
|
90
|
Baik sekali
|
76% - 85%
|
80
|
Baik
|
66% - 75%
|
70
|
Cukup
|
56% - 65%
|
60
|
Sedang
|
46% - 55%
|
50
|
Hampir Sedang
|
36% - 45%
|
40
|
Kurang
|
26% - 35%
|
30
|
Kurang Sekali
|
16% - 25%
|
20
|
Buruk
|
0% - 15%
|
10
|
Buruk Sekali
|
(Nurgiantoro,
2002:321).
7.
Langkah terakhir adalah
mendeskripsikan nilai siswa tersebut berdasarkan nilai kuantitatif dan
kualitatif skala seratus yang telah diperoleh.
BAB IV
ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN
HASIL PENELITIAN
4.1 Deskripsi Data Novel
4.1.1 Identitas Novel
Judul Buku : Layar Terkembang
Pengarang : Sutan Takdir Alisyahbana
Tahun
Terbit : 2013
Penerbit : PT Balai Pustaka
(Persero)
Jumlah
Halaman : 208
4.1.2 Identitas Pengarang
Sutan Takdir
Alisjahbana, (11 Februari 1908 – 17 Juli 1994), adalah salah seorang
sastrawan Indonesia. Menamatkan HKS di Bandung (1928), meraih Mr. dari Sekolah
Tinggi di Jakarta (1942), dan menerima Dr. Honoris Causa dari UI (1979) dan
Universiti Sains, Penang, Malaysia (1987). Diberi nama Takdir karena jari
tangannya hanya ada 4.
Pernah menjadi redaktur Panji Pustaka dan
Balai Pustaka (1930-1933), kemudian mendirikan dan memimpin majalah Pujangga
Baru(1933-1942 dan 1948-1953), Pembina Bahasa Indonesia (1947-1952), dan
Konfrontasi (1954-1962). Pernah menjadi guru HKS di Palembang (1928-1929),
dosen Bahasa Indonesia, Sejarah, dan Kebudayaan di UI (1946-1948), guru besar
Bahasa Indonesia, Filsafat
Kesusastraan dan Kebudayaan di Universitas Nasional, Jakarta
(1950-1958), guru besar Tata Bahasa Indonesia di Universitas Andalas, Padang
(1956-1958), dan guru besar & Ketua Departemen Studi Melayu Universitas
Malaya, Kuala Lumpur (1963-1968).
Sebagai anggota Partai Sosialis Indonesia,
Sutan Takdir Alisjahbana (STA) pernah menjadi anggota parlemen (1945-1949),
anggota Komite Nasional Indonesia, dan anggota Konstituante (1950-1960). Selain
itu, ia menjadi anggota Societe de linguitique de Paris (sejak 1951), anggota
Commite of Directors of the International Federation of Philosophical Sociaties
(1954-1959), anggota Board of Directors of the Study Mankind, AS (sejak 1968),
anggota World Futures Studies Federation, Roma (sejak 1974), dan anggota
kehormatan Koninklijk Institute voor Taal, Land en Volkenkunde, Belanda (sejak
1976). Dia juga pernah menjadi Rektor Universitas Nasional, Jakarta, Ketua
Akademi Jakarta (1970-1994), dan pemimpin umum majalah Ilmu dan Budaya
(1979-1994), dan Direktur Balai Seni Toyabungkah, Bali.
Sutan Takdir Alisyahbana adalah motor dan
pejuang gerakan pujangga Baru. Dia dilahirkan di Natal, Tapanuli Selatan, puda
tanggal 11I Pebruari 1908. Buku roman pertamanya adalah Tak putus Dirundung
Malang yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, tempat dia bekerja. Mula-mula Sutan
Takdir Alisyahbana bersekolah di HD Bangkahulu, kemudian melanjutkan ke
Kweekschool di Muara Enim, dan HBS di Bandung. Setelah itu, ia melanjutkan ke
perguruan tinggi, yaitu RHS ( Recht Hoge School) di Jakarta.
Pada tahun 1942 Sutan Takdir Alisyahbana mendapat gelar Meester in de
rechten (Sarjana Hukum).
Selain itu, Takdir mengikuii titiatrtentang
ilmu bahasa umum, kebudayaan Asia, dan filsafat. Peranan Sutan Takdir
Alisyahbana dalam bidang sastra, budaya, dan bahasa sangat besar. Ia telah
menulis beberapa judul buku yang berhubungan dengan ketiga bidang tersebut.
Kiprahnya di dunia sastra dimulai dengan tulisannya Tak Putus Dirundung Malang
(1929). Disusul dengan karyanya yang lain, yaitu Diam Tak Kunjung padam (1932),
Layar Terkembang 1936, Anak Perawan di Sarang Penyamun (1941l), Grotta Azzura
(1970), Tebaran Mega, Kalah dan Menang (1978), Puisi Lama (1941), dan puisi
Baru (1946). Karyanya yang lain yang bukan berupa karya sastra ialah Tata
bahasa Bahasa Indonesia (1936), Pembimbing ke Filsafat (1946), Dari perjuangan
dan Pertumbuhan Bahasa Indonesia (1957), dan Revolusi Masyarikat "dan
Kebudayaan di indonesia (1966).
Salah satu karyanya yang mendapat sorotan
masyarakat dan para peminat sastra yaitu Layar Terkembang. Novel ini telah
mengalami cetak ulang beberapa kali. Selain itu, Layar Terkembang merupakan
cerminan cita-citanya. Dalam novel ini Takdir merenuangkan gagasannya dalam
memajukan masyarakat, terutama gagasan memajukan peranan kaum wanita. cita-cita
Takdir digambarkannya melalui tokoh Tuti sebagai wanita Indonesia yang
berpikiran maju yang aktif dalam pergerakan wanita. Layar Terkembang merupakan
puncak karya sastra Pujangga Baru.
4.2 Deskripsi Data
Nilai Feminisme Novel Layar Terkembang
Novel Layar Terkembang merupakan sebuah novel
yang memperkenalkan masalah wanita Indonesia yang mulai merangkak pada
pemikiran modern. Kaum wanita mulai bangkit untuk memperjuangkan hak-haknya
sebagai wanita berwawasan luas, serta bercita-cita mandiri. Dalam novel ini,
diceritakan tentang kaum wanita yang mulai bangkit untuk memperjuangkan
hak-haknya yang mempunyai wawasan luas dan bercita-cita tinggi.
Berikut ini merupakan data-data yang telah
diperoleh mengenai nilai-nilai feminisme
merujuk pada teori Yubahar Ilyas dalam Putri. Untuk
lebih jelasnya perhatikan tabel berikut ini.
Tabel 4.1
Data Nilai-nilai Feminisme
dalam Novel Layar Terkembang
No
|
Ciri-ciri Feminisme
|
Jenis Feminisme
|
Faktor Penyebab
|
Data/Kutipan
|
1
|
Nilai feminisme yang berhubungan dengan kesadaran
akan ketidakadilan gender.
|
Feminisme
Radikal
|
Perempuan menganggap bahwa mereka hanyalah budak
yang harus bekerja untuk laki-laki
|
"Hitam,
hitam sekali penghidupan perempuan bangsa kita di masa yang silam, lebih
hitam, lebih kelam dari malam yang gelap. Perempuan bukan perempuan seperti
laki-laki yang mempunyai pikiran dan pemandangan sendiri, yang mempunyai
hidup sendiri, perempuan hanya hamba sahaya, perempuan hanya budak yang harus
bekerja dan melahirkan anak bagi laki-laki, dengan tiada mempunyai hak.
Setinggi-tingginya ia menjadi perhiasan, menjadi permainan yang
dimulia-muliakan selagi disukai, tetapi dibuang dan ditukar apabila telah
kabur cahayanya, telah hilang sarinya (Hal. 42).
|
Feminisme
Liberal
|
Pemikiran orang tua yang masih belum terbuka akan
pendidikan formal.
|
Di
manakah pula dahulu orang tua berdaya-upaya hendak mengajar anaknya
pengetahuan yang lain daripada yang perlu untuk perkawinan seperti masak dan
menjahit? Sampai sekarang masih sering kita mendengar orang tua berkata,
"Apa gunanya anak masuk sekolah ini atau sekolah anu? Sekaliannya itu
akan percuma saja, sebab kesudahannya ia masuk kedapur juga. Demikian
perempuan tinggal bodoh dan oleh bodohnya lebih bergantunlah ia kepada kaum
laki-laki, makin mudahlah laki-laki menjadikannya hambanya dan permainannya (Hal. 46),
|
||
Kekesalan kaum perempuan akan perlakuan laki-laki
yang tidak memperbolehkan perempuan menjadi diri sendiri.
|
Pendidikan
budi pekerti perempuan semata-mata ditunjukan untuk keperluan laki-laki.
Segala sifat lemah itulah dijadikan sifat perempuan tiada boleh lekas-lekas,
berbicara dan tertawa tiada boleh lekas-lekas, berbicara dan tertawa tiada
boleh keras-keras. Dalam segala hal ia harus halus (Hal. 46).
|
|||
Dengan
jalan demikianlah, maka perempuan kita sekarang tidak berharga sedikit jua
pun. Segala sifat-sifatntya sebagai manusia menjadi layuh, oleh didikan
masyarakat dan orang tua yang semata-mata menuju ke arah perkawinan (Hal. 46).
|
||||
|
Dan dari
perempuan yang telah dimatikan semangatnya serupa itu, orang masih berani
berharap lahirnya suatu keturunan yang kuat. Adakah, saudara-saudara,
permintaan yang lebih gila daripada itu? (Hal. 47).
|
|||
|
Diulangnya
ucapan yang menggambarkan perempuan yang bebas, yang mempunyai pribadi
sendiri, yang dikehendaki oleh Putri Sedar, dimintanya supaya sekalian
perkataan Tuti itu dipikirkan dan dianjurkannya sekalian perempuan yang hadir
untuk berjuang bagi kepentingan kaum perempuan (Hal. 49).
|
|||
2
|
Nilai feminisme yang berhubungan dengan pernyataan bahwa
gender bukan sebagai sifat kodrati.
|
Feminisme
Liberal
|
Keinginan untuk hidup bebas tanpa adanya ikatan dan
lebih memilih karir.
|
Yang
tiada suka melakukan yang berlawanan dengan kata hatinya, malahan yang tiada
hendak kawin, apabila perkawinan itu baginya berarti melepaskan hak-haknya
sebagai manusia yang mempunyai hidup sendiri dan berupa mencari perlindungan
dan meminta kasihan. Ya, pendeknya serratus persen manusia bebas dalam segala
hal (Hal.
48).
|
tetapi
hanya saya takut kalau-kalau ia menjadi korban kecakapannya,” sambung Maria
tiada menanti Yusuf menghabiskan katanya lagi. “dahulu engkau tahu ia sudah
bertunangan dengan Hambali, tetapi pertunangan itu putus, sebab ia tidak acuh
akan Hambali. Ia lebih cinta kepada perkumpulan dan buku-bukunya dari kepada
tunangannya (Hal. 140).
|
||||
3
|
Nilai feminisme yang berhubungan
dengan perjuangan kaum perempuan dalam menuntut adanya
persamaan Hak.
|
Feminisme
Anarkis
|
Adanya keinginan dalam menuntut persamaan hak,
politk adalah satu-satunya jalan untuk mewujudkan hal itu
|
Sesungguhnya
dalam beberapa hal yang akhir ini ia asik memikirkan bermacam-macam soal,
kepalanya dipengaruhi oleh Kongres Putri Sedar yang dua minggu lagi akan
diadakan di Jakarta (Hal. 11).
|
Bahwa
pidato itu sangat penting, sebab akan menggambarkan dengan nyata, bangaimana
cita-cita Putri Sedar tentang kedudukan perempuan dalam masyarakat, bagaimana
harusnya perempuan dimasa yang akan datang seperti dicita-citakan Putri Sedar
(Hal. 40)
|
||||
|
|
Dalam
sepi yang sesepi-sepinya itulah kedengaran suara tuti membelah,
“saudara-saudaraku kaum perempuan, rapat yang terhormat! Berbicara tentang
sikap perempuan baru sebagian besar ialah berbicara tentang cita-cita
bagaimanakah harusnya kedudukan perempuan dalam masyarakat yang akan datang.
Janganlah sekali-kali disangka bahwa berunding tentang cita-cita yang
demikian semata-mata berarti berunding tentang angan-angan dan pelamunan yang
tiada mempunyai guna yang praktis sedikit jua pun. Saudara-saudara, dalam
tiap-tiap usaha hanyalah kita mungkin mendapat hasil yang baik, apabila
terang kepada kita, apa yang hendak kita kerjakan, apa yang hendak kita kejar
dan kita capai. Atau dengan perkataan yang lain: dalam segala hal hendaklah
kita mempunyai gambaran yang senyata-nyatanya tentang apa yang kita
cita-citakan (Hal. 40-41)
|
||
|
|
Adakah
sesuatu yang bernama serupa itu pada perempuan? Tidak, saudara-saudara!
Perempuan bangsa kita tidak boleh mempunyai kemauan sendiri. Perempuan yang
sebaik-baiknya, yang semulia-mulianya ialah perempuan yang paling sedikit
mempunyai kemauan sendiri, perempuan yang dalam segala hal menurut saja (Hal.
43).
|
||
|
|
Tetapi
lebih-lebih dari segalanya haruslah kaum perempuan sendiri insaf akan dirinya
dan berjuang untuk mendapat penghargaan dan kedudukan yang lebih layak. Ia
tidak boleh menyerahkan nasibnya kepada golongan yang lain, apalagi golongan
laki-laki yang merasa akan kerugian, apabila ia harus melepaskan kekuasaannya
yang telah berabad-abad dipertahankannya. Kita harus membanting tulang
sendiri untuk mendapat hak-hak kita sebagai manusia (Hal. 47)..
|
||
Feminisme
Liberal
|
|
Demikianlah
perempuan yang dicita-citakan oleh Putri Sedar bukanlah perempuan yang
berdiri dalam masyarakat sebagai hamba dan sahaya, tetapi sebagai manusia
yang sejajar dengan laki-laki, yang tidak usah takut dan minta dikasihani (Hal. 48).
|
||
Feminisme
Anarkis
|
|
Sejak
dari sudah makan pukul delapan tadi Tuti mengetik dalam kamarnya. Sedikit
lagi ia harus mengerjakan persiapan laporan kongres Perikatan Perkumpulan
Perempuan di sala yang terserah kepadanya. Di atas meja tulis yang penuh
berserakan kertas telah tinggi tertumpuk kertas bertik yang akan dicetak.
Sekarang ia harus membuat kata pendahuluan saja lagi, sehalaman atau dua (Hal. 89).
|
||
|
Sesungguhnya
tuti sudah sangat letih lahir dan batin. Dalam dua bulan ini, tak lain
kerjanya daripada untuk perkumpulan. Mula-mula kongres Putri Sedar yang
sangat banyak meminta tenaganya sebagai ketua cabang Jakarta yang harus
mengatur kongres itu. Sudah itu kongres Perikatan Perkumpulan Perempuan di
sala pula (Hal. 89).
|
Berdasarkan
kartu data yang telah dijelaskan dapat disimpulkan bahwa nilai feminisme yang
dominan dalam novel layar terkembang
karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah perjuangan kaum
perempuan terhadap persamaan hak untuk memperjuangkan kebebasan diri. Ada
tiga jenis feminisme yang terdapat dalam novel Layar Terkembang yakni (1) feminisme Radikal, (2) feminisme
liberal, dan (2) feminisme anarkis. Latar belakang terjadinya feminisme dalam
novel Layar Terkembang yakni
keinginan pengarang untuk menonjolkan sisi feminisme yang sedang terjadi ketika
itu, pada tahun pembuatan novel Layar
Terkembang perempuan banyak yang mengikuti organisasi.
4.3 Deskripsi
Data Tes dan Analisis Hasil Tes
4.3.1
Data Hasil Tes
Berikut
ini merupakan deskripsi data hasil tes siswa. Tes yang digunakan adalah tes
tulis, dengan bentuk soal uraian sebanyak 3 butir soal. Adapun pengolahannya
menggunakan rumus yang telah dijabarkan pada tahap pengolahan data. Pada bab sebelumnya juga telah dibahas, bahwa
pemberian skor pada setiap soal ditentukan oleh pedoman penskoran yang telah
dibuat terlebih dahulu.
Berikut
ini merupakan hasil tes siswa secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya dapat
dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 4.2
Perolehan Nilai Hasil Tes Siswa Kelas XI IPS 5
SMA Negeri 1 Cilaku
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
Keterangan
|
|||
An
|
Mjf
|
Mcf
|
Min
|
||||
1
|
Agni
Yulia Fauzia
|
15
|
15
|
15
|
37
|
82
|
Baik
|
2
|
Agus
Firmansyah
|
15
|
15
|
15
|
25
|
70
|
Sedang
|
3
|
Aji
Pratama
|
25
|
11
|
15
|
25
|
76
|
Cukup
|
4
|
Aldi
Rizaldi Nurrohmat
|
15
|
15
|
15
|
25
|
70
|
Sedang
|
5
|
Anisa
Putri Andini
|
15
|
15
|
15
|
50
|
95
|
Sempurna
|
6
|
Aprillia
Nurakhni Agustina
|
15
|
15
|
15
|
50
|
95
|
Sempurna
|
7
|
Astuti
|
20
|
15
|
15
|
37
|
87
|
baik
|
8
|
Azka
Ahdika
|
10
|
11
|
11
|
25
|
57
|
Kurang
|
9
|
Eman
Sulaeman
|
10
|
15
|
15
|
12
|
52
|
Kurang
|
10
|
Endang
Susanto
|
15
|
15
|
15
|
50
|
95
|
Sempurna
|
11
|
Fajar
Putra Saepul Rahman
|
10
|
15
|
15
|
37
|
77
|
Cukup
|
12
|
Ilham
Ahdia Firdaus
|
10
|
11
|
11
|
37
|
69
|
Sedang
|
13
|
Maulana
Yusuf
|
15
|
15
|
11
|
50
|
91
|
Sempurna
|
14
|
Meta
Mutmainah
|
15
|
15
|
15
|
37
|
82
|
Baik
|
15
|
Mohammad
Ismail Firmansyah
|
10
|
15
|
15
|
12
|
52
|
Kurang
|
16
|
Muhamad
Taofik Alfahri
|
15
|
15
|
15
|
25
|
70
|
Sedang
|
17
|
Muhammad
Andika
|
15
|
15
|
15
|
25
|
70
|
Sedang
|
18
|
Muhammad
Ilham Muharam
|
10
|
15
|
11
|
37
|
73
|
Cukup
|
19
|
Muhammad
Rasid Siregar
|
10
|
15
|
11
|
37
|
73
|
Cukup
|
20
|
Neng
Merliana
|
15
|
15
|
15
|
37
|
82
|
Baik
|
21
|
Nugraha
Jaya Permana
|
10
|
15
|
15
|
37
|
77
|
Cukup
|
22
|
Oktavia
Salsabila
|
15
|
11
|
15
|
50
|
91
|
Sempurna
|
23
|
Rizal
Aidi
|
10
|
11
|
11
|
25
|
57
|
Kurang
|
24
|
Sherli
Marlina
|
15
|
15
|
15
|
37
|
82
|
Baik
|
25
|
Siti
Nurmala
|
15
|
15
|
11
|
50
|
91
|
Sempurna
|
26
|
Sultan
Fikri Sukadipraja
|
15
|
15
|
15
|
37
|
82
|
Baik
|
27
|
Teja
Gustiawan
|
15
|
11
|
15
|
50
|
91
|
Sempurna
|
28
|
Ulfah
Halimatus Sa"Diyah
|
15
|
11
|
11
|
50
|
87
|
Baik
|
29
|
Yanto
Julyanto
|
10
|
15
|
11
|
37
|
73
|
Cukup
|
Jumlah
|
2249
|
||||||
Rata-rata
|
77.55
|
Keterangan:
An =
analisis nilai feminisme
Mjf =
kemampuan menunjukan jenis feminisme
Mcf =
kemampuan menunjukan ciri-ciri feminisme
Min =
menilai isi novel dikauitkan dengan lingkungan
4.3.2
Analisis
Data Tes
Berdasarkan deskripsi data yang ada pada tabel
4.2, diketahui bahwa nilai tertinggi kemampuan siswa dalam memahami
pembelajaran analisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana yaitu 95. Nilai terendah
siswa dalam menanalisis
nilai-nilai feminisme pada novel Layar
Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana yaitu 52. Nilai rata-rata siswa dalam menganalisis nilai
feminisme novel Layar
Terkembang yaitu 77,55. Hal
tersebut menandakan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku berkemampuan baik
dalam menganalisis unsur feminisme novel. Nilai-nilai tersebut selanjutnya
direkap dalam distribusi nilai di bawah ini. Hal ini dimaksudkan untuk melihat
nilai rata-rata keseluruhan dari frekuensi setiap skala serta frekuensi nilai mulai
dari yang terendah sampai yang tertinggi, secara jelas rekapitulasi nilai yang
dimaksud adalah sebagai berikut.
Tabel 4.3
Persentase Nilai
No
|
Nilai
|
F
|
Persentase (%)
|
Kriteria
|
1
|
91-100
|
7
|
24,13%
|
Sempurna
|
2
|
81-90
|
7
|
24,13%
|
Baik
|
3
|
71-80
|
6
|
20,68%
|
Cukup
|
4
|
61-70
|
5
|
17,24%
|
Sedang
|
5
|
50-60
|
4
|
13,79%
|
Kurang
|
Keterangan :
Nilai rata-rata = Jumlah F.N : jumlah
F
Jumlah
F
Sebagai
contoh : misalnya siswa yang mendapat nilai 91-100 berjumlah sebanyak 7 orang,
maka persentasenya adalah 24,13%.
Diperoleh dari :
Persentase = (7:29) x100% = 24,13%
Berdasarkan tabel 4.3 diketahui
bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana adalah 77,5. Apabila dihubungkan pada tabel penentuan patokan
persentase maka rata-rata nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Hal ini berarti bahwa siswa kelas
XI IPS 5 SMA Negeri 1 Cilaku mampu
menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Adapun kemampuan
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku secara lebih rinci dapat diuraikan sebagai
berikut.
1. Kemampuan
menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana tertinggi yaitu
91-100 sebanyak 7 orang maka nilai
tersebut termasuk dalam kategori sempurna.
Hal ini berarti sebanyak 24,13%
siswa sudah mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana.
2. Siswa
yang mendapat nilai 81-90 sebanyak 7 orang,
dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori baik.
Hal ini berarti sebanyak 24,13% siswa
mempunyai kemampuan yang baik dalam menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel
Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana.
3. Siswa
yang mendapat nilai 71-80 berjumlah 6 orang ( 20,68%), dengan demikian nilai
tersebut termasuk dalam kategori cukup. Artinya
sebanyak 20,68% siswa cukup mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel
Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana.
4. Siswa
yang mendapat nilai 61-70 berjumlah 5 orang (17,24%), dengan demikian nilai
tersebut termasuk dalam kategori sedang.
Artinya sebanyak 17,24% siswa masih kurang mampu menganalisis nilai-nilai
feminisme pada novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana.
5. Siswa
yang mendapat nilai 51-60 berjumlah 4 orang (13,79%), dengan demikian nilai
tersebut termasuk dalam kategori kurang.
Artinya sebanyak 13,79% siswa kurang mampu menganalisis nilai-nilai
feminisme pada novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana.
Berdasarkan
hasil analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa masih sedikit siswa yang
mampu menganalis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana dengan sangat baik.
4.4
Deskripsi
Data dan Analisis Hasil Angket
4.4.1
Deskripsi
Data
Data
angket adalah data yang berbentuk soal sebanyak 4 butir soal pilihan ganda.
Adapun pengolahannya menggunakan rumus yang telah dijelaskan pada teknik
pengolahan data yaitu sebagai berikut.
Persentase = Frekuensi Jawaban x 100
Jumlah
Siswa
|
Hasil pengumpulan data angket
selanjutnya dimasukkan pada tabel kemudian dijumlahkan, setiap tabel memuat
satu pertanyaan sehingga jawabannya terlihat jelas. Untuk lebih jelasnya dapat
dilihat pada tabel berikut ini.
Tabel 4.4
Hasil
Angket Siswa
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
F
|
%
|
1
|
Apakah anda sudah membaca novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir
Alisyahbana?
|
a. Sering
|
0
|
0%
|
b. Pernah
|
1
|
3,57%
|
||
c. Kadang-kadang
|
0
|
0%
|
||
d. Tidak Pernah
|
28
|
96,5%
|
||
Jumlah
|
29
|
100%
|
||
2
|
Apakah bahasa yang digunakan dalam
novel Layar Terkembang dapat anda
pahami dengan mudah?
|
a. Sangat Mudah
|
0
|
0%
|
b. Mudah
|
0
|
0%
|
||
c. Cukup Mudah
|
0
|
0%
|
||
d. Sulit
|
29
|
100%
|
||
Jawaban
|
29
|
100%
|
||
3
|
Apakah anda mengalami kesulitan
dalam menganalisis nilai feminisme novel Layar
Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana?
|
a. Sering Mengalami
|
0
|
0%
|
b. Mengalami
|
28
|
96,5%
|
||
c. Jarang mengalami
|
0
|
0%
|
||
d. Tidak mengalami
|
1
|
3,57%
|
||
Jawaban
|
29
|
100%
|
||
4
|
Apakah anda setuju apabila novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA?
|
a. Sangat Setuju
|
0
|
0%
|
b. Setuju
|
9
|
31,03%
|
||
c. Kurang setuju
|
19
|
65,51%
|
||
d. Tidak setuju
|
5
|
17,24%
|
||
Jawaban
|
29
|
100%
|
4.4.2
Analisis
Hasil Data Angket
a.
Penafsiran
Data Angket No 1
Pertanyaan angket no 1
berkaitan dengan ketertarikan siswa terhadap novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana. Data menunjukkan bahwa
sebanyak 1 orang siswa (3,57%) pernah membaca novel Layar Terkembang, artinya yang tidak pernah membaca novel tersebut dan
sebanyak 1 orang (3,57%). Data ini dapat digunakan untuk menunjang kelayakan
novel Layar Terkembang karya Sutan
Takdir Alisyahbana sebagai bahan ajar.
b.
Penafsiran
Data Angket No 2
Pertanyaan angket no 2
berkaitan dengan penggunaan bahasa dalam novel Layar Terkembang. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah
bahasa yang digunakan dalam novel ini dapat dipahami dengan baik oleh siswa
atau tidak. Data menunjukkan bahwa sebanyak 29 orang (100%) menjawab bahwa
bahasa yang digunakan dalam novel kurang bisa dipahami.
Data ini dapat menunjang
kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar,
artinya jika banyak siswa yang setuju bahwa bahasa yang digunakan dalam novel
sulit dipahami, maka novel ini dari segi bahasa tidak layak digunakan sebagai bahan ajar.
c.
Penafsiran
Data Angket No 3
Pertanyaan angket no 3
berkaitan dengan hambatan siswa dalam menganalisis unsur feminisme novel Layar
Terkembang.
Data menunjukkan bahwa sebanyak 28 orang siswa (96,5%) mengalami kesulitan dalam
menganalisis, dan sebanyak 1 orang siswa (3,57%) tidak mengalami kesulitan.
Data di atas menunjukkan bahwa lebih banyak siswa yang mengalami kesulitan
dibandingkan dengan yang tidak mengalami kesulitan. Menurut pengamatan yang
dilakukan hal ini disebabkan karena
bahasa yang digunakan dalam novel Layar Terkembang adalah bahasa melayu dan kurangnya kemampuan
mereka dalam memahami tentang aspek-aspek feminisme
itu sendiri. Hal ini mempertegas bahwa ternyata sastra memang tidak berdiri
sendiri, sastra berhubungan dengan ilmu-ilmu lain, dalam hal ini sastra
berhubungan dengan sosiologi. Jadi pada dasarnya, untuk menganalisis sebuah
karya sastra, pengetahuan kita terhadap ilmu-ilmu lain memang dibutuhkan.
d.
Penafsiran
Data Angket No 4
Pertanyaan angket no 4
berkaitan dengan kelayakan novel Layar
Terkembang sebagai
bahan ajar. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap
novel Layar Terkembang apabila
dijadikan sebagai bahan ajar. Data menunjukkan bahwa sebanyak 9 orang (31,03%) menyetujui novel Layar
Terkembang untuk
dijadikan bahan ajar, tetapi sebanyak 19 orang siswa (65,51%) kurang setuju, dan sebanyak 5 orang siswa (17,24%) tidak setuju apabila
novel Layar
Terkembang dijadikan sebagai bahan ajar.
Berkaitan
dengan tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana sebagai bahan ajar, maka berikut ini merupakan pembahasan dari data
angket yang telah diperoleh. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa sebanyak
96,5% siswa tidak pernah membaca novel Layar Terkembang, dan selanjutya berkaitan
dengan bahasa dalam novel sebanyak 29% siswa menjawab bahwa bahasa yan
digunakan dalam novel sulit mereka pahami,
kemudian berkaitan dengan setuju atau tidaknya novel Layar
Terkembang ini dijadikan sebagai bahan ajar sebanyak
65,51% siswa kurang menyetujui
novel Layar
Terkembang sebagai bahan ajar sastra. Hal ini dapat
dipergunakan sebagai penunjang kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar.
4.5
Pembahasan
4.5.1 Nilai-nilai Feminisme
Berdasarkan
kartu data yang telah dijelaskan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa nilai
feminisme yang dominan dalam novel layar terkembang karya STA adalah perjuangan
kaum perempuan terhadap persamaan hak dalam memperjuangkan kebebasan diri.
4.5.2 Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Novel
Nilai
rata-rata kemampuan menganalisis nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah 77,55.
Apabila dihubungkan pada tabel penentuan patokan persentase maka rata-rata
nilai tersebut termasuk dalam kategori baik.
Hal ini berarti bahwa siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Cilaku mampu menganalisis nilai-nilai
feminisme pada novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana. Adapun kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cilaku
secara lebih rinci dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Kemampuan
menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana tertinggi yaitu
91-100 sebanyak 5 orang maka nilai
tersebut termasuk dalam kategori sempurna.
Hal ini berarti sebanyak 17,24% siswa sudah mampu menganalisis nilai-nilai
feminisme pada novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana.
2. Siswa
yang mendapat nilai 81-90 sebanyak 11 orang,
dengan demikian nilai tersebut termasuk dalam kategori baik.
Hal ini berarti sebanyak 37,93% siswa
mempunyai kemampuan yang baik dalam menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel
Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana.
3. Siswa
yang mendapat nilai 71-80 berjumlah 7 orang ( 24,13 %), dengan demikian nilai
tersebut termasuk dalam kategori cukup. Artinya
sebanyak 24,13 % siswa cukup mampu menganalisis nilai-nilai feminisme pada novel
Layar Terkembang karya Sutan Takdir
Alisyahbana.
4. Siswa
yang mendapat nilai 61-70 berjumlah 3 orang (10,34%), dengan demikian nilai
tersebut termasuk dalam kategori sedang.
Artinya sebanyak 10,34% siswa masih kurang mampu menganalisis nilai-nilai
feminisme pada novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana.
5. Siswa
yang mendapat nilai 51-60 berjumlah 3 orang (10,34%), dengan demikian nilai
tersebut termasuk dalam kategori kurang.
Artinya sebanyak 10,34% siswa kurang mampu menganalisis nilai-nilai
feminisme pada novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana.
Berdasarkan
hasil analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa masih sedikit siswa yang
mampu menganalis nilai-nilai feminisme pada novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana dengan sangat baik.
4.5.3 Kelayakan Novel sebagai Bahan Ajar
Berkaitan dengan tujuan
penelitian, yaitu untuk mengetahui kelayakan novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana sebagai bahan ajar,
maka berikut ini merupakan pembahasan dari data angket yang telah diperoleh.
Dari data tersebut dapat dilihat bahwa sebanyak 96,5% siswa tidak pernah
membaca novel Layar Terkembang, dan selanjutya berkaitan
dengan bahasa dalam novel sebanyak 29% siswa menjawab bahwa bahasa yang digunakan dalam novel
sulit mereka pahami,
kemudian berkaitan dengan setuju atau tidaknya novel Layar
Terkembang ini dijadikan sebagai bahan ajar sebanyak
65,51% siswa kurang menyetujui
novel Layar
Terkembang sebagai bahan ajar sastra. Hal ini dapat
dipergunakan sebagai penunjang kelayakan novel Layar Terkembang sebagai bahan ajar. Dari hasil angket dapat ditarik kesimpulan bahwa novel
Layar
Terkembang tidak layak
dijadikan sebagai bahan pembelajaran.
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Dari
hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan tentang Analisi Nilai Feminisme Pada Novel Lauyar Terkembang Karya Sutan Takdir
Alisyahbana Sebagai Bahan Pembelajaran Di Kelas XI SMAN 1 Cilaku Tahun Ajar
2015-2016. Dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.
1.
Novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir
Alisyahbana perjuangan kaum perempuan dalam menuntut adanya
persamaan hak, kesadaran kaum perempuan akan
ketidakadilan gender, dan kesadaran perempuan bahwa gender bukan sebagai sifat
kodrati.
2. Nilai
rata-rata kemampuan menganalisis nilai feminisme novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisyahbana adalah 77,55.
Apabila dihubungkan pada tabel penentuan patokan persentase maka rata-rata
nilai tersebut termasuk dalam kategori baik.
Hal ini berarti bahwa siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Cilaku mampu menganalisis nilai-nilai
feminisme pada novel Layar Terkembang karya
Sutan Takdir Alisyahbana.
3. Kelayakan
novel Layar Terkembang karya Sutan
Takdir Alisyahbana sebagai bahan ajar, maka berikut ini merupakan pembahasan
dari data angket yang telah diperoleh. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa
sebanyak 96,5% siswa tidak pernah membaca novel Layar Terkembang, dan selanjutya berkaitan dengan bahasa dalam
novel sebanyak 29% siswa
menjawab
bahwa bahasa yang digunakan dalam novel sulit mereka pahami, kemudian berkaitan
dengan setuju atau tidaknya novel Layar
Terkembang ini dijadikan sebagai bahan ajar sebanyak 65,51% siswa kurang
menyetujui novel Layar Terkembang
sebagai bahan ajar sastra. Hal ini dapat dipergunakan sebagai penunjang
kelayakan novel Layar Terkembang
sebagai bahan ajar. Dari hasil angket dapat ditarik kesimpulan bahwa novel Layar Terkembang tidak layak dijadikan
sebagai bahan pembelajaran.
5.2
Saran
Setelah mengambil
simpulan, maka penulis dapat menarik saran berdasarkan hal-hal yang telah
dijelaskan, saran dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
1. Bagi
guru bidang studi bahasa Indonesia
Guru
bahasa Indonesia diharapkan bisa lebih memperkaya bahan ajar sastra
dibandingkan yang sudah ada. Penggunaan buku-buku paket sebagai buku sumber
memang penting, akan tetapi alangkah lebih baiknya jika para guru juga peka
terhadap karya sastra lama, sedang hangat atau baru muncul saat ini. Kemudian
saran lainnya agar para guru lebih pandai mengkolaborasikan metode dan teknik
belajar, sehingga pembelajaran sastra tidak bersifat monoton. Kemudian
diharapkan juga agar para guru meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya
sendiri dalam bidang sastra.
2. Lembaga
Sekolah Menengah
Saran
untuk lembaga sekolah, yaitu supaya lebih memperbanyak buku-buku sumber ataupun
buku-buku sastra di perpustakaan baik
itu tentang teori sastra maupun karya-karya sastra yang sedang berkembang. Hal
ini dimaksudkan untuk lebih menarik perhatian siswa agar lebih gemar membaca.
3. Dinas
Pendidikan
Saran
untuk lembaga Dinas Pendidikan yaitu supaya memperbanyak buku-buku pengetahuan
tentang sastra dan buku-buku sastra fiksi di perpustakaan daerah. Hal ini
dimaksudkan agar para pelajar, baik itu siswa menengah ataupun mahasiswa lebih
mudah mencari buku yang dibutuhkan sehingga tidak perlu jauh-jauh mencari ke
luar kota.
4. Bagi
siswa
Saran untuk siswa yaitu supaya lebih meningkatkan
kegemaran membaca karena dengan membaca bisa membuka cakrawala kita tentang
dunia
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmadi, Abu dan
Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.
Alisjahbana, Sutan
Takdir. 2013. Layar Terkembang. Jakarta:
Balai Pustaka.
Al-ZanZami, Abul Nizam. 2016. Feminisme Bukanlah Emansipasi. [online]. Tersedia: https://nizamatang.files.wordpress.com/2016/01/feminisme-bukanlah-emansipasi/ [09 Juni 2016].
Aminuddin. 2002. Pengantar
Apresiasi Larya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Estem, Mursal.
2007. Kesusastraan, Pengantar Teori dan
Sejarah. Bandung: Angkasa.
Ezmir
dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan
Pengajaran Sastra. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Fakih, Mansour. 2003. Analisis Gender Dan Transformasi Sosial.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Frondizi, Risieri. 2007. Filsafat Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul.
2014. Model-model Pengajaran dan
Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilma. 2015. Wajah
Sastra dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. [online]. Tersedia: http://www.bangkudepan.com/wajah-sastra-dalam-pembelajaran
-bahasa-indonesia-pada-kurikulum-2013 [12 Januari 2016].
Kosasih, E.
2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra.
Bandung: Yrama Widya.
Majid, Abdul.
2014. Strategi Pembelajaran. Bandung:
Pt Remaja Rosdakarya.
Nurgiantoro,
Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Putri. Aveni.
2014. Philosophy Feminisme. [online].
Tersedia: http://avenie-putri-fib13.web.unair.ac.id/artikel_detail-102645-Philosophy-FEMINISME.html [22 juni 2016].
Qodratillah, Meity
Takdir, dkk. 2011. Kamus Besar Bahasa
Indonesia Untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ristiani, Iis.
2012. Kajian dan Apresiasi Puisi dan
Prosa. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Saryono, Djoko. 2009. Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Elmaterap
Publising.
Sofia, Adib. 2009.
Kritik Sastra Feminis “Perempuan dalam
Karya-karya Kuntowijoyo”. Yogyakarta: Citra Pustaka Yogyakarta.
Sudjiman,
Panuti.1991. Kamus Istilah Sastra. Jakarta:
UI Press.
Sugihastuti dan Suharto. 2002. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar Offset.
Sumardjo, Jacob
dan Saini K.M. 1988. Apresiasi
Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia
Sumardjo, Jacob dan Saini K.M. 1991. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT
Gramedia.
Surakhmad,
Winarto. 1998. Pengentar penelitian
Ilmiah. Bandung: Tarsino.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Tristana, Rajiv windi. 2015. Berkembangnya Peran Wanita Dalam Dunia politik indonesia di era
Postmodern-feminisme. [online]. Tersedia:
http://www.kompasiana.com/sepakterjang-peran-wanita-dalam-politik-indonesia/berkembangnya-peran-wanita-dalam-dunia-politik-indonesia-di-era-postmodern-feminisme_[13 April 2016].
Wiyatmi. 2012. Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Ombak.
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran 1
1.1 Sinopsis Novel Layar Terkembang karya Sutan
Takdir Alisyahbana
Lampiran 2
2.1
Surat Keputusan
Dekan FKIP mengenai Judul Skripsi
2.2
Surat Permohonan
Izin Penelitian Untuk Dinas Pendidikan
2.3
Surat Izin
Penelitian dari Dinas Pendidikan
2.4
Surat Permohonan
Izin Penelitian Untuk Sekolah
2.1 Surat Keterangan Penelitian dari Sekolah
Lampiran 3
3.1
Lembar Angket
Siswa
3.2
Lembar Hasil
Angket Siswa
3.3
Lembar Soal Siswa
3.4 Lembar Hasil Jawaban Siswa
Lampiran 4
4.3 Dokumentasi Penelitian
Komentar
Posting Komentar