ARTIKEL ILMIAH

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
DALAM MEMAHAMI TEKS NARASI SERTA IMPLEMENTASINYA
DI KELAS X SMK KARISMA CIANJUR
TAHUN AJARAN 2012-2013
KARYA NURANISAH SUPRIATINI


Oleh
Lenggi Irawan
8820112016
3.A PBSI



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang mempunyai cirri memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang aktual dan situasi nyata pada masa sekarang. 
Sebelum penelitian dilaksanakan terlebih dahulu oleh peneliti di lihat bagaimana pembelajaran di sekolah tersebut, apakah sudah baik atau masih banyak kekurangannya, dan ternyata memang masih banyak siswa yang belum memahami tentang pembelajaran yang diterangkan oleh guru termasuk tentang cara memahami teks narasi, sebelum diadakan pretes peneliti mencoba menggunakan prates terlebih dahulu dan ternyata hasilnya hampir dibawah rata-rata. Namun setelah peneliti menerangkan tentang narasi itu sendiri barulah siswa memahaminya dan setelah diadakan pretes ternyata siswa pun merespon baik dan nilai presentase yang ditunjukan siswa pun meningkat menjadi lebih baik.
Setelah melakukan penelitian dan digunakannya metode penelitian pengembangan ini dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL). Maka simpulan dari penelitian ini adalah sebelum diadakan tes akhir(pretes) terlebih dahulu menggunakan tes awal(prates) untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami teks narasi, dan setelah tes awal dilaksanakan ternyata hasilnya sangat rendah dan masih banyak yang kurang memahami jenis karangan khususnya tentang karangan narasi dengan jumlah murid 26 orang. Nilai dari keseluruhan hanya 65 sehingga bila dipresentasekan hanya 65% yang memahaminya. Kemudian setelah diadakan pretes dan diberikan pengarahan tentang narasi barulah hasilnya meningkat menjadi 80 dan bila dipresentasekan menjadi 80%.


Kata Kunci

·    Contextual Teaching and Learning(CTL)
·    Teks Narasi
·    Prates

Pendahuluan
Artikel ini dibuat berdasarkan hasil penelitian karya Nuranisah Supriantini, yang bertujuan untuk pemenuhan salah satu tugas membuat artikel penelitian berdasarkan skripsi. Adapun isi yang dibahas pada artikel ini adalah tentang pengembangan perangkat pembelajaran dalam memahami teks narasi serta implementasinya di kelas X SMK Karisma Cianjur.
Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi antar manusia. Bahasa merupakan suatu sistem yang terdiri atas sejumlah kata. Kata merupakan aspek yang sangat penting yang harus dikuasai oleh pelaku komunikasi agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi baik dalam komunikasi lisan maupun tulisan.
Dalam pembelajaran ini peneliti akan mencoba menerapkan metode pembelajaran pengembangan memahami teks narasi di kelas X SMK Karisma Cianjur, Metode penelitian pengembangan adalah penelitian yang bertujuan menghasilkan atau mengembangkan suatu desain, bahan, media, alat, atau strategi pembelajaran, guna peningkatan kualitas pembelajaran Penelitian pengembangan bukan untuk menguji teori, tetapi mengembangkan dan menguji keefektifan model.
Berdasarkan uraian di atas jelas bahwa memahami teks narasi perlu mendapat perhatian, karena masih banyak guru yang belum memahami tentang bagaimana maksud dari memamahi tek snarasi. Siswa masih banyak yang belum mengerti secara mendalam unsur-unsur yang ada dalam teks narasi. Dalam pembelajaran ini peneliti akan mencoba menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL). Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) itu sendiri siswa dituntut untuk lebih aktif dalam mencari dan mengembangkan pikiran, dengan cara mendengarkan, menyimak, berbicara, mencari dan kemudian menuliskannya kedalam bentuk karangan narasi, sedangkan guru hanya memberi pengarahannya saja. Agar saat siswa dapat memahami tugas yang diberikan guru tersebut.
Di dalam penelitian ini, ditentukan pembatasan masalah yakni,
a.       Bagaimanakah pengembangan perangkat pembelajaran memahami teks narasi dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) serta implementasinya.
b.      Bagaimanakah efektivitas pengembangan pembelajaran memaham iteks narasi melalui model Contextual Teaching and Learning(CTL) serta implementasinya.

Berdasarkan latar belakang, batasan masalah, dan rumusan masalah yang dikemukakan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Menyusun perangkat pembelajaran memahami teks narasi melalui model pengembangan Contextual Teaching and Learning(CTL) serta implementasinya.
2.       Mengetahui efektivitas pengembangan pembelajaran memahami teks narasi melalui model pengembangan Contextual Teaching and Learning(CTL) serta implementasinya.

Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak terkait. Bagi guru, dapat dijadikan referensi untuk mengembangan perangkat pembelajaran. Bagi siswa, dapat meneingkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks narasi. Bagi peneliti dapat mengetahui efektivitas dari sebuah strategi pengajaran yang diterapkan dalam pengajaran pemahaman teks narasi pada siswa tingkat SMK.
Hipotesi pada penelitian ini adalah Adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemempuan siswa dalam memahami teks narasi.

Metode
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang mempunyai cirri memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang aktual dan situasi nyata pada masa sekarang.  Sebelum penelitian dilaksanakan terlebih dahulu oleh peneliti di lihat bagaimana pembelajaran di sekolah tersebut, apakah sudah baik atau masih banyak kekurangannya, dan ternyata memang masih banyak siswa yang belum memahami tentang pembelajaran yang diterangkan oleh guru termasuk tentang cara memahami teks narasi, sebelum diadakan pretes peneliti mencoba menggunakan prates terlebih dahulu dan ternyata hasilnya hampir dibawah rata-rata. Namun setelah peneliti menerangkan tentang narasi itu sendiri barulah siswa memahaminya dan setelah diadakan pretes ternyata siswa pun merespon baik dan nilai presentase yang ditunjukan siswa pun meningkat menjadi lebih baik.

Hasil
Hasil evaluasi pembelajaran yang disajikan pada bagian ini meliputi hasil tes  awal (prates) dan tes akhir (pretes).Data hasil tersebut diungkap melalui tes terhadap siswa yakni sebelum dan sesudah pembelajaran.Alat tes yang digunakan adalah tes tulis, berupa esai dalam memahami teks narasi yang sudah disediakan.
Setiaphasil siswa baik tes awal (prates) maupun tes akhir (pretes) kemudian dianalisis. , Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh nilai rata-rata pretes yaitu 65 yang diperoleh dengan menggunakan rumus:
                                    FN
Mean  =
                                    F

Penentuan kemampuan siswa terhadap tinggi rendahnya dalam memahami teks narasi adanya perlakuan, dapat dilihat dengan menghitung rata-rata nilai sebagai berikut.




Simpulan

 Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh nilai rata-rata pretes yaitu 65 dengan nilai tertinggi 75 berjumlah 4 orang, yang mendapatkan nilai 70 berjumlah 7 orang, yang mendapatnilai 65 berjumlah 5 orang,  dan yang mendapatkan nilai 60 berjumlah 10 orang. Sedangkan hasil penghitungan diperoleh nilai rata-rata postes yaitu 80 dengan nilai tertinggi 90 berjumlah 3 orang, yang mendapat nilai 85 berjumlah 7 orang, yang mendapatnilai 80 berjumlah 6 orang,   dan yang mendapat nilai 75  berjumlah 10 orang.
Dengan demikian, menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil prates dan hasil prestes pembelajaran memahami teksnarasidengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Hal ini berarti metode pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL) efektif digunakan untuk indikator membaca karena terdapat pengaruh yang sangat berarti terhadap kemampuan siswadalam memahami teks narasi.
Kemudian penelitian ini menggunakan metode deskriptif sehingga sangat mudah dalam mengelompokan nilai yang dimiliki siswa kelas X SMK Karisma Cianjur.





.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ARTIKEL ILMIAH

Analisis Cerpen "Anak Kebanggaan"

Analisis Novel "Hapalan Shalat Delisa"