ARTIKEL ILMIAH
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
DALAM
MEMAHAMI TEKS
NARASI SERTA IMPLEMENTASINYA
DI KELAS X SMK KARISMA CIANJUR
TAHUN AJARAN 2012-2013
KARYA
NURANISAH
SUPRIATINI
Oleh
Lenggi Irawan
8820112016
3.A PBSI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL). Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang
mempunyai cirri memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang aktual dan
situasi nyata pada masa sekarang.
Sebelum penelitian
dilaksanakan terlebih dahulu oleh peneliti di lihat bagaimana pembelajaran di
sekolah tersebut, apakah sudah baik atau masih banyak kekurangannya, dan
ternyata memang masih banyak siswa yang belum memahami tentang pembelajaran
yang diterangkan oleh guru termasuk tentang cara memahami teks narasi, sebelum
diadakan pretes peneliti mencoba menggunakan prates terlebih dahulu dan
ternyata hasilnya hampir dibawah rata-rata. Namun setelah peneliti menerangkan
tentang narasi itu sendiri barulah siswa memahaminya dan setelah diadakan
pretes ternyata siswa pun merespon baik dan nilai presentase yang ditunjukan
siswa pun meningkat menjadi lebih baik.
Setelah melakukan
penelitian dan digunakannya metode penelitian pengembangan ini dengan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL). Maka
simpulan dari penelitian ini adalah sebelum diadakan tes akhir(pretes) terlebih
dahulu menggunakan tes awal(prates) untuk menguji kemampuan siswa dalam
memahami teks narasi, dan setelah tes awal dilaksanakan ternyata hasilnya
sangat rendah dan masih banyak yang kurang memahami jenis karangan khususnya
tentang karangan narasi dengan jumlah murid 26 orang. Nilai dari keseluruhan
hanya 65 sehingga bila dipresentasekan hanya 65% yang memahaminya. Kemudian
setelah diadakan pretes dan diberikan pengarahan tentang narasi barulah
hasilnya meningkat menjadi 80 dan bila dipresentasekan menjadi 80%.
Kata Kunci
· Contextual
Teaching and Learning(CTL)
· Teks
Narasi
· Prates
Pendahuluan
Artikel
ini dibuat berdasarkan hasil penelitian karya Nuranisah Supriantini, yang
bertujuan untuk pemenuhan salah satu tugas membuat artikel penelitian
berdasarkan skripsi. Adapun isi yang dibahas pada artikel ini adalah tentang
pengembangan perangkat pembelajaran dalam memahami teks narasi serta
implementasinya di kelas X SMK Karisma Cianjur.
Bahasa
merupakan salah satu alat komunikasi antar manusia.
Bahasa merupakan suatu sistem yang terdiri atas sejumlah kata. Kata merupakan
aspek yang sangat penting yang harus dikuasai oleh pelaku komunikasi agar
mereka tidak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi baik dalam komunikasi
lisan maupun tulisan.
Dalam pembelajaran ini peneliti akan mencoba
menerapkan metode pembelajaran pengembangan memahami teks narasi di kelas X SMK
Karisma Cianjur, Metode penelitian pengembangan adalah penelitian yang bertujuan
menghasilkan atau mengembangkan suatu desain, bahan, media, alat, atau strategi
pembelajaran, guna peningkatan kualitas pembelajaran Penelitian pengembangan
bukan untuk menguji teori, tetapi mengembangkan dan menguji keefektifan model.
Berdasarkan uraian di atas jelas bahwa memahami teks
narasi perlu mendapat perhatian, karena masih banyak guru yang belum memahami tentang bagaimana maksud dari memamahi tek snarasi.
Siswa
masih banyak
yang belum mengerti secara mendalam unsur-unsur yang ada dalam teks narasi. Dalam pembelajaran ini peneliti akan mencoba menerapkan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning(CTL). Model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning(CTL) itu sendiri siswa dituntut untuk lebih aktif dalam mencari dan mengembangkan pikiran, dengan cara mendengarkan,
menyimak, berbicara, mencari dan kemudian menuliskannya kedalam bentuk karangan narasi, sedangkan guru hanya memberi pengarahannya saja. Agar saat siswa dapat memahami tugas yang diberikan guru tersebut.
Di
dalam penelitian ini, ditentukan pembatasan masalah yakni,
a. Bagaimanakah
pengembangan perangkat pembelajaran memahami teks narasi
dengan menggunakan
model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) serta
implementasinya.
b. Bagaimanakah
efektivitas pengembangan pembelajaran memaham iteks narasi melalui model Contextual
Teaching and Learning(CTL) serta
implementasinya.
Berdasarkan
latar belakang, batasan masalah, dan rumusan masalah yang dikemukakan diatas, maka
tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Menyusun
perangkat pembelajaran memahami teks narasi melalui model pengembangan Contextual
Teaching and Learning(CTL) serta
implementasinya.
2. Mengetahui efektivitas pengembangan
pembelajaran memahami teks narasi melalui model pengembangan Contextual
Teaching and Learning(CTL) serta
implementasinya.
Penelitian ini dapat memberikan
manfaat bagi pihak-pihak terkait. Bagi guru, dapat dijadikan referensi untuk
mengembangan perangkat pembelajaran. Bagi siswa, dapat meneingkatkan kemampuan
siswa dalam memahami teks narasi. Bagi peneliti dapat mengetahui efektivitas
dari sebuah strategi pengajaran yang diterapkan dalam pengajaran pemahaman teks
narasi pada siswa tingkat SMK.
Hipotesi pada penelitian ini adalah
Adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemempuan siswa dalam
memahami teks narasi.
Metode
Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian deskriptif yang mempunyai cirri
memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang aktual dan situasi nyata
pada masa sekarang. Sebelum penelitian
dilaksanakan terlebih dahulu oleh peneliti di lihat bagaimana pembelajaran di
sekolah tersebut, apakah sudah baik atau masih banyak kekurangannya, dan
ternyata memang masih banyak siswa yang belum memahami tentang pembelajaran
yang diterangkan oleh guru termasuk tentang cara memahami teks narasi, sebelum
diadakan pretes peneliti mencoba menggunakan prates terlebih dahulu dan
ternyata hasilnya hampir dibawah rata-rata. Namun setelah peneliti menerangkan
tentang narasi itu sendiri barulah siswa memahaminya dan setelah diadakan
pretes ternyata siswa pun merespon baik dan nilai presentase yang ditunjukan
siswa pun meningkat menjadi lebih baik.
Hasil
Hasil evaluasi pembelajaran yang disajikan pada
bagian ini meliputi hasil tes awal (prates)
dan tes akhir (pretes).Data hasil tersebut diungkap melalui tes terhadap siswa
yakni sebelum dan sesudah pembelajaran.Alat tes yang digunakan adalah tes
tulis, berupa esai dalam memahami teks narasi yang sudah disediakan.
Setiaphasil
siswa baik tes awal (prates) maupun tes akhir (pretes) kemudian dianalisis. ,
Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh nilai rata-rata pretes yaitu 65 yang
diperoleh dengan menggunakan rumus:
FN
Mean =
F
Penentuan kemampuan siswa terhadap tinggi
rendahnya dalam memahami teks narasi adanya perlakuan, dapat dilihat dengan
menghitung rata-rata nilai sebagai berikut.
Simpulan
Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh nilai
rata-rata pretes yaitu 65 dengan
nilai tertinggi 75
berjumlah 4
orang, yang mendapatkan nilai 70
berjumlah 7 orang, yang
mendapatnilai 65 berjumlah 5 orang, dan yang
mendapatkan nilai 60
berjumlah 10
orang. Sedangkan hasil penghitungan diperoleh nilai rata-rata postes yaitu 80 dengan nilai tertinggi 90 berjumlah 3 orang, yang mendapat nilai 85 berjumlah 7 orang, yang
mendapatnilai 80 berjumlah 6 orang, dan yang mendapat nilai 75 berjumlah 10 orang.
Dengan demikian, menunjukan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil prates dan hasil prestes pembelajaran memahami
teksnarasidengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Hal ini berarti metode pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL) efektif digunakan untuk indikator membaca karena terdapat pengaruh
yang sangat berarti terhadap kemampuan siswadalam memahami teks narasi.
Kemudian penelitian ini menggunakan metode
deskriptif sehingga sangat mudah dalam mengelompokan nilai yang dimiliki siswa kelas
X SMK Karisma Cianjur.
.
Komentar
Posting Komentar